Pir merupakan buah yang sudah banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Ada berbagai jenis pohon pir, dan beberapa diantaranya berbuah dan dapat dimakan oleh manusia. Beberapa varietas pir lainnya hanya digunakan sebagai tanaman hias dan semak-semak. Buah pir memiliki ciri khas di bagian atas mengecil dan lebih lebar di bagian bawah(mirip alpukat), namun ini bukan semua varietas buah pir. Beberapa pir ada yang berbentuk seperti buah apel. Buah Pir sudah lama ditemukan, terutama di Eropa, Afrika Utara, serta ada bukti bahwa buah pir sudah dikonsumsi sejak zaman prasejarah. Masih beklum jelas apakah varietas Pir berasal dari Eropa lalu pindah ke timur, atau varietas Asia yang menyebar ke barat dan selatan China. Namun bukti tampaknya mengarah ke China sebagai sumber utama asal buah pir. Kemampuannya untuk tumbuh dengan mudah di tempat-tempat dengan iklim dingin membuatnya sangat fleksibel dan lebih mudah dibudidayakan.

Pir adalah buah yang segar karena tinggi kadar air, serta memiliki rasa yang manis dan lezat. Pir adalah buah impor, namun kini di Indonesia sudah banyak dijual, bahkan dipasar tradisional sekalipun. Selain lezat dan segar, buah pir juga mengandung dan nilai gizi yang tinggi. Beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan termasuk kemampuannya membantu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kemampuan kognitif, mencegah kanker, penyembuhan luka dan perbaikan jaringan, mncegah kelahiran cacat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah, melindungi terhadap osteoporosis, serta bermanfaat bagi kesehatan, mata, dan rambut. Untuk lebih jelas berikut penjelasan mengenai manfaat buah pir.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian sekitar 21-38 gram. Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya. Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah penyakit wasir,sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

  1. Mengontorol Tekanan Darah

Sebuah pir berukuran sedang memasok 212 miligram kalium. Kalium adalah mineral yang membantu jantung agar berdetak secara normal dan membuat otot-otot bekerja dengan cara seharusnya. Anti karsinogen glutathione dan anti oksidan hadir dalam pir untuk membantu dalam mengendalikan tekanan darah.

  1. Pencegahan Stroke

Sebuah pir setiap hari memungkinkan tubuh untuk mencegah terjadinya stroke. Sebuah artikel pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh American Heart Association melaporkan bahwa makan satu buah pir sehari dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 52 persen. Pir mungkin juga memotong risiko kematian akibat penyakit jantung. Sebuah artikel 2007 yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” mencatat bahwa flavonoid dalam pir dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian yang terkait dengan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pir  mengandung 7,5 miligram vitamin C, yaitu sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Hal ini sama baiknya dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti manfaat jeruk,manfaat buah lemon dan juga manfaat strawberry.

  1. Menyapih Anak

Untuk menyapih anak, selalu disarankan untuk memberikan pir karena hypoallergenic. Rasa buah asam yang rendah, tidak menciptakan masalah pencernaan. Buah ini dapat dikupas, dipanaskan dan kemudian dibuat menjadi bubur. Kulitnya juga dapat dimakan tapi sangat penting untuk berhati-hati, dengan tidak memiliki tepi yang keras yang bisa menyakiti mulut anak. Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang diare.

  1. Pencegahan Osteoporosis

Masalah tulang sangat umum terjadi saat ini, sehingga sangat penting untuk menjaga tulang-tulang sehat dan mencegah osteoporosis. Menjaga pH tubuh dapat dipertahankan melalui diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Kemudian pir kaya boron dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan mudah misalnya pada manfaat susu.

  1. Gizi Ibu Kehamilan

Asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga, agar bayi tidak mengalami cacat lahir. Kehadiran asam folat dalam pir dapat membantu masalah ini, dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara teratur selama kehamilan.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan ekstra, namun pir dapat benar-benar bermanfaat untuk kulit berminyak. Hancurkan pir, campuran krim segar dan madu, kemudian gunakan pasta ini tiga kali seminggu sebagai masker wajah. Seluruh sekresi kelenjar minyak yang ada di kulit akan berkurang.

  1. Mengatasi Jerawat

Pir mengandung kadar vitamin, mineral penting yang tinggi. Buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih kuat secara internal. Akibatnya, kulit menjadi mampu melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

  1. Melembabkan Kulit

Pir tidak hanya baik untuk kulit berminyak, tetapi juga baik untuk kulit kering dan bersisik. Pir mengandung humektan alami, yang membantu menyeimbangkan kandungan air yang normal pada kulit dan mempertahankan kelembaban alaminya. Oleh karena itu, ekstrak buah ini secara luas digunakan dalam pembuatan lotion pelembab.

Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah pir, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah ini saat buka puasa karena memang buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-