Gigi yang kita punya tak mungkin selamanya bisa terus sehat. Pasti entah itu karena pola hidup bahkan juga karena cara perawatan kita yang salah atau kurang baik akan menyebabkan gigi kita mengalami kerusakan. Rusaknya gigi dapat terjadi karena faktor usia, kekurangan gizi, kecelakaan di mulut atau yang lebih umum kurangnya kesadaran merawat kebersihan gigi seperti sikat gigi sehingga gigi keropos parah dan harus dicabut karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Kalau sudah begini harus dibuatkan gigi palsu sebagai penggantinya. Fungsi gigi palsu yang utama untuk mengunyah makanan dan untuk estetika wajah. Disamping itu untuk memperbaiki bunyi kata-kata ketika berbicara. Jadi fungsi gigi palsu ini cukup banyak.

Gigi palsu atau gigi tiruan biasanya dibuat mirip seperti aslinya baik warna ataupun bentuknya. Tujuannya sudah jelas untuk menggantikan gigi asli. Sehingga orang tidak tahu bahwa gigi yang dipakai pemilik adalah gigi palsu. Pertimbangkan yang mana yang sesuai berdasarkan gaya hidup dan kebutuhan agar kesehatan dan mulut dan kesehatan gigi lebih optimal.

Ketika menentukan menggunakan gigi palsu sebagian atau seluruhnya, pertimbangkan apakah cocok dengan gigi yang tersisa. Apakah digunakan mengisi kekosongan, mencegah gigi bergeser, meningkatkan kenyamanan mengunyah dan berbicara atau tergantung pada struktur gigi. Tujuan yang berbeda memerlukan perawatan rutin yang berbeda akan mempengaruhi keputusaan akhir.

 

Macam Macam Gigi Palsu

Ada dua macam jenis gigi palsu. Pertama, gigi palsu lengkap untuk gigi palsu yang dibuat menggantikan semua gigi asli. Yang kedua gigi palsu parsial. Jenis gigi palsu ini adalah gigi palsu yang menggantikan hanya beberapa saja atau sebagian dari gigi asli, sementara gigi asli lainnya masih tetap ada.

  1. Gigi Tiruan Lengkap

Gigi palsu ini dipilih jika semua gigi telah tanggal atau gigi yang tersisa harus dicabut karena sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Jadi fungsi gigi palsu ini menggantikan semua gigi yang telah tanggal. Ada dua istilah untuk gigi palsu ini. Upper full denture (untuk gigi palsu penuh rahang atas) dan lower full denture (untuk gigi palsu penuh rahang bawah).

Pada gigi palsu lengkap diperlukan stabilisasi yang merupakan kekuatan menahan dari suatu gigi palsu terhadap kekuatan daya lepas pada saat gigi palsu berfungsi (tekanan fungsional). Perlu alat yang disebut artikulator yang dapat mewakili rahang pasien.

Sebagai landasan gigi palsu penuh diperlukan jaringan yang tidak bergerak, dengan membuat batas antara jaringan mulut bergerak dan jaringan mulut tidak bergerak. Unutk ini diperlukan kerja akurat dan rapi karna akan mempengaruhi hasil.

Hal lain yang diperlukan untuk pemasangan jenis gigi ini adalah jenis kelamin dan umur. Hal ini berguna untuk ukuran, bentuk dan pemilihan warna demi estetika keindahan wajah ketika memakainya.

  1. Gigi Palsu Parsial

Gigi palsu sebagian dirancang menggantikan beberapa gigi asli yang copot. Gigi ini biasanya terdiri dari gigi palsu pengganti yang menempel pada basis plastik berwarna merah muda atau bisa juga di gusi, yang biasanya dihubungkan oleh kerangka logam yang dikatikan ke gigi asli, sehingga dapat menahan gigi palsu sebagian di dalam mulut.

Dokter gigi akan merancang gigi palsu sebagian sesuai dengan kebutuhan pasien. Gigi palsu  sebagian digunakan saat satu atau lebih gigi asli tetap berada di rahang atas atau di rahang bawah. Gigi palsu sebagian akan diselipkan diantara gigi asli yang ada. Gigi palsu sebagian diberi kerangka logam dan jepitan yang terhubung dengan gigi, atau dapat memiliki penghubung lain agar terlihat lebih alami.

Di kota semarang khususnya tidak sulit lagi untuk mencari seseorang yang ahli dalam memasang gigi palsu, ahli gigi di sini yang kami maksud adalah seorang ahli gigi yang benar-benar ahli dalam memasang gigi yakni dokter gigi. Untuk di kota semarang sendiri ahli gigi atau yang kami maksud adalah dokter gigi tersebut dapat Anda temui di Klinikita Semarang. Klinikita semarang mempunyai 3 cabang yang terletak di Setiabudi Tembalang, Kedungmundu & Kalipancur. Dari kesemua cabang tersebut kami menyiapakan dokter gigi terbaik dari Klinikita untuk mengatasi semua permasalahan gigi Anda. Selain klinikita yang selalu buka tiap hari ( jadi Anda tidak perlu binggung misal Anda ingin periksa gigi saat tanggal merah/ hari-hari besar, karena kami akan selalu buka ), di Klinikita juga Anda akan merasakan berbagai keuntungan, karena kami sering berikan promo-promo layanan, potongan harga hingga gratis konsultasi dokter gigi juga (untuk pemasanagan behel gigi). Jadi untuk semua maslalah gigi Anda, serahkan semua pada ahli gigi dari dokter-dokter terbaik dari Klinikita. Karena kami memberikan pelayanan yang sehangat perhatian keluarga Anda di rumah.

Layanan dokter gigi di Klinikita Semarang :

  1. Behel Gigi
  2. Bleaching Gigi
  3. Scalling Gigi
  4. Veneer Gigi
  5. Tambal Gigi
  6. Cabut Gigi
  7. Gigi Palsu
  8. Dll.

Kunjungi cabang Klinikita terdekat di Kota Semarang :

  • Klinikita Setiabudi : Jl. Setiabudi No. 55, Banyumanik, Semarang. Telp. (024) 7472220 / 08112726482
  • Klinikita Kalipancur : Jl. Abdulrahman Saleh Kav. 783, Kalipancur, Semarang. Telp. (024) 7624455 / 08112726481
  • Klinikita Kedungmundu : Jl. Kedungmundu raya, ruko Grahawahid No. 7, Kedungmundu, Semarang. Telp. (024) 76740217 / 08112726483

 

– Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2018 –