Lengkuas atau Alpinia Galanga adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Pada umumnya banyak masyarakat memanfaatkannya sebagai obat tradisional dan campuran bumbu masak. Lengkuas di manfaatkan untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk obat tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum. Untuk bagian akar pada tanaman lengkuas adalah rimpang besar dan tebal, berdaging, berbentuk silindris, diameter sekitar 2-4 cm, dan bercabang-cabang. Bagian luar berwarna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan pucat, mempunyai sisik-sisik berwarna putih atau kemerahan, keras mengkilap, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih. Pada bagian batang lengkuas ialah tegak, tersusun oleh pelepah-pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu, berwarna hijau agak keputih- putihan. Batang muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua. Sementara pada bagian daunnya tunggal berwarna hijau, bertangkai pendek tersusun berseling. Daun disebelah bawah dan atas biasanya lebih kecil daripada yang di tengah. Bentuk daun lanset memanjang dan ujungnya runcing. Dibawah ini mari kita baca bersama beberapa manfaat lengkuas, di antaranya adalah :

  1. Menurunkan deman

Penderita demam bisa berkurang karena manfaat lengkuas, hal itu karena lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.

  1. Mengurangi gangguan pernafasan

Seperti manfaat yang terdapat pada jahe dan cengkeh, lengkuas juga dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk.

  1. Memberikan rasa nyaman di perut

Ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain ternyata dapat di kurangi dengan adanya manfaat lengkuas. Lengkuas dapat dipergunakan untuk membantu mengurangi, muntah, mabuk perjalanan serta dapat mengurangi gejala diare. Selain itu, di Cina lengkuas digunakan sebagai obat cegukan, dimana penggunaannya di kombinasikan dengan manfaat ginseng.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Mungkin belum banyak yang mengetahui tenteng manfaat lengkuas sebagai obat kumur. Ekstrak akar lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga dapat mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di mulut dan tenggorokan dan dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (halitosis).

  1. Menurunkan lipid

Lengkuas mampu menurunkan lipid pada tubuh. Kandungan flavonoid utama yang ada di lengkuas seperti galangin, quercetin dan kaempferol bisa menghambat lemak asam. Sehingga lipid dapat menurun.

  1. Dapat menurunkan resiko rematik

Di negara-negara Timur Tengah, lengkuas digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis. Seperti halnya dengan Indonesia, lengkuas juga bisa di gunakan sebagai obat rematik.

  1. Mencegah penuaan dini

Lengkuas dapat mencegah penuaan dini dengan cara di jus. Jus lengkuas dapat diterapkan untuk berbagai pengobatan penyakit kulit. Kandungan lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap penuaan.

  1. Mempertahankan keremajaan kulit

Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit.

  1. Mengobati bekas luka bakar

Kulit terbakar dapat di obati dengan ramuan lengkuas sebagai alternatifnya. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, ia dapat meringankan rasa sakit dan dapat juga untuk menyembuhkannya seperti manfaat minyak kelapa. Anda juga dapat menggosok irisan segar lengkuas pada kulit 2 sampai 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.

  1. Membersihkan bekas jerawat

Lengkuas dapat bertindak sebagai pembersih antiseptik yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Ramuan ini berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, lengkuas juga dapat menjadi obat alami untuk penyembuhan jerawat. Kandungannya dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit.

Kurang lebih seperti itulah manfaat dari lengkuas yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, jadi ada baiknya manfaatkan secara maksimal apa yang ada di sekeliling kita seperti halnya lengkuas, dan nyatanya itu banyak mengandung manfaat yang baik untuk tubuh kita. Demikian, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Kinikita Berbagi Senang & Sehat di Tahun 2017-