Pala merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari Banda. Tanaman ini terkenal karena bijinya tergolong sebagai rempah-rempah. Biji dan arilnya, yang dikenal dalam dunia perdagangan sebagai fuli, sejak dulu merupakan komoditi ekspor Indonesia dan menduduki sekitar 60 persen dari jumlah hasil ekspor pala dunia. Selain sebagai rempah, pala juga berfungsi sebagai tanaman penghasil minyak asiri yang banyak digunakan dalam industri pengalengan, minuman, dan kosmetika.

Adapun kandungan kimiawi biji pala dan fuli adalah air 9 persen, karbohidrat 27 persen, protein 6,5 persen, minyak campuran 33 persen, minyak asiri 7-16 persen, lemak atau lemak pala 25 – 40 persen, serta resin dan bahan mineral lainnya. Minyak asiri dan lemak pala terdiri atas miristisin yang dapat menimbulkan halusinasi dan beracun. Pala merupakan tanaman berkayu yang tingginya mencapai 13-20 meter. Bentuk tanamannya mengerucut hing- g;-: mjong dengan percabangan mendatar sehingga menarik dan dapat dipakai sebagai tanaman hias. Daunnya berbau harum khas bila diremas. Bunganya berwarna kuning pucat, berbau harum, dan terletak di ketiak daun; bunga jantannya terdiri atas banyak bunga, sedangkan bunga betinanya terdiri atas 1 – 3 bunga. Buahnya setengah membulat telur, berwarna kuning berdaging dengan aril yang merah melekat pada biji. Bagian luar bijinya berwarna cokelat tua atau hitam.

Pala mengandung zat kalsium dan magnesium yang bagus untuk perkembangan tulang dan membantu menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Pala berfungsi sebagai penghangat tubuh dan menjaga metabolisme serta membantu proses detoksifikasi alami. Saat ini, pala juga sedang diteliti dan dikembangkan sebagai penghambat sel kanker darah karena mengandung semacam minyak esensial. Pala juga baik untuk kesehatan kulit dan menjaga sirkulasi darah.

Untuk urusan kuliner, pala tidak perlu dipertanyakan lagi. Pala terbukti menambah aroma dan rasa rempah yang kuat dalam masakan. Contoh masakan menggunakan pala adalah bakso, sop, rolade, patty, dan sebagainya. Pala juga terkadang digunakan untuk menghangatkan tubuh dengan ditambahkan dalam minuman hangat berempah. Pala berkhasiat pula untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam bahan masakan misalnya ikan.

Meskipun pala hanyalah rempah-rempah yang digunakan dalam masakan, namun masih dapat mempengaruhi kesehatan, terutama karena kandungan nutrisi seperti vitamin , mineral , dan senyawa organik lain yang terkait dengan minyak esensial. KSenyawa yang menguntungkan meliputi serat, mangan, thiamin, vitamin B6, folat, magnesium, dan tembaga. Banyak manfaat kesehatan pala dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini .

  1. Mengobati Masuk Angin

Manfaat buah pala yang pertama adalah untuk mengatasi masuk angin. Minum rebusan buah pala, buah pala hampir sama dengan manfaat jahe, pala bisa menghangatkan badan dan perut yang kembung karena masuk angin. Hal itu dikeranakan minyak atsiri yang ada dalam buah pala dan jahe sama.

  1. Menghilangkan Insomnia

Manfaatnya yang kedua adalah dapat mengatasi Insomnia atau gangguan tidur. Cara membuat ramuannya adalah: pertama campur 1 sdt biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan ½ sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.

  1. Menambah Nafsu Makan

Buah pala juga dapat memacu nafsu makan kita, jadi kalau anak anda atau anggota keluarga lainnya hilang nafsu makannya, manfaatkanlah buah pala, kandungan enzim lipase yang ada dalam buah pala bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain untuk menambah nafsu makan, enzim lipase membuat makanan menjadi mudah dicerna. Tidak heran jika konsumsi minuman pala sebelum makan besar bisa melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Muntah

Jika anda mual hendak muntah atau sudah muntah, gunakan buah pala untuk megnatasinya. Buah pala memiliki sifat antiemetik yang bermanfaat untuk menghilangkan mual dan muntah. Cocok sekali untuk orang yang mudah mabuk kendaraan.

  1. Menghilangkan Nyeri Haid

Jika anda sering mengalami nyeri saat datang bulan, coba atasi dengan buah pala, sifat antiemetik pada buah pala dapat menghilangkan rasa nyeri tersebut, caranya sangat mudah, yakni:

  • Ambil ½ sdt pala halus,
  • 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar,
  • 1 buah cengkeh dan satu gelas air.

Cara Mengolahnya dengan mencampur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.

  1. Meredakan Asam Lambung (Maag)

Jika anda menderita asam lambung, maka salah satu solusi yang cukup ampuh untuk mengatasinya adalah dengan buah pala, hal ini dikarenakan kandungan zat saponin pada buah pala yang bermanfaat untuk meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh. Caranya:

  • Siapkan 100 ml air hangat
  • Campurkan air hangat tersebut menggunakan 1 sendok teh pala yang telah dihaluskan
  • Campurkan menggunakan 2 sendok teh buah pisang batu
  • Aduk dan minum selagi ramuan masih hangat
  1. Menghilangkan Suara Parau

Aktivitas yang menuntut kita untuk berteriak membuat suara kita bisa hilang atau parau, coba atasi dengan buah pala, kandungan minyak esensial buah pala dapat mengatasi suara anda yang parau. Caranya:

  • Haluskan pala
  • Haluskan jahe
  • Campurkan dengan 1 sendok teh cengkeh yang dihaluskan
  • Tambahkan dengan 3 tetes dari minyak kayu putih
  • Campur semua bahan-bahan sampai membentuk pasta
  • Oleskan ke leher
  • Diamkan selama 3 jam
  • Lakukan secara rutin
  1. Melancarkan Peredaran Darah

Buah pala juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan buah pala mengandung kalium yang bisa membuat peregangan di pembuluh darah. Jika pembuluh darah meregang maka aliran darah pun akan lancar. Fungsi kalium adalah :

Kandungan kalium dalam buah pala bisa berperan sebagai peregang pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh.

Tidak hanya aliran darah saja yang lancar, namun jika pembuluh darah meregang maka oksigen pun juga mudah dialirkan ke seluruh tubuh.

Kalium juga bisa membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dicerna tubuh, sehingga tubuh akan semakin sehat dengan nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat zat besi yang ada dalam buah pala bisa meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah. Di dalam tubuh sehingga bisa mencegah gejala anemia pada seseorang.

Demikian tadi beberapa manfaat pala yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami bagi ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang positif bagi Anda. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-