Belakangan ini, ikan salmon ramai diperbincangkan netizen tentang kaitannya dengan ikan mujaer dilihat dari manfaat dan harganya. Dikutip dari Wikipedia, ikan Salmon adalah sejenis ikan dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, namun alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih misteri.

Setelah mengetahui asal muasal ikan salmon, marilah kita mencari tahu mengapa banyak orang beranggapan bahwa dengan memberikan ikan salmon kepada anak, akan mampu meningkatkan kecerdasan anak. Situs Fitnea, Selasa (26/11/2013), menuliskan, orangtua yang ingin anaknya berprestasi di sekolahnya harus memberikan asupan ikan salmon. Ini karena ikan tersebut sehat, rendah kalori, dan lezat. Ikan salmon cukup populer dan banyak disukai orang-orang karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya enak, disamping itu juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Ikan salmon sering dianggap sebagai super food, karena kandungannya yang sangat banyak dan bergizi, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Inilah beberapa kandungan gizi dan khasiat ikan salmon untuk meningkatkan kemampuan otak anak:

  1. Ikan salmon atlantik menyediakan 415 kalori, 46 gram protein, nol karbohidrat, dan 23 gram lemak. Selain itu, ikan salmon kaya asam lemak omega-3 esensial, serta eicosapentaenoic, dan asam docosahexaenoic. Salmon meningkatkan kesehatan otak. Dan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling bergizi. Persediaan seng, besi, niasin, Vitamin B12, dan Vitamin B6, ada di ikan salom di samping berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan otak.
  2. Salmon memang cocok untuk semua diet yang sehat. Apalagi salon tak mengandung karbohidrat sehingga ikan ini bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk diet rendah karbohidrat.
  3. Salmon juga memasok banyak vitamin dan mineral yang diperlukan otak Anda setiap harinya. Apapun caranya Anda menambahkan salmon di deit Anda akan memberikan banyak manfaat untuk nutrisi otak Anda.
  4. Ikan salmon juga mengandung vitamin A dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang aktifitas otak.
  5. Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, stroke, kolesterol tinggi dan beberapa lainnya.
  6. Ikan salmon dikaitkan dengan manfaat penurunan depresi, serta beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara IQ dengan makanan asam lemak yang kaya akan kandungan omega-3 .
  7. Yang menarik, sebuah penemuan terbaru yang disebut dengan protectins, itu adalah senyawa khusus yang terbuat dari DHA.
  8. Kandungan vitamin D (yang ada di dalam ikan salmon) juga sudah terbukti menjadi faktor yang utama dalam mendorong kemampuan fungsi kognitif semaksimal mungkin.
  9. Hasil studi menunjukkan bahwa ikan salmon bermanfaat sebagai anti-inflamasi molekul, terutama yang diproduksi jaringan saraf. Ada spekulasi mengatakan bahwa kemampuan otak atau daya pikir terkait dengan asupan omega-3, karena konversi dari DHA untuk protectins, yang juga membantu dalam mencegah terjadinya masalah peradangan.

Selain baik bagi perkembangan otak anak, ikan salmon juga dapat mempengaruhi kecerdasan anak dengan cara meningkatkan konsentrasi, berikut penjelasannya :

  1. Ikan salmon dengan kandungan Omega-3 di dalamnya, yang bermanfaat menjaga kondisi mood, semangat dan meminimalisir terjadinya depresi. Alhasil dengan kondisi psikologi yang baik, maka membuat kemampuan fokus atau konsentrasi menjadi lebih baik.
  2. Sebuah penelitian di Australia, mendapatkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan kaya folat memiliki memori yang lebih kuat, bahkan kemampuan penyampaian informasi ke otak juga lebih cepat. Buah-buahan yang kaya folat seperti melon, pisang, jeruk, strawberry dan lemon. Adapun pada kacang polong, kacang almond, mete, kenari mengandung asam lemak dan folat yang berguna juga untuk meningkatkan mood.

Dengan kandungan gizi ikan salmon yang melimpah, sehingga dapat mendukung perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Sebagai pengetahuan tambahan, ikan salmon juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Melindungi kulit
  3. Mencegah penyakit jantung
  4. Menurunkan resiko diabetes
  5. Mengendalikan berat badan
  6. Membentuk otot

Banyak sekali manfaat dan kandungan gizi yang diperoleh dengan mengkonsumsi ikan salmon. Baik bagi kecerdasan anak maupun bagi kesehatan tubuh. Walaupun begitu, kecerdasan seorang anak tidak bisa kita peroleh hanya dengan memberikan ikan salmon kepada anak. Kecerdasan anak juga harus didukung dengan pendidikan yang baik benar dari orang tua dengan cara memeotivasi anak untuk rajin belajar dan berlatih. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat karena sharing is caring.

-Klinikita Berbagi Senang dan Sehat di Tahun 2017-