Cantik, merupakan hal yang sangat diinginkan oleh hamper dari seluruh wanita di dunia. Walaupun cantik itu dikatakan relative, namun kebanyakan orang memiliki indicator tersendiri tentang definisi cantik. Umumnya wanita dikatakan memiliki wajah cantik apabila memiliki kulit yang putih bersih, terbebas dari jerawat, tanpa keriput dan kencang. Namun tidak seluruhnya berpendapat seperti itu, beberapa beranggapan bahwa cantik itu akan terpancar dari hati yang baik.

Terlepas dari segala opini cantik atau tidak cantik, menjaga kesehatan kulit adalah hal yang penting dilakukan oleh wanita maupun pria. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa “beauty is pain” dan “beauty is expensive”, hal tersebut dikarenakan mereka mendapatkan kulit wajah dan badan sehat juga cantik dengan mengeluarkan banyak uang untuk menjalankan serangkaian treatment yang kadang sangat menyakitkan. Namun mereka rela melakukannya demi hasil yang sempurna. Lalu, apakah kulit sehat dan cantik hanya untuk mereka yang berduit? Tentu saja tidak. Manfaatkan bahan yang ada disekitar kita dan  mudah didapat, contoh saja buah alpukat. Banyak jenis buah yang dipercaya bagus untuk kulit, namun kali ini focus dengan buah alpukat saja.

Alpukat sendiri banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan seperti masker wajah, hand and body lotion, serum dan bahkan untuk perawatan rambut juga. Apakah kandungan yang terdapat dalam buah alpukat sehingga baik untuk kesehatan kulit?

  1. Mengandung lemak Sehat

Alpukat terkenal akan kandungan lemaknya yang tinggi. Jangan terkejut dulu, karena lemak yang terkandung adalah asam lemak poli tak jenuh tunggal sehat yang bisa melindungi kulit Anda. Lemak tak jenuh tunggal bermanfaat untuk menjaga lapisan atas kulit Anda menjadi lembab, sehingga menjadi lembut dan tampak sehat. Sementara itu menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, Asam lemak tak jenuh ganda akan menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, serta melindunginya dari gejala sensitivitas kulit dan peradangan.

  1. Mengandung Antioksidan

Jika tubuh kita memetabolisme makanan atau terpapar polusi, maka tubuh akan menghasilkan produk sampingan yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini sangat merusak sel, termasuk sel-sel kulit kita. Zat antioksidan yang ditemukan dalam buah alpukat adalah seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang bermanfaat membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan radikal bebas. Salah satu karotenoid yang disebut lutein mempromosikan kadar air dan elastisitas kulit, serta mengurangi kerusakan pada lipid kulit yang sangat penting. Vitamin E akan melindungi kulit Anda dari efek sinar ultraviolet. Sementara itu tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen, yaitu yang merupakan senyawa struktural utama dan sumber elastisitas dan kekencangan kulit.

  1. Mengandung Biotin

Alpukat mengandung sekitar 2 hingga 6 mikrogram biotin, atau antara 6 dan 16 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Biotin adalah nama lain dari vitamin B7 yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang semuanya diperlukan untuk kesehatan kulit. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan biotin bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, bahkan mengalami ruam merah.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan alpukat ini dipercaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tak heran, buah alpukat ataupun ekstraknya banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Berikut beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan kulit dan contoh penggunaannya:

  1. Dapat memutihkan, melembabkan dan menghaluskan kuli wajah

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C, E dan kandungan nutrisi lainnya yang dapat menjadikan kulit wajah lebih lembab, halus dan putih bercahaya. Itulah mengapa buah alpukat sangat dipercaya dalam hal kecantikan. Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah cantik alami, gunakan buah alpukat sebagai bahan untuk melakukan perawatan kulit wajah anda.

Caranya yaitu :

Pertama-tama keruk daging buah alpukat secukupnya, lalu tambahkan 2 sendok makan madu murni dan haluskan. Setelah daging buah alpukat dan madu tercampur merata, oleskan ke seluruh wajah untuk dijadikan masker wajah lalu diamkan sampai kering sekitar 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat sampai bersih dan tidak tersisa, kemudian keringkan dengan handuk yang lembut.  Untuk hasil yang maksimal, saya sarankan untuk melakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sampai hasilnya seperti apa yang anda harapkan. Setelah kulit wajah tampil lebih putih dan lembut, anda hanya cukup melakukan perawatannya minimal 1 minggu 2 kali untuk perlindungan.

  1. Dapat menghilangkan jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang sering tumbuh pada siapapun, namun biasanya seing tumbuh pada orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Kandungan minyak yang berlebih inilah yang menyebabkan tumbuhnya jerawat, karena memiliki kulit berminyak mudah sekali terkena kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah dan cenderung berjerawat. Untuk itu, bagi anda yang memiliki kulit wajah berjerawat dan berminyak saya sarankan untuk melakukan perawatan dengan buah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi dan zat-zat yang dapat membasmi bakteri-bakteri penyebab jerawat dan mampu menyerap kandungan minyak berlebih pada kulit wajah.

Caranya yaitu :

Caranya sama seperti cara diatas, lakukan perawatan ini sampai kulit wajah anda bersih dari jerawat. Selain kulit wajah anda akan besih dari jerawat sekaligus tampak lebih putih dan bercahaya.

  1. Dapat menghilangkan pecah-pecah pada telapak kaki

Memiliki kulit kaki pecah-pecah merupakan hal yang dapat mengganggu penampilan anda, namun masalah ini dapat diatasi dengan buah alpukat.

Caranya yaitu :

Gosokan kulit buah alpukat ke area telapak kaki yang pecah-pecah, setelah itu diamkan. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur, agar tidak mengganggu aktivitas anda. Setelah beberapa hari kulit kaki anda pun akan terlihat lebih halus dan pecah-pecah pun berangsur-angsur menghilang.

  1. Dapat menyehatkan kulit kepala dan rambut

Manfaat buah alpukat tidak hanya pada kulit wajah saja, tapi juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, gatal-gatal pada kulit kepala, rambut kering, rambut beminyak, rambut rontok dan masalah kulit kepala lainnya. Cara untuk mengatasi masalah kulit kepala anda dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

Caranya yaitu :

Pertama-tama ambil daging buah alpukat secukupnya lalu tambahkan 2 sendok madu, kemudian haluskan sampai semuanya tercampur dengan merata. Selanjutnya usapkan keseluruh rambut anda seperi pemakaian conditioner sambil dipijat-pijat lembut pada kulit kepala, setelah itu diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya bersihkan kembali dengan dengan air bersih dan jangan dulu menggunakan shampo sampai pada saat pagi hari. Lakukan perawatan ini secara rutin 1 kali seminggu agar hasilnya maksimal. Rasakan hasilnya pada keesokan harinya, kulit kepala akan bersih dari ketombe, gatal-gatal, rambut lebih lembut, mudah diatur dan berkilau.

Walaupun buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, namun kita tidak semata-mata selalu mengkonsumsinya tanpa aturan. Kesehatan kulit juga tidak akan didapatkan apabila kita hanya mengandalkan buah alpukat, semuanya harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat seperti tidur malam yang cukup, minum air putih sesuai yang tubuh butuhkan, tidak asal memilih kosmetik dan senang mengganti-ganti, dan menjaga kebersihan lingkungan. Hal yang lebih penting dari itu semua, janganlah berusaha cantik untuk dipuji banyak orang sehingga kita terlalu terobsesi akan definisi cantik, karena yang terpenting bukanlah cantik namun sehat. Semoga artikel tentang buah alpukat ini bermanfaat.

-Klinikita Berbagi Senang dan Sehat di Tahun 2017-