Saat berpuasa, tubuh kita mengalami beberapa perubahan, termasuk dalam hal kerja enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan akan perlahan-lahan berkurang jumlahnya bergantung pada berapa lama kita berpuasa. Lapisan yang melindungi perut juga akan berkurang seiring dengan lamanya waktu berpuasa. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan yang cenderung bersifat mengiritasi perut, Anda lebih mungkin mengalami masalah pencernaan.  Maka dari itu saat berbuka, makanan yang dimakan pertama kali sangatlah penting. Anda disarankan untuk memilih makanan berbuka yang gampang dicerna, dan salah satu contohnya adalah buah.

Dari sekian banyak jenis buah, kurma adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu utama ataupun pendamping selama sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, kurma merupakan makanan paling kaya akan kandungan gula glukosanya. Kurma mengandung sejumlah besar gula, yaitu berkisar antara 75–87%. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa.

Glukosa dalam kurma yang kita santap saat berbuka akan dengan cepat berubah menjadi fructose, kemudian langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi. Khususnya jaringan-jaringan yang secara esensial bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti: sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang.

Selain glukosa, kurma juga mengandung sejumlah lemak, protein, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B2, B12. Kurma juga mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potassium, magnesium, florin, kuningan, manganese, cobalt, zinc, serta sejumlah selulosa.

Selain kurma, beberapa jenis buah lain juga dianjurkan untuk dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan. Berikut ini adalah delapan jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk selalu hadir dalam menu sahur dan berbuka puasa:

  1. Pisang

Pertama, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah pisang. Tak hanya baik sebagai menu sahur 5-menit, buah yang satu ini juga ternyata punya kandungan komplit untuk berbuka puasa. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Dengan kandungannya ini, pisang dapat dengan cepat memasok kembali hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh, dan mengembalikan energi Anda.

  1. Anggur

Buah kecil ini bisa menjadi alternatif Anda untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar dan manis bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama berpuasa. Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna karena tinggi air dan mengandung serat, sehingga baik untuk dimakan sebelum Anda mulai makan utama saat berbuka puasa. Ini mempersiapkan sistem pencernaan Anda sebelum memproses jenis makanan yang lebih kompleks

  1. Apel

Ketiga, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu buah apel. Sebutir apel sehari memang dapat menjauhkan Anda dari penyakit, lho. Tidak heran, sebab apel mengandung vitamin A , B, C yang cukup tinggi sehingga menghalau bakteri jahat. Untuk berbuka, apel dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol nafsu makan Anda.

  1. Blewah

Keempat, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah blewah. Selain kurma, blewah adalah salah satu buah yang wajib ada di bulan puasa. Buah ini kaya akan vitamin A dan sudah terkenal sebagai menu berbuka puasa sejak lama. Hal ini karena manisnya blewah mampu melancarkan proses penyerapan makanan pada usus sehingga nantinya perut tidak akan terlalu kaget saat kemasukan makanan berat setelah seharian berpuasa.

  1. Jeruk

Kelima, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu jeruk. Setelah seharian tidak mengisi perut Anda dengan apapun, tubuh Anda tentu membutuhkan asupan vitamin saat berbuka. Nah, jeruk yang kaya akan vitamin C sangatlah cocok untuk memberikan kebutuhan vitamin tersebut. Tak hanya itu, jeruk juga langsung menyegarkan tenggorokan Anda setelah kering seharian penuh.

  1. Semangka

Keenam buah yang baik untuk berbuka puasa adalah buah semangka. Ah, segarnya buah yang satu ini! Selain menyegarkan, semangka juga kaya akan gula dan air yang membuatnya mudah dicerna oleh perut yang sedang tidak berenergi saat berbuka. Jangan lupa, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi sehingga tubuh bisa dengan cepat menambah asupan nutrisinya.

  1. Pepaya

Ketujuh, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah pepaya. Setelah seharian perut tak diisi apapun, jika belum terbiasa, perut bisa kaget dan pencernaan bisa terganggu. Pepaya yang mengandung serat, vitamin C dan provitamin A bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dengan memecah serat makanan dalam pencernaan. Karenanya, Anda tak perlu khawatir akan sembelit di bulan puasa.

  1. Belimbing

Terakhir, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu buah belimbing.  Konsumsilah belimbing sebagai menu berbuka puasa Anda. Seperti pepaya, buah yang satu ini juga kaya akan serat, vitamin C, dan provitamin A. Karenanya, pencernaan Anda juga akaan terbantu kelancarannya setelah berbuka puasa. Ditambah lagi, belimbing juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga Anda tak perlu khawatir saat makan berat.

Demikian tadi beberapa buah yang baik di konsumsi saat berbuka puasa, dan dari yang telah kita baca bersama, banyak manfaat yang baik saat kita mengkonsumsi buah-buhn tersebut di saat berbuka puasa. Adabaiaknya selalu konsumsi buah sat bulan ramadhan untuk menjaga tubuh kita agar tetap terpenuhi asupan gizi dan vitaminnya. Pintar – pintarlah memilih buah yang kaya baik untuk tubuh seperti buah – buah yang telah di bahas di atas. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-