Melon merupakan jenis tanaman buah-buahan yang mudah untuk dikembangkan. Tanaman melon merupakan salah satu tanaman yang perlu mendapat prioritas utama diantara tanaman-tanaman hortikultura lainnya karena harga buah melon relatif lebih tinggi dibandingkan dengan komoditas hortikultura pada umumnya. Hal ini memberikan keuntungan kepada petani atau pengusaha pertanian tanaman melon.

Dalam dunia tumbuhtumbuhan (Plantarum), tanaman melon termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) seperti halnya dengan blewah (Cucumis melo L.), semangka (Citrullus vulgaris Sehardo), mentimun (Cucumis setivus L.), pare (Momordica charantia L. Roxb.) dan waluh (Cucurbita moschata). Melon termasuk tanaman yang menghasilkan biji sehingga dimasukkan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Biji melon tertutup oleh bakal buah sehingga dimasukkan ke dalam golongan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Tanaman melon terdiri dari dua daun lembaga sehingga dimasukkan dalam kelas tumbuhan berbiji belah (dikotil) dan tergolong dalam genera Cucumis.

Klasifikasi Buah Melon :

Kerajaan          : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Cucurbitales

Famili              : Cucurbitaceae

Genus              : Cucumis

Spesies            : C. melo

Nama binomial: Cucumis melo L

Melon termasuk tanaman buah dari famili Cucurbitaceae. Banyak yang menyebutkan buah melon berasal dari Lembah Panas Persia di daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Tanaman ini akhirnya tersebar luas ke Timur Tengah dan Eropa. Pada abad ke-14, melon dibawa ke Amerika oleh Columbus dan akhirnya ditanam secara luas di Colorado, California, dan Texas. Akhirnya melon tersebar ke seluruh penjuru dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Setelah tahun 1990, melon berkembang cukup pesat di Indonesia, karena petani mulai yang banyak menanam melon. Sebelum tahun 1990, melon masih asing bagi penduduk Indonesia, tetapi kini sudah menjadi buah “pencuci mulut” yang populer. Buah ini sering disuguhkan di tempat-tempat pesta secara terpisah atau bersama dengan semangka, pepaya, dan nanas. Buah melon dimanfaatkan sebagai buah segar dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat melon, dibawah ini rincian penjelasan tentang beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

  1. Antioksidan

Buah melon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sudah seperti kita ketahui bahwa vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi sel. Sel yang terkena radikal bebas terus-menerus akan rusak dan membuat kulit Anda menjadi kulit yang tidak sehat dari dalam.

  1. Kesehatan mata

Selain vitamin C, manfaat melon jugda datang dari kandungan vitamin A. Vitamin tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga bisa membuat penglihatan mata Anda lebih jernih dan jelas. Bagi Anda yang berkacamata, buah ini bisa menjadi alternatif selain buah wortel. Anda bisa membuat jus melon yang segar dan nikmat, serta sehat.

  1. Mencegah penyakit serangan jantung

Khasiat melon selanjutnya yaitu berkaitan dengan adenosine, senyawa yang bisa memperlancar aliran darah disekitar jantung Anda. Dengan adanya senyawa tersebut, Anda bisa mencegah terkena penyakit jantung dengan peredaran darah yang baik. Peredaran darah yang teratur akan meningkatkan kinerja jantung Anda dengan lebih baik pula.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Ketika Anda salah makan atau terlalu sering makan makanan yang berbeda, maka pencernaan Anda akan terganggu. Dengan manfaat melon yang didukung oleh kandungan serat yang cukup tinggi, pencernaan Anda akan menjadi lebih sehat. Serat berguna memperlancar serta mengumpulkan sisa makanan yang ada di dalam sistem pencernaan Anda, sehingga bisa langsung dikeluarkan dari tubuh.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Banyak orang yang memiliki penyakit yang satu ini, yaitu diabetes. Diabetes menyerang gula darah yang ada pada tubuh Anda. Anda bisa mencoba khasiat melon sebagai pengganti gula setiap hari karena buah ini mengandung kalori yang rendah. Makanlah buah ini yang diimbangi dengan pengurangan konsumsi gula berkalori tinggi.

  1. Mencegah penyakit stroke

Stroke hampir sama seperti penyakit serangan jantung, karena kedua penyakit tersebut adalah jenis penyakit yang paling sering diderita manusia ketika mereka tidak menjaga pola makan dengan benar. Manfaat melon bisa mencegah Anda dari serangan penyakit stroke yang berbahaya.

  1. Mencegah impoten

Bagi kaum Adam, salah satu penyakit yang ditakuti adalah penyakit impoten. Karena penyakit ini bisa menimbulkan pertanyaan tentang vitalitas mereke sebagai pria. Dengan memakan buah melon secara rutin, Anda bisa terhindar dari penyakit impoten.

  1. Mencegah penyakit kanker

Penyakit yang cukup berbahaya seperti kanker bisa dicegah dengan buah melon. Kandungan apa yang ada pada buah ini? Jawabannya adalah karotenoid. Senyawa tersebut bisa mencegah serangan penyakit kanker.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang kesulitan dengan berat badan dan ingin menurunkannya agar memiliki tubuh yang sehat, cobalah dengan buah melon. Khasiat melon salah satunya yang bermanfaat untuk kaum hawa terutama adalah sebagai makanan untuk menurunkan berat badan dengan kandungan sodium yang cenderung rendah.

  1. Anti aging

Satu lagi kegunaan buah melon untuk kaum hawa, yaitu mencegah penuaan terlalu dini atau berfungsi sebagai anti aging. Kulit Anda akan lebih kenyal dan juga cerah dengan memakan buah ini setiap harinya. Wajah yang cerah merupakan cerminan dari wajah yang sehat dan segar. Untuk mendapatkan wajah cerah tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah melon dengan rutin. Selain cerah, wajah Anda juga akan terhindar dari jerawat serta bekasnya.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah melon untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

  1. Mencerahkan wajah
  2. Sumber energi untuk ibu hamil
  3. Makanan bayi dengan gula alami
  4. Penyembuhan luka
  5. Mengecilkan perut buncit

Demikian mengenai manfaat buah melon, buah ini bukanlah buah biasa yang Anda makan sehari-hari. Buah hijau ini memiliki kandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit. Buah melon juga cocok untuk membantu para wanita yang ingin penampilannya terlihat oke dengan badan yang proporsional serta kulit yang cantik. Maka jangan ragu lagi, segeralah mengatur pola hidup yang sehat dimulai dari memakan buah yang sehat pula. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-