Anda tentu pernah mendengar kluwek? Ya, kluwek atau kepayang adalah buah asli Indonesia dan sudah lama dijadikan bumbu untuk berbagai macam makanan lezat. Kluwek memiliki banyak nama lain diantaranya kepayang dalam bahasa Melayu dan Jawa, kluwek/keluwek serta kluak/keluak dalam bahasa Jawa, picung dalam bahasa sunda, pucung dalam Betawi, pohon lunglai atau kalawak dalam Banjar, panarassan bagi orang Toraja. Orang Eropa menyebut tanaman ini dengan Durian, False Durian, Football fruit, Raual. Dalam istilah latin tanaman ini memiliki nama Pangium Edule. Orang Eropa menyebut kluwek dengan sebutan durian atau false durian lantaran baunya yang menyengat sehingga mereka salah mengartikan kluwek sebagai durian. Bau yang menyengat ini dihasilkan oleh hydrocyanic acid yang terkandung dalam buahnya. Disebut Football Fruit karena buah tanaman ini berbentuk seperti bola rugby atau american football.

Klasifikasi ilmiah kluwek:

Kingdom         :           Plantae

Divisi               :           Magnoliophyta

Kelas               :           Magnoliopsida

Ordo                :           Malpighiales

Famili              :           Achariaceae

Genus              :           Pangium

Spesies            :           P. edule

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat kluwek, beberapa rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

  1. Mengatasi penyakit kulit

Manfaat kluwek yang pertama yaitu dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Jika Anda mempunyai jenis kulit yang cukup sensitive, Anda dapat menggunakan biji buah ini sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit.

  1. Bahan antiseptic alami

Khasiat kluwek juga dapat menjadi bahan antiseptic yang alami. Hal ini diperoleh dari kandungan alami dan sehat yang ada dalam biji buah ini. Kandungan tersebut cocok digunakan sebagai kandungan antisepctic alami.

  1. Mengatasi kutu pada rambut

Manfaat kluwek dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu pada rambut. Caranya dengan menghaluskan biji buah ini kemudian Anda beri sedikit air dan ratakan pada rambut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan baik.

  1. Mencegah penyakit rematik

Khasiat kluwek bisa menjadi obat pencegah penyakit rematik. Tidak hanya bijinya saja, namun juga buahnya bisa Anda gabungkan dengan bijinya untuk meredakan gejala rematik. Tubuh Anda akan menjadi sehat tanpa adanya penyakit ini.

  1. Mengatasi kudis dan panu

Manfaat kluwek untuk kesehatan tubuh terutama kulit yaitu mengatasi penyakit kulit akibat jamur, seperti panu dan kudis. Kandungan senyawa dalam biji buah ini mampu menjadi anti jamur yang akan menyingkirkan serangan jamur ke kulit Anda.

  1. Memudahkan tidur

Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur, Anda dapat mengonsumsi kluwek sebagai obatnya. Ya, kandungan sehat yang ada dalam biji ini ampuh untuk membuat Anda lebih rileks dan mudah untuk tidur.

  1. Melancarkan haid

Bagi perempuan yang sering mempunyai masalah ketika haid perlu mencoba kluwek. Biji buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat haid menjadi lancar serta mengatasi masalah keputihan yang sering menyerang organ wanita.

  1. Mencegah penyakit lepra

Salah satu fungsi kluwek yang tidak kalah pentingnya yaitu mencegah penyakit lepra. Jika Anda mempunyai gejala penyakit ini dalam tubuh, Anda dapat mengurangi resikonya dengan mengonsumsi biji sehat ini.

  1. Anti kolesterol tinggi

Siapa sangka jika manfaat kluwek juga bisa Anda peroleh untuk mencegah kolesterol yang tinggi. Kandungan alami dalam buah dan bijinya ampuh untuk menurunkan kelesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh.

  1. Obat borok

Borok adalah jenis penyakit pada kulit yang membuat kulit Anda mengalami luka terbuka. Penyakit ini dapat Anda sembuhkan dengan kluwek. Manfaat biji buah ini yaitu mempercepat pengeringan luka pada borok.

Manfaat kluwek telah kita ketahui bersama-sama, ternyata banyak manfaat yang di dapatkan terutama untuk tubuh kita. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga setiap informasi di atas dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita