Trend kawat gigi semakin mewabah di negeri ini. Kawat gigi atau yang biasanya dikenal sebagai behel adalah sebagai salah satu upaya untuk merapikan susunan gigi yang tidak rapi. Kawat gigi merupakan bagian dari perawatan ortodonti yang bertujuan untuk memperbaiki susunan gigi agar rapi dan teratur, memperbaiki hubungan gigitan atau oklusi antara gigi yang ada di rahang atas dan rahang bawah, bahkan juga memperbaiki posisi rahang dan proporsi wajah atau nilai estetik.

Banyak orang melakukan perawatan gigi menggunakan kawat gigi dengan berbagai tujuan dan fungsi, yakni:

– Mengatasi masalah sendi pada rahang.

– Kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi.

– Keperluan estetika.

– Mengembalikan fungsi gigi.

– Mengikuti gaya hidup.

Namun pada kenyataanya banyak juga sekarang orang yang memasang behel gigi untuk aksesoris, namun tak semuanya seperti itu masih banyak juga yang memasang behel dengan tujuan utamanya untuk mengatasi masalah pada gigi mereka. Di bawah ini beberapa macam behel gigi yang bisa Anda baca untuk bisa Anda pahami dan bisa di pilih yang mana yang pas buat Anda jika Anda berniat memasang behel gigi :

Macam-macam Behel Gigi Ditinjau Dari Cara Pemasangan

  1. Behel Gigi Permanen

Behel gigi jenis ini adalah suatu metode pemasangan behel pada gigi yang melekat pada waktu yang cukup lama untuk mendapatkan susunan gigi seperti yang diinginkan. Bahkan jangka waktunya bisa mencapai dua tahunan lebih. Tentu perlu kesabaran lebih ketika Anda menerapkan behel gigi jenis ini.

  1. Behel Gigi Lepasan

Begel gigi lepasan, seperti namanya, behel jenis ini dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu. Dibuat dari penampang plastik, behel gigi lepasan dicetak menyesuaikan bentuk gigi dan rahang pemakai. Behel ini dapat dilepas ketika Anda makan, menggosok gigi, ataupun aktivitas lain, lalu dipasangkan kembali ketika aktivitas tersebut telah selesai.

  1. Retainer

Retainer adalah suatu behel gigi yang berbentuk kawat yang diaplikasikan pada akhir perawatan gigi. Penggunaan behel jenis ini mampu menstabilkan posisi gigi yang cenderung akan terus mengalami pergeseran seiring waktu. Sehingga pada intinya, retainer perlu secara teratur dilakukan.

Macam-macam Behel Gigi Ditinjau Dari Bahan Penyusun Behel Gigi

  1. Behel Gigi Metal

Behel gigi metal terbuat dari biji-biji kecil yang terbuat dari logam dan menempel kuat pada gigi yang kemudian dihubungkan dengan kawat penghubung. Karena terbuat dari metal, maka behel gigi jenis ini akan bertahan lebih lama tanpa karatan. Namun perlu Anda pahami bahwa tidak semua orang bisa mengaplikasikan behel metal karena ada sebagian lainnya yang alergi terhadap logam. Jadi, pertimbangkan semua kemungkinan sebelum memilih satu jenis behel.

  1. Behel Gigi Keramik

Behel gigi keramik memiliki beberapa keunggulan seperti warnanya yang menyerupai gigi asli, sehingga tidak terlihat seperti memakai behel gigi. Kemudian si pengguna tidak akan merasa canggung unuk makan maupun berbicara karena behel gigi jenis ini relatif lebih nyaman. Behel gigi keramik merupakan pilihan tepat untuk mereka yang mengidap alergi logam.

  1. Behel Gigi Demon

Behel gigi demon cukup mirip dengan behel metal akan tetapi memiliki pengunci tersendiri pada masing-masing biji-bijinya. Tentu hal ini akan memberikan sensasi lebih nyaman bagi para pengguna untuk menggerakkan gigi secara leluasa. Selain itu, behel jenis ini juga cenderung tidak memerlukan pengawasan yang terlalu ketat seperti behel jenis lainnya.

  1. Invisalign

Behel gigi jenis invisalign terbuat dari plastik transparan yang dapat dilepas dan dipasang sesuai dengan keinginan penggunanya. Behel jenis ini dicetak dengan menyesuaikan bentuk gigi dengan metode khusus dengan bantuan teknologi tiga dimensi. Namun, Anda harus membayar lebih karena behel invisalign harus diganti kira-kira setelah dua minggu mengikuti alur pergeseran gigi Anda. Dan yang terakhir, behel invisalign hanya direkomendasikan untuk mereka yang memiliki ketidakteraturan gigi yang sifatnya ringan.

Demikian tadi mengenai macam – macam jenis dari behel gigi, sudahkah Anda menetapkan pilihan jenis yang mana untuk Anda pilih? Namun bila Anda ingin memasang behel gigi tetap di konsultasikan dulu dengan dokter yang terbaik dan yang cocok buat Anda seperti apa. Jangan ragu untuk biaya konsultasi, karena untuk konsultasi awal pemasanagan behel gigi di Klinikita kami berikan gratis.

-Klinikita Berbagi Senang Dan Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita