Memasuki awal tahun intensitas hujan di beberapa daerah di Indonesia tentunya meningkat. Bahkan di daerah tertentu yang intensitas hujannya tinggi setiap harinya bisa di pastikan turun hujan. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya. Akibatnya, penyakit-penyakit seperti pilek dan influenza rentan menyerang saat musim hujan datang.

Jika tubuh tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Sehingga tak heran jika rumah sakit, puskesmas, serta klinik-klinik kesehatan akan lebih penuh saat musim ini. Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih beresiko. Maka dari itu hal seperti ini harus ditangani dengan serius. Lalu bagaimana cara agar imunitas tubuh tetap terjaga saat musim pengujan?
Berikut ini ada beberapa kiat untuk tetap menjaga imunitas tubuh di saat musim hujan:

1. Cukup Tidur Saat Malam Hari
Sebenarnya bukan hanya malam hari saja, terkadang siang hari pun juga perlu untuk tidur, namun karena tuntutan kegiataan/pekerjaan membuat waktu untuk tidur siang itu tidak ada. Maka cara terbaik untuk menjaga sistem imunitas tubuh adalah dengan istirahat yang optimal di malam hari. Seperti diketahui, sel darah putih merupakan salah satu komponen penting berkaitan dengan sistem imun. Sel darah putih memiliki fungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Vitamin
Saat awal-awal memasuki musim hujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Dalam hal ini vitamin yang paling di anjurkan adalah vitamin C. Kandungan vitamin C ini bisa juga bisa di peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi.

3. Olahraga Cukup
Meskipun olahraga melelahkan, apalagi di saat banyak aktifitas, namun jangan salah. Olahraga sangat banyak manaatnya. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, olahraga juga mempunyai manfaat lain. Salah satu manfaat lain adalah memperbaiki sistem imunitas tubuh. Namun dalam hal ini olahraga yang di anjurkan bukan olahraga yang terlalu berat/ butuh tenaga yang sangat banyak. Cukup dengan yoga yang bisa dilakukan di dalam ruanagan. Namun jika bukan penggemar yoga, ada baiknya untuk segera menuju gym terdekat. Penggunaan treadmill ataupun sepeda statis minimal 30 menit dalam sehari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Menjaga Asupan Makanan
Menjaga asupan makan sehat terutama saat musim penghujan itu sangat di anjurkan. Akan lebih baik, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya. Namun saat musim hujan ada baiknya untuk menguranggi makanan yang terlalu mengandung banyak gula, karena bisa memengaruhi sistem imunitas tubuh Anda. Pakar mengatakan saat memasuki musim hujan, sebaiknya kurangi makanan dan minuman manis berlebih.

5. Kontrol Stres
Hujan yang turun kadang bisa menyebabkan stres bagi sebagian orang , dan bahkan dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh. Maka turunya hujan jangan dianggap sebagai kesialan dan membikin stres. Kurangilah stres, jangan salah, stres juga dapat berdampak pada kekebalan tubuh. Bahkan stres kronis dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit.

Demikianlah beberapa yang dapat di bagikan untuk sedikit berbagi tips kesehatan kali ini, semoga bermanfaat & semoga selalu sehat.

 

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-