Bangle adalah salah satu tanaman obat yang berupa umbi dan tumbuh hampir disemua daerah di Indonesia. Bangle termasuk tanaman rempah-rempah yang memiliki khasiat obat.  Bangle dikenal dengan banyak sebutan diantaranya padhiyang, panglay mugle, bengle, bungle, baglai, baniai, banglai, bunglai, Bangle, kunyit bolai, banggele, Bale, panini, manglai, bangerei, kukuniran, kukundiren, dan lain sebagainya. Dalam ilmu botani, bangle dikenal dengan nama ilmiah Zingiber Cassummunar roxb.

Bangle termasuk tanaman yang sangat mudah untuk di kembangbiakan.  Dalam pengembangbiakan/penanamannya bisa digunakan rimpang yang sudah tua dan terdapat mata tunas. Bangle sebaiknya di tanam di tanah gembur berpasir yang kering dan tidak tergenang air. Jika ditanam pada tanah yang becek dan tergenang, umbi bangle akan mudah busuk sehingga tanaman bisa mati. Adapun ciri-ciri tanaman herbal bengle adalah sebagai berikut  :

  1. Tumbuh sebagai rumpun yang rapat dan tingginya bisa mencapai 1,5 M.
  2. Tumbuh tegak dan memiliki badan semu yang terdiri dari pelepah daun dan ujungnya memiliki rambut sikat.
  3. Tanaman bangle memiliki daun tunggal berwarna hijau yang letaknya berselang seling
  4. Tanaman bangle memiliki helaian daun berbentuk lonjong, berujung runcing, dan tulang daun menyirip
  5. Tanaman bagle memiliki bunga majemuk berbentuk tandan yang keluar dari ujung badan. Bunga bangle berwarna merah menyala dengan bibir bunga berwarna putih.
  6. Tanaman bangle mempunyai rimpang yang ukurannya lebih besar dari jahe dan mempunyai daging yang tebal. Permukaan umbi bagle tidak rata, berkerut dan memiliki parut daun dengan umbi berwarna kinung muda kecoklatan.
  7. Umbi tanaman bagle memiliki rasa yang tidak enak, pedas dan pahit

Bangle mempunyai kandungan zat-zat  yang berkhasiat untuk menyembuhnya penyakit. Zat yang terkandung dalam bangle antara lain: asam organik, lemak, gom, mineral, albuminoid, minyak terbang, dll. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari bangle, berikut beberapa manfaat nya:

  1. Mengobati Demam dan masuk angin.

Cara penggunaanya, ambil 15 gr rimpang bangle yang segar dicuci lalu diparut.kemudian Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Diaduk merata lalu diperas dan disaring, minum. Lakukan 2 kali sehari.

  1. Khasiat bangle untuk sakit perut/ Perut mules

Caranyasiapkan Rimpang bangle, rimpang jahe, kencur dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari tangan dicuci lalu diiris tipis-tipis.Lalu rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas.Setah dingin disaring, lalu diminum.

  1. Mengobati Sakit kepala.

Untuk mengobati sakit kepala cukup siapkan Rimpang segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut.Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilis pada dahi/ditempelkan di dahi

  1. Mengobati Sakit kuning

Untuk mengobati sakit kuning ambil 1/2 jari rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring, minum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

  1. Mengatasi Nyeri sendi (rheumatik)

Untuk meringankan rematik yang anda derita ambil Rimpang segar secukupnya dicuci Ialu diparut, tambahkan arak sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Borehkan kebagian sendi yang sakit.

  1. Mengecilkan perut setelah melahirkan

Untuk ibu ibu yang takut perutnya membesar akibat setelah melahirkan, ibu tak perlu khawatir lagi.buatlah ramuan ini untuk mengecilkan perut anda pasca melahirkan. ambil Rimpang bangle secukupnya dicuci lalu diparut, borehkan pada perut.lakukan secara teratur setiap hari dan buktikan hasilnya.

  1. Mengobati Cacingan

Ramuanya sebagai berikut : ambil 3 jari rimpang bangle, 2 jari temu hitam, 5 biji ketumbar dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci lalu diiris tipis-tipis, kemudian ditumbuk halus. Tambahkan 1/ 2 cangkir air masak, diaduk merata lalu diperas dan disaring. Minumkan pada anak yang cacingan

  1. Mengobati Radang selaput lendir mata

Untuk Mengobati Radang seiaput lendir matacaranya Rimpang bangle dan kunyit sebesar 1 buku jari tangan dan 13 butirjinten hitam dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring dan diminum.

  1. Untuk mengatasi masalah Kegemukan / mengurangi lemak tubuh

Untuk anda yang memiliki masalah kegemukan atau obesita,anda gk usah khawatir.anda tinggal memilih beberapa rmuan dan cara menggunakan bangle di bawah ini

Sepotong rimpang bangle dan 7 lembar daun jati belanda dicuci lalu direbus dengan 1,5 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum. Pagi dan sore hari.

Siapkan 1/2 jari rimpang bangle, 1/2 jari rimpang temu giring, 3/4 jari rimpang lempuyang wangi, 1/4 genggam daun kemuning, 1/4 genggam daun jati belanda, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa 1/2-nya. Setelah dingin disaring, minum. Sehari 3 x 3/4 gelas.

Ambil Rimpang bangle dan rimpang temu hitam, masing-masing 1/2 jari tangan, dicuci lalu diparut. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu, aduk merata sambil diremas-remas. Peras dan saring, minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Demikian tadi beberapa khasiat atau manfaat dari bangle, semoga apa yang kami bagi pada kesempatan kali ini dapat menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahnun 2017-

WhatsApp Klinikita