Buah delima pada umumnya ditemukan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis.  Walaupun buah ini termasuk langka, namun masih tersedia buah impor dipasaran. Buah delima dibeberapa negara terkenal sebagai buah yang memiliki nilai khasiat tinggi bagi kesehatan, sehingga termasuk buah yang ada dalam daftar makanan sehat setiap hari. Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang diyakini baik untuk tubuh.

Buah delima sendiri tergolong buah yang unik dan termasuk dalam buah langka dengan ukuran sebesar apel besar. Musim buah delima tidak memiliki waktu yang panjang, tanaman ini berbuah pada bulan Oktober sampai Januari. Jika di kelompokkan buah Delima memiliki tiga jenis atau macam berdasarkan warnanya, buah delima warna putih, buah delima warna merah dan buah delima warna hitam.

Dari ketiga jenis buah delima tersebut yang paling terkenal adalah delima berwarna merah atau delima merah. Delima merah memiliki rasa lebih manis dan lebih segar jika dibandingkan dengan buah delima berwarna putih atau delima berwarna hitam.

Delima Merah mempunyai nama latin Punica granatum, oleh para peneliti ilmiah buah ini di juluki sebagai “super fruit” . Delima Merah atau Red Pomegranate diyakini berasal dari negeri Iran yang dibawa ke Mesir sekitar tahun 1600 SM, saat itu delima merah diakui merupakan sumber makanan penting, juga untuk pengobatan. Hal ini dilihat dari bentuk lukisan dan makam peninggalan masyarakat Mesir. Delima juga dianggap merupakan simbol kesuburan dan kemakmuran dalam beberapa kebudayaan.

Manfaat delima merah bagi kesehatan begitu banyak bagi tubuh, hal itu diperoleh dari beberapa kandungan seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan banyak lagi. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat buah delima dibawah ini mari kita baca bersama. Berikut adalah beberapa manfaat buah delima:

  1. Mencegah kanker

Buah delima dapat menghentikan kerusakan sel dan mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.  Jumlah zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas.

  1. Mencegah penyakit jantung

Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah delima sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian.

  1. Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah delima berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Zat antioksidan yang tingga dalam buah delima akan melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

  1. Mencegah osteoartritis

Jus buah delima yang dikonsumsi setiap hari bisa memberikan kekuatan untuk tulang, serta mencegah kondisi osteoarthritis.

  1. Menyehatkan Arteri

Plak yang terbentuk pada arteri bisa dikikis dengan cara makan buah delima setiap hari. Arteri yang sehat akan memastikan kesehatan jantung, serta terhindar dari darah tinggi, dan stroke.

  1. Tekanan darah tinggi

Jus buah delima yang diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %.

  1. Mengendalikan berat badan

Manfaat antioksidan dari buah delima akan membantu untuk mengendalikan berat badanmu. Kamu bisa memasukkan buah delima ke dalam diet harian untuk menghilangkan kalori ekstra.

  1. Mencegah penyakit Alzheimer

Jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer atau memperlambat perkembangannya. mengonsumsi buah delima juga akan meningkatkan kemampuan otak penderita.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah delima mampu merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik. Senyawa tertentu dalam buah delima juga akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Kolagen adalah komponen dasar kulit, yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang, serta membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur.

Demikianlah yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini. Nyatanya buah delima memang banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan seperti yang sudah kita baca di atas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan mengenai buah delima dan bisa bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita