Cengkeh (Syzigium aromaticum) termasuk dalam suku Myrtaceae. Percaya atau tidak, cengkeh adalah rempah-rempah purbakala yang telah dikenal dan digunakan ribuan tahun sebelum masehi. Tumbuhan ini merupakan tanaman yang termasuk dalam kategori rempah-rempah dan pemanfaatannya bisa juga sebagai bahan obat. Pohonnya sendiri merupakan tanaman asli kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore), yang dahulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands. Menanam pohon cengkeh saat seorang anak dilahirkan adalah tradisi penduduk asli Maluku. Secara psikologis ada pertalian antara pertumbuhan pohon cengkeh dan anak tersebut sehingga pohon cengkeh benar-benar dijaga dan dirawat oleh orang Maluku. Pada abad pertengahan (sekitar 1600 Masehi) cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling popular dan mahal di Eropa, melebihi harga emas. Konon kabarnya Tanaman cengkih yang ada  sekarang bermula dari suatu peristiwa yang terjadi pada masa kejayaan kerajaan Ternate di Maluku Utara dan kerajaan Kapahaha di Morella Pulau Ambon.

Khasiat cengkeh dan manfaat cengkeh untuk kesehatan sangat baanyak. Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasasakit. selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian. Berikut beberapa khasiat cengkeh untuk kesehatan :

  1. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Sejak dulu minyak cengkeh telah digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

  1. Mencegah Peradangan

Banyak zat-zat aktif di temui pada minyak cengkeh, salah satunya adalah zat aktif seperti flavanoid. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

  1. Mengatasi mual dan Muntah

Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah ini.

  1. Meningkatkan sistem pencernaan

Selain manfaat di atas ternyata cengkeh juga dapat membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun dalam pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

  1. Mengatasi pilek

Penyakit yang  sering di derita di saat kondisi musim hujan seperti sekarang adalah pilek, jika sedang menderita pilek, ada baiknya Anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu minyak cengkeh juga bisa di oleskan pada hidung untuk membantu meringankan pilek.

  1. Menjaga tubuh tetap hangat

Rasa hangat dapat timbul setelah memanfaatkan cengkeh, caranya bisa dengan di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

  1. Mengatasi Sinusitis

Masalah sinusitis kerap sekali di kaitkan dengan manfaat cengkeh oleh para peneliti. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

  1. Menyehatkan jantung

Sudah sejak lama penyakit jantung menjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  1. Meredakan batuk

Mungkin akan terasa sedikit getir dan ada pahitnya jika mengunyah cengkeh, namun kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak dan membantu menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yang terdapat di tenggorokan.

  1. Mengatasi Jerawat

Ternyata jerawat yang kerap ada di muka mmpu juga di sembuhkan dengan bantauan minyak cengkeh. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada daerah jerawat tersebut. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah mungkin dapat dihilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.

Demikian tadi beberapa khasiat atau manfaat dari cengkeh, semoga apa yang kami bagi pada kesempatan kali ini dapat memberi manfaat dan bisa berguna, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita