Untuk mendapatkan jahe di Indonesia tidaklah hal sulit, jahe banyak di jumpai baik di pasar – pasar tradisional maupun swalayan di negeri ini. Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang ada di Indonesia yang dikenal sejak jaman panjajahan Belanda, konon alasan negeri Belanda datang ke Indonesia karena tanaman jahe. Jahe atau dengan bahasa latin Zingiber Officinale memiliki kelebihan dalam hal kesehatan, kesegaran, dan campuran untuk membuat masakan. Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat, rimpangnya  berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Adanya rasa pedas yang sangat dominan dalam rimpang jahe disebabkan oleh senyawa keton zingeron. Klasifikasi tanaman jahe digolongkan sebagai berikut :

Filum               : Plantae

Divisi               : Spermatophyta

Sub-divisi        : Angiospermae

Kelas               : Monocotyledoneae

Ordo                : Zingiberales

Famili              : Zingiberaceae

Genus              : Zingiber

Species            : Zingiber officinale

Berikut ini merupakan bahasan mengenai manfaat jahe, di antaranya:

  1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Di dalam tubuh jahe dapat menghangatkan panas tubuh akibat pelebaran pembuluh darah yang di timbulkan setelah mengkonsumsi jahe. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

  1. Menjaga kondisi jantung

Meningkatnya resiko penyakit jantung timbul karena tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani yang ada di dalam tubuh. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

  1. Dapat Mengatasi mabuk perjalanan

Jika sering mengalami mabuk saat bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat, ada baiknya meminum wedang jahe, wedang jahe dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

  1. Dapat Mengatasi morning sickness

Morning sickness lebih sering di alami oleh Ibu hamil, terkadang ibu hamil mengalami mual pagi karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

  1. Mencegah kanker usus

Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

  1. Mengobati sakit kepala

Stress sering muncul akibat Seharian bekerja dan berisiko juga terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang bekerja coba santai sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

  1. Mengobati alergi

Manfaat jahe bisa sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

  1. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

  1. Mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.

Sepertinya jahe aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang, namun tetap ada efek samping ringan yang dapat ditimbulkan, seperti diare, membuat perut tidak nyaman, dan nyeri di ulu hati. Jika diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini bisa menyebabkan iritasi. Dari segi medis manfaat jahe memang belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Meski begitu, Anda bisa mencobanya untuk mengatasi kondisi yang telah disebutkan di atas. Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Demikian hal yang dapat kita bagi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita berbagi senang & sehat di tahun 2017-