Daun pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Berkat aroma yang dihasilkan oleh daunnya, tumbuhan ini menjadi salah satu pewangi makanan popular untuk masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Aroma wangi yang dihasilkan sangat cocok untuk makanan manis atau gurih karena bisa menciptakan cita rasa tersendiri. Sementara, daun pandan biasa digunakan dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau.

Daun ini juga kerap diletakkan di sela-sela nasi saat ditanak agar nasi menjadi harum. Selain aromanya yang wangi dan rasanya yang khas. Seperti kebanyakan bumbu masak, daun pandan juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain sebagai pengobat rematik dan pegal linu, lemah syaraf, membantu mengatasi rambut rontok, menghitamkan rambut serta menghilangkan ketombe pada rambut.

Daun pandan adalah jenis daun-daunan berbentuk lancip panjang dan memiliki sudut siku pada bagian daunnya. Daun pandan berwarna hijau dan warna hijau daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan. Daun pandan berserat halus dan mudah dibuat campuran dalam masakan. Daun pandan mudah ditemukan bahkan terkadang tumbuh di media pot. Tidak hanya bermanfaat banyak, daun pandan juga cantik dipajang dan dijadikan dekorasi halaman rumah. Daun pandan tidak terlalu susah ditemukan di pasar namun lebih baik menyediakan tanaman pandan di rumah karena jarang dijual dalam jumlah sedikit. Daun pandan berbau harum tetapi tidak mempunyai rasa yang khas.

Manfaat daun pandan

Berikut ini beberapa manfaat daun pandan :

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, daun pandan bisa di jadikan solusi untuk menurunkan penyakit tersebut. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba herbal yang satu ini, caranya pun sangat mudah sekali, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

  1. Mengatasi Rematik

Manfaat daun panda yang kedua adalah untuk mengatasi rematik yang kita derita. Walaupun biasanya menyerang orang tua, tidak menutup kemungkinan juga rematik dapat menyerang orang usia 40 an, cara mengatasi remarik dengan daun pandan sangat mudah, yaitu ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

  1. Mengatasi Pegal Linu

Daun pandan juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi pegel linu, selama ini mungkin anda terbiasa mengkonsumsi obat-obatan, nah kini tidak ada salahnya untuk mencoba daun pandan untuk mengatasi pegel linu di sekitar persendian anda, caranya yaitu sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

  1. Mengatasi Lemah Syaraf

Daun panda juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi lemah syaraf, caranya yaitu sediakan 3 lembar daun pandan wangi, lalu cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

  1. Merangsang Nafsu Makan

Kalau anda atau anak anda kurang nafsu makan, anda bisa menggunakan daun pandan wangi untuk merangsangnya, caranya yaitu ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

  1. Mengatasi Rasa Gelisah

Aroma daun pandan memberikan efek tenang bagi anda,nah jika anda sedang tempramen, atau gelisah, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan daun pandan, caranya sangat mudah yaitu ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

  1. Mengobati Lemah Syahwat

Nah, ini dia manfaat daun pandan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, bagi anda yang mengalami lemah syahwat, ternyata bisa diatasi dengan menggunakan herbal daun pandan, caranya yaitu  ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

  1. Membasmi Panu

Anda memiliki panau? Panu atau panau mungkin tidaklah berbahaya, namun memberikan rasa gatal yang mengganggu, jika tidak segera diatasi panau biasanya akan menyebar ke seluruh bagian tubuh kita. Anda bisa mengatasi panau dengan menggunakan daun pandan, caranya yaotu haluskan satu genggam daun pandan segar lalu peras dan ambil airnya, kemudian campurkan garam pada air hasil perasan tersebut dan minum satu hari satu gelas selama tiga hari secara rutin.

  1. Mengatasi Ketombe

Ini dia manfaat daun panda untuk kecantikan yang pertama, yaitu mengatasi atau menghilangkan ketombe, caranya cukup mudah, yaitu sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih. Di anjurkan lakukan setiap kali mau mandi sampai ketombe di rambut anda hilang.

  1. Menghitamkan Rambut

Dalam islam, kita dilarang mewarnai rambut dengan warna hitam. Nah kita bisa mempertahankan warna hitam rambut dengan menggunakan daun pandan, caranya cukup mudah kok, yaitu ambil 10 lembar daun pandan dan rebus dengan air sebanyak 1 liter, tunggu beberapa menit sampai airnya berubah warna menjadi hijau. Akat dan diamkan semalaman penuh. Keesokan harinya ketika anda mau mandi, sebelum ramuan tersebut di keramaskan tambahkan terlebih dahulu dengan perasn buah mengkudu sebanyak 4 buah yang sudah mateng.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan ramuan tersebut seminggu 3 kali secara rutin.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Ternyata daun pandan wangi berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok, caranya sangat mudah, yaitu ambil 2 helai daun pandan, 12 helai daun waru muda yang baru di petik dari tangkainya, 1 genggam daun urang-aring, 7 helai daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan tersebut cuci terlebih dahulu sampai  bersih kemudian masukkan ke dalam panci, lalu Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri dan rebus sampai mendidih dan saring untuk di ambil cairanya.

Cara penggunannya, oleskan ramuan yang tadi anda buat pada seluruh area rambut dan kulit kepala secara rata, setelah itu bungkus sama handuk aga basah dan hangat, diamkan sampai menjelang pagi dan bilas hingga bersih ketika mandi pagi. Di anjurkan lakukan secara rutin ketika mau tidur minimal 2 kali dalam seminggu

  1. Mengatasi Sembelit

Untuk mengatasi sembelit caranya adalah dengan mengkonsumsi jus daun pandan pada siang dan malam. Selain itu, teh daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasinya. Anda dapat merebus beberapa daun pandan, lalu minum airnya saat udah hangat.

  1. Mengatasi Keram Perut

Anda sering mengalami keram di perut? Atasi dengan menggunakan herbal daun pandan, caranya dengan membuat teh daun pandan atau jus pandan. Tanaman ini sebetulnya sangat dikenal dikarenakan baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

  1. Menurunkan Demam

Turunkan demam atau panas anak dengan menggunakan daun pandan, selain untuk anak juga bisa untuk orang dewasa, teh daun pandan juga biasa dianjurkan buat dikonsumsi saat seseorang mengalami demam. Dengan mengkonsumsi teh daun pandan maka dapat menurunkan demam dengan segera.

  1. Menetralkan Racun

Duan pandan juga bermanfaat untuk menetralkan racun dalam tubuh kita. Teh daun pandan bisa menetralkan racun di dalam tubuh kita, selain untuk menetralkan racun, daun pandan juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Ini salah satu rahasia sehat alami yang bisa anda terapkan, dengan mengonsumsi air pandan secara teratur bisa juga membantu dalam proses penyembuhan kanker,dikarenakan daun pandan bisa buat membatasi kerja dari zat karsinogen.

  1. Sebagai Obat Penenang

Sebagaimana yang sudah di atas, aroma daun pandan bersifat menenangkan, nah Jika kesulitan tidur, manfaat daun pandandengan kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur. Caranya, daun pandan sebanyak dua lembar cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas. Saring daun pandan setelah air dingin dan minum seduhan sekaliggu. Lakukan dengan teratur dua kali sehari.

Begitu banyaknya manfaat dari daun yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk menanamnya di sekitar halaman rumah, mengingat tidak sulit juga untuk menanamnya. Demikian tadi yang dapat kami bagi untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita