Mengkonsumsi ikan selama kehamilan sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Bahan pangan satu ini memang kaya akan gizi, sehingga bisa membantu para ibu hamil untuk memperoleh bayi yang sehat. Namun, mengingat ternyata tidak semua jenis ikan (terutama ikan laut) baik dan aman dikonsumsi selama kehamilan, pemahaman tentang jenis-jenis ikan yang baik untuk ibu hamil nampaknya menjadi perlu untuk Anda miliki.

Sejatinya, semua ikan memiliki kandungan gizi sehingga baik dikonsumsi selama kehamilan. Namun, adanya kandungan merkuri pada beberapa jenis ikan membuat Anda harus selektif dalam memilih jenis ikan yang akan Anda konsumsinya. Merkuri yang tinggi pada ikan dapat membuat pertumbuhan janin mengalami masalah, mulai dari alergi, cacat lahir, gangguan syaraf, dan masalah perkembangan otak. Menyadari hal tersebut, nampaknya penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis ikan yang baik dan yang dilarang selama kehamilan. Berikut ini, kami telah menyusun beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil, yaitu :

  1. Ikan Lele
  2. Ikan Salmon
  3. Ikan Sarden
  4. Ikan Mas
  5. Ikan Teri

Untuk kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai manfaat ikan teri untuk ibu hamil. Nutrisi Ibu hamil memang sangat penting untuk menunjang perkembangan janin. Apabila para Ibu ingin tumbuh kembang bayi lebih optimal, maka harus memulainya sejak ia masih dalam kandungan. Salah satu nutrisi ikan-ikanan yang bagus untuk Ibu hamil adalah Ikan teri. Kandungannya sangat kaya akan gizi yang sangat baik untuk Ibu Hamil. Ikan teri juga memiliki banyak manfaatnya untuk Ibu hamil sehingga sayang untuk tidak dikonsumsi selama masa kehamilan. Berikut manfaat ikan teri untuk ibu hamil :

1. Membantu Menguatkan Tulang

Ikan teri memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat penting untuk menguatkan tulang pada Ibu hamil. Masa kehamilan memang seharusnya lebih banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lebih banyak kalsium. Ikan teri mengandung kalsium yang setara dengan susu sehingga aman dikonsumsi oleh Ibu hamil. Kalsium tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga dapat menjaga kesehatan gigi pada Ibu hamil agar terhindar dari gangguan sakit gigi.

2. Mengatasi Lelah dan Pembentukan Otot Yang Kuat Untuk Ibu Hamil

Kandungan Ikan teri memang menjadi daya tarik, khususnya untuk para Ibu hamil yang ingin lebih sehat. Dalam membantu pembentukan Otot, maka diperlukan makanan yang mengandung protein yang salah satunya terdapat pada Ikan teri. Protein sangat penting untuk tubuh, khususnya jiak dikonsumsi oleh Ibu hamil. Tak hanya membantu pembentukan otot, mengonsumsi Ikan teri bagi Ibu hamil juga dapat menambah kekuatan sehingga tida mudah merasa lelah.

3. Mencegah Anemia

Anemia yang dialami Ibu Hamil tentu sangat berbahaya. Akan tetapi banyak Ibu hamil yang mengatasi anemia dengan menggunakan obat dan hal ini justru malah membahayakan. Mengatasi anemia paling manjur untuk Ibu hamil adalah dengan mengonsumsi Ikan teri. Ikan teri memiliki kandungan Zat besi tinggi dan mampu mengatasi Anemia, khususnya pada Ibu hamil. Ibu hamil dianjurkan agar tidak terlalu sering bergantung dengan obat. Pilihah cara yang lebih aman yaitu dengan mengonsumsi Ikan teri. Ibu hamil yang mengonsumsi Ikan teri juga akan terhindar dari pusing dan mual akibat kekurangan darah.

4. Mengatur Proses Pembentukan Energi Kedalam Tubuh

Selama kehamilan sebaiknya jangan terlalu banyak makan karena tidak semua makanan bisa menghasilkan energi. Makanan yang tidak menghasilkan energi hanya akan membuat kembung pada Ibu hamil tanpa mengubahnay menjadi energi. Agar makanan yang dikonsumsi dapat berubah menjadi energi, sebaiknya Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan teri. Ikan teri memiliki kandungan vitamin B1 yang akan membantu proses pembentukan energi. Vitamin B1 yang terkandung pada Ikan teri tidak hanya membantu proses pembentukan energi, tetapi juga bermanfaat untuk proses oksidasi pada tubuh.

5. Mencegah Terjadinya Gangguan Pada Mata

Masa kehamilan seringkali membuat para Ibu hamil lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan, salah satunya adalah kesehatan mata. menjaga kesehatan mata tidaklah sulit. Ini bisa diatasi dengan mengonsumsi Ikan teri. Kandungan vitamin A yang terdapat pada Ikan teri dapat membantu mengatasi gangguan mata yang akan berdampak buruk pada janin.

Ada baiknya bagi Anda yang sedang hamil untuk sesekali menyiapkan menu ikan teri pada meja makan Anda. Mengingat begitu baiknya manfaat dari ikan teri yang baik buat ibu hamil & harganya pun tidak begitu mahal serta mudah juga buat kita dapatkan. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk Anda dan semoga bisa bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-