Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang berhubungan dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan dan menambah jumlah omega-3 asam lemak dalam makanan sehari – hari. Alasan utama kenapa minyak ikan disebut sangat bermanfaat adalah karena mengandung anti-inflamasi. Hal ini menunjukan bahwa minyak omega-3 ikan mendukung jalur metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik untuk sel – sel gizi yang lebih baik serta membantu mencegah inflamasiu dalam tubuh yang bisa dikaitkan dengan kesuburan.

Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak. Awalnya, minyak ikan diambil dari lemak ikan paus. Lalu minyak tersebut juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.
SEJARAH MINYAK IKAN
Minyak hati ikan Cod merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun. Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan Cod untuk hewan ternak mereka. Setelah melihat bahwa minyak hati ikan Cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri. Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan Cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

MANFAAT
Minyak ikan membantu mengatur respon inflamasi tubuh, mengurangi berlebihan oleh tubuh yang bisa menyebabkan penyakit. Minyak ikan juga meningkatkan sirkulasi, khusus untuk organ reproduksi dalam wanita. Sirkulis lebih ovarium berarti kesempatan yang lebih baik konsepsi. Minyak ikan juga telah terbukti membantu mencegah darah dari pembekuan tidak tepat sehingga bisa bermanfaat bagi perempuan di antara keguguran berulang telah dikaitkan dengan masalah pembekuan. Omega3 juga mengendalikan peradangan. Adapun manfaat lain yaitu :
Bagi Kesehatan
• Mengurangi Kolesterol Buruk
Manfaat minyak ikan adalah mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, dan perlu di ingat juga minumlah minyak ikan dengan kadar yang cukup (tidak berlebihan).
• Meningkatkan Kinerja Indra
Mengkonsumsi minyak ikan akan memberikan dampak lebih fokus kepada pengkonsumsi dan juga fungsi mental akan lebih baik.
• Menyehatkan Mata
Minyak ikan bermanfaat mengurangi resiko kerusakan pada mata atau pada bagian retina.
• Baik Untuk Kesehatan Jantung
Minyak ikan bermanfaat melancarkan aliran darah di tubuh, sehingga jantung mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup.
• Menurunkan resiko keguguran
Resiko keguguran dapat dikurangi dengan mengkonsumsi minyak ikan, selain itu, minyak ikan yang di konsumsi pun sangat baik untuk perkembangan otak janin.
Bagi Tubuh
• Untuk Menjaga Berat Badan
• Mengobati Radang Sendi
• Mencegah Depresi
• Penyakit Mata
• Mengatasi Penyakit Kanker
• Mengobati Kencing Manis

Kurang lebih seperti itulah manfaat yang di peroleh bila kita mengkonsumsi minyak ikan, minyak ikan memang memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, jadi tambahkanlah minyak ikan ke daftar menu harian anda. Jika teman sehat binggung harus kemana untuk memperoleh minyak ikan, jangan bingung, silakan datang saja ke apotek Klinikita, disana kami menyediakannya minyak ikan, dan perlu diingat untuk harga minyak ikan sendiri sangat bersahabat dengan kantong teman sehat semua.
-Kinikita Berbagi Senang & Sehat di Tahun 2017-

Informasi ini di rangkai dari berbagai sumber :
http://minyakikan.biz
https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_ikan
http://manfaatminyakikan.com/