Mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini adalah salah satu hal penting yang harus diketahui oleh semua wanita. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika sudah memasuki stadium lanjut. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini. Namun, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga memiliki resiko untuk terkena kanker payudara. Sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Inilah ciri umum kanker payudara yang perlu diketahui

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

  1. Ada benjolan disekitar payudara.

Meskipun tidak sepenuhnya benjolan ini menandakan bahwa Anda terkena kanker, akan tetapi Anda harus waspada jika benjolan tersebut terasa sangat keras, tidak dapat digerakkan dan tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya.

2. Terdapat kerutan di sekitar payudara

Kerutan biasanya hanya akan dialami oleh seseorang yang sudah tua, namun seorang penderita kanker payudara keutan tersebut mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara Anda. Kerutan tanda kanker payudara akan berwarna sedikit hitam dan tidak terlalu besar lingkupnya. Tak hanya itu saja kerutan tersebut juga memiliki permukaan yang kasar.

3. Payudara bengkak dan kemerahan

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya adalah payudara mengalami pembengkakan dan kemerahan. jika sudah begini sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis. Warna kemerahan pada payudara juga akan memiliki rasa hangat jika disentuh, seperti halnya saat demam.

4. Gatal dan ruam di puting susu

Berikutnya adalah terjadi ruam pada puting, bersisik sakit, dan juga gatal pada payudara. Gatal yang disebabkan oleh kanker payudara juga memiliki intensitas yang berbeda. Ada yang gatal dalam skala kecil dan tidak menganggu dan juga ada yang cukup menganggu karena gatal tidak dapat hilang. Selain itu, di kulit payudara juga akan timbul seperti sisik yang cukup menganggu karena akan menimbulkan rasa sakit jika dipegang ataupun dikelupas.

5. Terjadi perubahan ukuran dan bentuk payudara

Jika Anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara, maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis karena hal ini merupakan salah satu ciri kanker payudara stadium awal. Sebagai contoh adalah dari sebelumnya yang besar yaitu 34 dan hanya menjadi 32 (dalam ukuran bh).

6. Keluarnya cairan dari puting

Jika Anda sedang tidak menyusui namun tiba-tiba keluar cairan dari puting, makah hal ini merupakan gejala bahwa Anda sedang terkena kanker payudara. Warna cairannya pun berbeda-beda, yaitu jika cairan putih atau bening maka ini belum masuk ke dalam tahap serius, akan tetapi jika cairan berwarna kecoklatan ataupun merah darah hal ini sudah masuk dalam tahap kronis dan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

7. Puting susu masuk ke dalam

Seperti yang kita ketahui puting susu biasanya akan timbul. Dan jika sedang mengecil ia akan sejajar dengan kulit. Akan tetapi seseorang yang menderita payudara puting susunya akan menukik ke dalam dan tidak wajar. Namun tahukah Anda tak hanya puting susu yang masuk ke dalam, semua bagian yang ada di payudara juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, jika Anda mendapati hal ini segeralah melakukan pengecekan lebih lanjut agar tidak menjadi lebih bahaya.

8. Sakit, gatal dan berisik di puting susu

Ciri lainnya yaitu sakit, gatal, ruam dan bersisik pada puting susu. Jika kulit payudara timbul semacam sisik Anda juga perlu waspada. Karena hal tersebut merupakan gejala awal kanker payudara yang paling umum. Jika terjadi ruam, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

9. Gejala lanjutan dari kanker payudara

Selain ciri-ciri di atas, kanker payudara yang sudah menyebar ke organ tubuh lainnya juga memiliki gejala lainnya, seperti mual, nyeri tulang, kelemahan otot, sesak napas, batuk, penurunan nafsu makan dan berat badan.

Salah satu metode pencegahan yang saat ini paling banyak dianjurkan untuk diterapkan adalah menghindari makanan pemicu kanker payudara. Lantas, apa saja makanan pemicu kanker payudara yang sebaiknya dihindari? Simak daftarnya di bawah ini.

  1. Daging Olahan

Daging olahan mengandung pengawet buatan yang bila terlalu sering dikonsumsi apalagi dalam jangka panjang akan memicu tumbuhnya sel kanker. Padahal, banyak dari kita yang sering mengkonsumsinya sehari-hari karena praktis dan lezat. Ada baiknya mulai sekarang hindari aneka daging olahan seperti daging babi, sapi ayam, kalkum asap, sosis, hot dog.

  1. Daging Merah

Penelitian dari Harvest Medical School menyebutkan bahwa konsumsi daging merah seperti daging babi, sapi dan kambing dapat meningkatkan perkembangan kanker usus.

  1. Alkohol

Sebuah studi di Amerika menyebutkan bahwa alkohol adalah pemicu kanker terbesar kedua setelah tembakau. Wanita yang mengkonsumsi 200 cc alkohol perhari memiliki resiko mengidap kanker payudara 30 persen lebih besar daripada mereka yang tidak.

  1. Kentang Goreng

Fktanya , kentang goreng mengandung akrilamida (suatu zat karsinogenik yang akan terbentuk pada makanan yang diolah pada suhu tinggi) yang meningkatkan resiko tidak hanya kanker payudara, namun juga berbagai macam kanker lain pada tubuh manusia.

  1. Popcorn

Kebanyakan popcorn dibuat dengan menggunakan microave dimana lapisan bahan kimia pada microwave yang membuat makanan renyah dan segar terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kerusakan paru-paru, kanker payudara, kanker hati, dan infertilitas.

  1. Gula Halus

Gula halus ternyata akan membuat lonjakan insulin pada tubuh yang memicu tumbuhnya sel kanker jauh lebih cepat. Ganti gula halus Anda dengan madu untuk lebih sehatnya.

  1. Buah yang Terpapar Pestisida

Dewasa ini, buah-buahan ditanam dengan metode yang berbahaya seperti disemprot pestisida agar tidak diserang hama dan mudah busuk. Pestisida yang terkontaminasi pada buah-buahan jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh tentu akan membuat sel-sel kanker terpacu untuk tumbuh. Pastikan Anda jeli memilih dan mencuci buah dengan baik sebelum mengkonsumsinya.

     8. Tomat Kaleng

Mulai sekarang berhentilah membeli tomat dalam kaleng karena lapisan dalam kaleng umumnya memakai bahan kimia bisphenol-A yang beracun bagi tubuh dan mempercepat timbulnya sel kanker. Sebaiknya, belilah tomat segar atau olahan tomat yang dikemas dalam botol kaca.

Demikianlah tadi berbagi informasi mengenai ciri-ciri kanker payudara, semoga bermanfaat. Karena di tahun 2017 Klinikita berupaya untuk selalu berbagi senang & sehat.

 

 

Informasi ini di rangkum dari berbagai sumber:

http://www.alodokter.com/wanita-kenali-ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-1-sebelum-terlambat

http://disehat.com/ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-awal/

http://faktakanker.com/kanker-payudara/makanan-pemicu-kanker-payudara