Di saat bulan puasa Ramadhan, buah blewah semakin mudah untuk kita jumapai, selain itu penjualan blewahpun meningkat karena telah menjadi semacam tradisi di Indonesia untuk menyediakan minuman buah segar di saat berbuka puasa, yang salah satu bahan utamanya adalah blewah. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Buah Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung, dan sebagainya.

Kandungan nutrisi yang dimiliki blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain, 3,1 mg beta-karoten; 68 mg vitamin C; 1,3 mg serat; 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium; dan 14 mg sodium. Di samping itu, unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah.

Sementara itu, menurut The Journal of Food Science kandungan dalam 100 gr blewah rata-rata berisi 12,69 mg magnesium; 0,03 mg mangan; 0,05 mg tembaga; 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt; dan 0,005 mg krom.

Mengingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, buah blewah baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.

Dalam panduan RDA (Recommended Dietary Allowance), terdapat anjuran agar kita mengonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Kita cukup mengonsumsi blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat.

Dari kandungan-kandungan yang ada pada blewah tersebut, munculah keistimewaan-keistimewaan buah blewah ini. Tentu khasiatnya begitu sangat dirasakan bagi yang rutin mengkonsumsinya. Adapun manfaat buah blewah antara lain :

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan, ini menjadi kabar gembira bagi anda yang sedang menjalankan program diet, karena buah blewah rendah gula dan kalori. Selain untuk menjaga berat badan, buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Tekanan Darah

Kemudian, manfaat yang sangat luar biasa lainnya adalah karena kandungan kalium, vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalma darah, maka mengkonsumsi buah blewah bisa menjadi salah satu solusinya. Tingginya vitamin C dalam buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda takut dengan penyakit jantung, maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, kandungan vitamin C tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluhdarah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Resiko Kanker

Kabar baiknya, buah ini ternyata juga berkhasiat untuk mencegah resiko kanker. Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Insomnia

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, maka buah ini bisa menjadi alternatif solusi. Buah blewah memiliki sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah agar mampu menangkal insomnianya tersebut.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Maag

Penyakit maag bisa diobati dengan buah ini, selain itu blewah juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi penderita maag, dianjurkan untuk membuatnya sebagai jus agar mudah dicerna.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata sehat merupakan hal sangat penting, karena mata merupakan organ yang memiliki peran sangat vital bagi kehidupan manusia. Buah blewah mengandung vitamin yang cukup tinggi, dengan mengkonsumsi belwah, maka mata anda akan tetap sehat. Selain itu, manfaat vitamin A juga berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Memelihara Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit sangat penting, apalagi bagi anda yang beraktivitas di bawah sinar matahari, terkena polusi atau ruangan ber-AC. Kandungan vitamin C dan A pada buah blewah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan manfaat vitamin E ini, sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

  1. Manfaat Buah Blewah untuk Menyehatkan Janin

Manfaat buah blewah mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin sehat. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah ini, membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Seperti itulah khasiat/ manfaat yang yang dapat diperoleh dari buah blewah. Ternyata banyak juga manfaat yang terkandung di dalamnya, tidak salah jika buah ini sering di jadikan bahan campuran untuk pembuatan es buah, terutama yang sering kita jumpai saat bulan ramadhan. Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah blewah, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah ini saat buka puasa karena memang buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-