Ikan belanak atau yang biasa di kenal dengan nama latin  Valamugil Sehel, Liza Melinoptera.  Merupakan jenis ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Ikan belanak merupakan jenis ikan pelagis (benthopelagic) yang bersifat katadromus, dapat hidup di perairan tawar seperti sungai, estuari dan laut dengan kedalaman sampai 120 meter. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai blue-spot mullet atau blue-tail mullet.  Ikan ini hidup di perairan tropis dan subtropis. Terkadang ditemukan juga di perairan payau, bahkan di air tawar. Di kawasan Pasifik ikan ini ditemukan di Fiji, Samoa, New Caledonia dan Australia. Sedangkan di Asia, banyak ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Srilangka.

Bentuk ikan belanak secara umum memanjang agak langsing dan gepeng. Sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya ini berguna untuk mencari makan di dasar/ organisme yang terbenam dalam lumpur. Ciri lain dari ikan belanak yaitu mempunyai gigi yang amat kecil, tetapi kadang-kadang pada beberapa spesies tidak ditemukan sama sekali.

Daerah penyebaran ikan belanak di perairan tropis dan subtropis (FAO, 1974 di Adrim et al., 1988), juga ditemukan di air payau dan kadang-kadang di air tawar (Iversen, 1976). Ikan ini ditemukan di Pasifik di Fiji, Samoa, Kaledonia Baru dan Australia. Sementara di Asia, ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Sri Lanka.

Di Amerika Utara, “mullet” dengan sendirinya biasanya mengacu Mugilidae. Di Eropa, kata “mullet” biasanya memenuhi syarat, yang “ikan belanak abu-abu” yang Mugilidae dan “ikan belanak merah” atau “surmullets” menjadi Mullidae, terutama anggota genus Mullus, para ikan belanak merah. Di luar Eropa, Mullidae sering disebut “goatfish”. Ikan dengan nama-nama umum termasuk kata “mullet” dapat menjadi anggota dari satu keluarga atau yang lain, atau bahkan tidak berhubungan seperti air tawar pengisap putih (Catostomus commersonii).

Tidak dapat di remehkan bahwa ikan yang satu ini juga mempunyai manfaat yang sama seperti kebanyakan jenis ikan lainnya, tidak bisa di remehkanbahwa  ikan belanak juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus buat kesehatan. Karena kaya akan kandungan gizi, maka ikan ini mempunyai segudang manfaat buat kesehatan kita. Di bawah ini beberapa manfaat ikan belanak untuk kesehatan :

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Di dalam ikan belanak, ternyata mengandung protein yang lumayan tinggi. Dan oleh karenanya ikan ini bisa bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pada luka. Karena kandungan protein yang ada pada ikan belanak membantu dalam proses regerenerasi sel – sel yang ada dalam tubuh kita, sehingga luka yang ada dapat menutup dengan cepat.

  1. Mendehidrasi Tubuh

Jika Anda memiliki aktivitas yang padat setiap hari, tentunya sangat wajar jika anda merasa cepat haus. Dan oleh karenanya sangat di sarankan, jika anda mengkonsumsi air putih yang cukup.  Dan selain banyak mengkonsumsi air, buat anda yang memiliki aktivitas berat sangat di sarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan belanak. Karena kandungan gizi pada ikan yang menyerupai bandeng ini mampu mendehidrasi tubuh kita agar bisa terhindar dari dehidrasi/kekurangan cairan. Bahkan biasanya para atlit pun juga di sarankan untuk memasukkan bernama lain blue-spot mullet dalam daftar menu hariannya.

  1. Penambah Tenaga

Untuk bisa beraktivitas, tubuh kita memerlukan asupan karbohidrat yang cukup sebagai sumber tenaga. Nah, ternyata ikan bernama lain blue-tail mullet juga mengadung banyak karbohidrat yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif menu sarapan untuk memulai segala aktivitas. Dan tentunya, karbohidrat juga sangat penting dalam proses metabolisme tubuh kita. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya menjadikan ikan ini sebagai pilihan untuk memperbiki gizi Anda.

  1. Mencerdaskan otak

Proses tumbuh kembang sang buah hati tentu menjadi fokus utama setiap orang tua, termasuk perkembangan otak anak. Bagi Anda para orang tua, alangkah baiknya jika anak rutin memberikan olahan ikan belanak kepada buah hati anda. Selain kaya akan proteinnya, kandungan ikan belanak juga mampu meningkatkan kecerdasan otak serta konsentrasi anak.

Selain itu, ikan belanak juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat atau pikun. Jadi, jika Anda tidak ingin menjadi pikun sebelum  usia lanjut, tak ada salahnya jika sering mengkonsumsi ikan belanak ini.

  1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Ternyata di dalam ikan belanak, mengandung zat asam lemak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bagi Anda yang sedang menjalani perawatan kulit, Anda bisa menambahkan menu ikan belanak ini guna menutrisi kulit anda. Karena, kandungan dalam ikan belanak di yakini berkhasiat menjaga kulit tetap sehat dan menghindarkannya dari kekeringan dan mengelupas.

Selain baik untuk kulit, ikan belanak juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut. Kandungan yang ada pada ikan belanak, mampu mencegah kerontokan rambut dan menjadikan rambut Anda sehat berkilau serta tebal.

  1. Meningkatkan Selera Makan

Bagi Anda yang sedang kurang enak badan sehingga mempengaruhi selera makan Anda, tidak ada salahnya untuk mencicipi ikan belanak ini. Rasa dari ikan belanak yang sangat lezat tentunya bisa mampu meningkatkan selera makan Anda. Untuk mengolah ikan belanak ini bisa di lakukan dengan berbagai pilihan cara. Namun, karena alasan banyak duri – duri kecil pada dagingnya, kebanyakan orang memilih untuk mengolahnya dengan cara dipepes.

  1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kandungan sehat yang ada pada ikan belanak ini ternyata juga sangat ampuh untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar. Oleh karenanya buat anda yang saat ini mengeluhkan susah buang air besar atau BAB tidak lancar, sangat di anjurkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi ikan ini.

Sudah kita ketahui bersama, meskipun bukan merupakan ikan yang terlalu banyak di gemari untuk di jadikan menu makan, namun nyatanya ikan belanak juga mempunyai manfaat yang  baik untuk tubuh. Maka tidak ada salahnya untuk kedepannya ikan belanak dapat di jadikan sebagai menu pilihan makanan Anda di rumah mengingat manfaatnya yang baik untuk tubuh. Demikian artikel yang dapat kami begi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita