Setiap orang membutuhkan kalsium guna menjaga kesehatan tulang agar tidak terjadi osteoporisis yang bisa menyebabkan tulang keropos hingga patah tulang. Salah satu asupan kaya kalsium adalah ikan teri. Ikan teri adalah sekelompok ikan laut kecil,anggota keluarga engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Dan memiliki garis anatomi longitudinal dari dasar caudal fin (ekor). Mangsa utama ikan teri ialah plankton dan juga ikan yang baru aja menetas mereka tersebar dan dapat ditemukan di beberapa daerah di seluruh lautan di Indonesia, tetapi terkonsentrasi di perairan beriklim sedang, dan mereka jarang atau tidak ada di air yang sangat dingin atau laut yang sangat hangat. Mereka umumnya sangat cocok terhadap beragam suhu dan salinitas. Dapat juga ditemukan di perairan dangkal, air payau, di muara dan teluk.

Manfaat Ikan Teri Berdasarkan Kandungan Gizinya

  1. Protein

Meskipun  kecil, ikan teri memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun perlu diingat, nilai gizi ini berlaku untuk ikan teri yang masih segar dan bukan jenis ikan teri yang sudah diasinkan. Dalam 100 gr ikan teri segar, terkandung 10.3 gr protein. Protein ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat protein bagi tubuh antara lain : Menambah masa otot, membentuk otot, baik untuk masa pertumbuhan, & menambah kekuatan dan daya tahan tubuh.

  1. Kalsium

Apabila dibandingkan dengan jenis ikan besar lainnya seperti manfaat ikan laut, mungkin kandungan kalsium pada ikan teri merupakan salah satu yang tertinggi. Tebukti, dari 100 gr ikan mungil ini, terkandung 972 mg kalsium. jumlah ini tergolong tinggi untuk ukuran ikan yang kecil seperti ikan teri. Kalsium yang terkandung di dalam ikan teri ini hanya perlu ditambah dengan segelas manfaat susu, maka akan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya.

  1. Fosfor

Sama seperti jenis ikan laut lainnya, selain mengandung kalsium, ikan teri segar juga mengandung fosfor. Fosfor sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsinya berdampingan dengan fungsi dari kalsium bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sebanyak 253 mg.

  1. Zat besi

Ikan teri juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setiap 100 gr ikan teri segar ternyata mengandung 3.9 mg zat besi. Tentu saja kandungan zat besi ini dapat sangat bermanfaat dan beguna bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat zat besi : Menambah darah, mencegah terjadinya anemia, mencegah terjadinya pusing-pusing & mempercepat proses penyembuhan dari luka

  1. Vitamin A

Walaupun kandungan vitamin A pada ikan teri segar tergolong kecil apabila dibandingkan dalam manfata sayur-sayuran atau buah-buahan. Namun vitamin A dalam ikan teri ini ini tetap dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari.

  1. Vitamin B1

Ikan teri juga terbukti memiliki kandungan vitamin B1. Walaupun tergolong kecil kandungannya, yaitu hanya 0.24 mg vitamin B1 per 100 gr ikan teri segar. Namun tetap saja vitamin B1 memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

  1. Lemak

Apabila dibandingkan dengan kandungan protein dan karbohidrat yang dimiliki oleh ikan teri, lemak yang terkandung di dalam ikan teri tergolong rendah, yaitu hanya sebanyak 1.4 gr lemak per 100 gr ikan teri segar. Maka dari itu, bagi yang sedang melakukan program diet. Manfaat ikan teri akan sangat berguna bagi, karena dapat membantu melancarkan program diet.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari ikan teri segar. Perlu diingat manfaat ini adalah manfaat dari ikan teri segar, dan bukan ikan teri yang telah diasinkan. Demikian yang dapat dibagi pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menambah informasi Anda, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita