Di era modernisasi ini, banyak hal berubah mengikuti perkembangan jaman seiring dengan berkembang pesatnya tekhnologi. Dengan adanya internet, segala hal kecil bisa menjadi viral di seluruh dunia. Hanya dengan memiliki smartphone canggih, dengan harga tidak terlalu mahal, dunia sudah berada di genggaman kita. Segala hal dapat kita ketahui dengan menggunakan smartphone melalui akses internet yang baik dan menghubungkan seluruh dunia lewat social media.

Semenjak akhir 2016 hingga awal 2017 ini, pengguna socialmedia di seluruh dunia pada umumnya dan indonesia khususnya, dihebohkan dengan menu live streaming di aplikasi instagram. Dimana sebelumnya hanya beberapa negara saja yang dapat menikmatinya, dan kini seluruh kalangan di berbagai penjuru dunia dapat memanfaatkan fitur live. Sebelum instagram, banyak aplikasi atau social media yang berbasis live, seperti facebook live, youtube live streaming, bigo live dan yang paling viral adalah instagram live.

Fitur live ini awalnya memudahkan sang artis atau public figure untuk berkomunikasi atau menyapa penggemarnya selain lewat televisi. Karena di menu live, netizen dapat menuliskan pertanyaan dan komentar untuk dijawab langsung oleh artis. Seiring berjalannya waktu, fitur live ini mulai dikembangkan agar dapat digunakan oleh seluruh elemen masyarakat. Kabar ini memberikan dampak positif dan negatif. Apa positif dan negatifnya? Mari kita simak lebih mendalam.

Kelebihan :

Setelah mereview berbagai aplikasi social media dengan fitur live, dampak positif yang dapat kita temui adalah

  1. Memudahkan kita terhubung dengan public figure. Banyak hal yang ingin kita ketahui tentang idola, namun terbatas oleh penampilan sang idola di televisi. Oleh karena itu fitur live ini sangat membantu.
  2. Karena fitur ini adalah live, tentu hasilnya adalah murni tanpa editan. Sehingga terhindar dari kata settingan.
  3. Ketika bukan public figure yang menggunakan fitur live, kita dapat terhubung dengan teman-teman yang jauh dengan kita dan melihat aktifitasnya.
  4. Apabila kita berkunjung ke tempat yang menarik, menu live ini dapat kita gunakan sebagai media untuk sharing. Kita dapat memberitahukan tempat-tempat yang menarik yang pernah kita kunjungi dan disiarkan secara live, sehingga lebih menarik dan dapat dipercaya.

Kekurangan :

Setelah melihat kelebihan, tentu tak luput dari kekurangan, seperti inilah dampak negatif fitur live

  1. Karena menu ini live, maka akan disiarkan secara langsung, sehingga kita tidak dapat mengeditnya sebelum ditayangkan. Apanila kita sedang siaran kemudian terjadi kesalahan dalam berkata, bertindak dan bahkan berpakaian, maka kita tidak dapat menutupi kesalahan kita.
  2. Banyak aplikasi live yang disalahgunakan. Salah satu aplikasi live yang ramai digandrungi pemuda pemudi adalah bigo live, dimana disana terdapat banyak remaja dan dewass yang melakukan live dengan perbuatan dan perkataan kurang sopan. Dan bahkan memang dijadikan sebagai ajang seperti itu. Hal tersebut sangat disayangkan dan juga memprihatinkan, bagaimana jika adik-adik kuta yang masih dibawah umur yang menononton?
  3. Pengguna instagram berjumlah lebih dai 1 Milliar. Penggunanya dari berbagai kalangan usia dan status sosial. Artinya, dimana kita berada, mungkin sekali terdapat beberapa pengguna inatagram aktif. Pernahkah kita membayangkan apabila kita direkam oleh seseotang secara diam2 dan disiarkan langsung secara live? Sangat menakutkan bukan?

Itulah beberapa review mengenai fitur live di berbagai social media, sebenarnya masih banyak aplikasi live lainnya. Namun contoh diatas merupakan yang terpopuler. Kemajuan tekhnologi bisa saja baik ataupun buruk, tergantung dengan penggunanya. Untuk itu, jadilah pengguna yang cerdas dan bijak sehingga kita dapat lebih berkualitas. Karena pribadi yang bijak adalah cerminan jiwa yang sehat.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-