Buah naga atau yang dalam bahasa latin disebut dengan hylocereus polyrhizus adalah buah eksotis dan lezat yang tumbuh pada berbagai spesies kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Buah naga berasal dari daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko kemudian menyebar ke penjuru dunia salah satunya adalah Indonesia. Buah ini juga banyak di budidayakan di negara-negara Asia seperti Filipina, Vietnam, Taiwan dan alaysia. Selain itu buah naga juga banyak dijumpai di berbagai wilayah seperti Israel, Australia, Okinawa dan Cina. Buah naga dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis, sub tropis bahkan iklim kering. Karena buah naga adalah tumbuhan sejenis kaktus, maka tanaman ini mampu hidup pada cuaca yang agak panas.

Buah naga banyak dipromosikan seluruh dunia karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan penyakit jantung, membantu penurunan berat badan, meningkatkan pencernaan, meningkatkan energi, membela melawan bakteri dan jamur, dan membantu dalam fungsi keseluruhan sistem tubuh. Buah naga memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas. Buah naga memiliki rasa sedikit manis, tetapi buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Selai vitamin C, buah naga ternyta juga memiliki kandungan Vitamin B1 dan Vitamin B2 yang mampu meningkatkan metabolism serta nafsu makan. Buah naga juga mengandung berbagai mineral penting seperti potasium, serat, protein, ferum, sodium dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, bisa dibilang buah ini sangat kaya manfaat, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini.

  1. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Buah naga berguna juga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung vitamin B3 yang sangat tinggi. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga sangatlah tinggi manfaatnya sebagai antioksidan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi buah naga dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda.

  1. Mencegah Kanker

Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Resiko serangan jantung pada manusia mampu dicegah dengan mengkonsumsi buah naga. Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga resiko serangan jantung sangatlah kecil.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah naga wajib ada di dalam persediaan buah di rumah, terutama bagi yang ingin menjalani program penurunan berat badan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

  1. Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus (DM) juga merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit ini menjangkiti manusia. Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan manusia. Sehingga penyakit diabetes melitus pun dapat dicegah.

  1. Menetralkan Tubuh dari Racun

Beberapa manfaat lain buah naga adalah dapat menetralkan racun di dalam tubuh. Dalam hal ini protein dalam buah naga ternyata mampu menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

  1. Menjadi Penambah Tenaga

Vitamin B1 atau thiamine yang terkandung dalam buah naga dapat di katakan cukup banyak. Vitamin ini sangatlah bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengonsumsi buah naga akan memiliki energi atau tenaga yang lebih banyak.

Manfaat buah naga telah kita ketahui bersama-sama, ternyata dengan mengkonsumsi buah naga banyak manfaat yang di dapatkan terutama untuk tubuh. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga setiap informasi di atas dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-