Siapa yang tidak senang dengan jambu? Cara terbaik untuk menikmatinya yaitu dengan dijadikan jus, dengan begitu biji-biji yang sangat keras akan hancur di blender dan jangan lupa untuk menyaringnnya dengan jaring halus agar dapat menikmati seutuhnya dan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dari buah jambu biji merah ini. Jambu biji atau yang memiliki nama latin Psidium Guajava merupakan sejenis tanaman tropis yang berasal dari daerah Brazil. Buah jambu biji ini menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Buah jambu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C serta memiliki rasa asam manis yang banyak digemari oleh masyarakat kita. Tanaman buah jambu biji dapat tumbuh dengan mudah di sembarang tmpat, baik itu di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini mampu tumbuh sampai dengan ketinggian 12 meter. Ada berbagai jenis jambu biji yang menyebar di seluruh wilayah di Indonesia, dan sebagian berasal dari luar negeri.

Kandungan Buah Jambu Biji

Tak heran jika jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar. Berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji :

  1. vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit
  2. folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.
  3. Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker)
  4. lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat
  5. lutein dan cryptoxanthin, kedua antioksidan
  6. Kalium – Kandungan kalium ini sama seperti yang pada manfaat pisang dan penting terhadap denyut jantung serta regulator tekanan darah.

Jumlah zat penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil pada jambu biji, dapat disebutkan :

  1. Asam pantotenat
  2. Niasin
  3. Vitamin B6 (pyridoxine
  4. Vitamin E dan K
  5. Mineral magnesium
  6. Tembaga
  7. Mangan
  8. Menanamkan dismutase enzim superoksida.

Kandungan pada jambu biji diatas, memberikan beberapa khasiat/ manfaat jambu biji yang sangat baik untuk kesehatan seperti berikut :

  1. Pembentuk sintesis kolagen

Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Buah jambu biji juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat ermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Selain itu, buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.

  1. Menjaga fungsi kelenjar tiroid

Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menyebabkan munculnya penyakit serius.

  1. Membantu penyerapan nutrisi

Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji yaitu mangan, kandungan mangan dapat membantu dalam menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat agar nutrisi yang diserap tubuh lebih maksimal.

  1. Membantu mengobati demam berdarah

Buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.

  1. Relaksasi tubuh

Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.

  1. Menjaga fungsi otak

Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jika buah jambu biji sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion untuk kulit wajah dan tubuh.

Demikianlah khasiat/ manfaat buah jambu biji yang dapat kami bagi pada kali ini. Konsumsilah secara teratur buah jambu biji yang nyatanya sangat banyak khasiatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-