Menurut Wikipedia, bawang putih (Allium sativum: bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah dan sudah lama menjadi bahan makanan didaerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia Afrika dan Eropa. Dikenal dalam catatan Mesir Kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dan tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakkan Indonesia.

Kandungan gizi yang terdapat pada bawang putih per 100 gram antara lain adalah energi, gula, karbohidrat, lemak, diet serat, protein, beta karoten, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, sodium, mangan, seng dan selenium. Ciri-ciri bawang putih ini merupakan tumbuhan terna yang berdiri tegak, tingginya bisa mencapai 30-60 cm, memiliki akar yang serabut, pada ujung pangkalnya memiliki umbi atau siung, pada umbi atau siungnya dilapisi oleh lapisan/sisik pada bagian luarnya, serta ada juga beberapa yang memiliki bunga dan ada juga yang tidak memiliki bunga. Bunga-bunga tersebut berwarna pink atau merah jambu.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan anda antara lain adalah mengentalkan darah, mengurangi tekanan darah, melindungi jantung, mengurangi kolestrol, melawan alergi, diabetes, mengobati masalah pernapasan, efektik dalam mengatasi kulit dan bisul, pencegahan kanker, meningkatkan metabolisme zat besi, meningkatkan gairah, mengurangi berat badan, serta meringankan tukak lambung. Selain manfaat kesehatan, bawang ptuih juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Adapun manfaat bawang putih untuk kecantikan antara lain :

  1. Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Sifat antijamur dalam bawang putih dikenal sangat baik untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, berikut ini tips cara menggunakannya:

  • Potong bawang putih, ambil airnya dengan cara ditekan. Gosokkan air bawang putih pada bagian yang berjerawat, biarkan selama 3-5 menit, bilas dengan air dingin.
  • Cara lain untuk mengatasi jerawat adalah dengan mencampur air bawang putih (2-3 potong) dengan cuka putih. Cuka membantu mempertahankan tingkat pH kulit sementara bawang putih membantu melawan infeksi. Oleskan campuran ini pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama 5 menit, bilas denganair dingin.
  • Jika kulit Anda sensitif terhadap bawang putih, Anda bisa melembutkan beberapa potong bawang putih dicampur dengan 2 sdm yoghurt dan 1/2 sdt madu. Terapkan ini sebagai masker wajah, biarkan selama 10-15 menit, bilas dengan air dingin.
  • Untuk menghapus bekas jerawat, Anda bisa menggunakan pasta bawang putih. Ambil 4-5 bawang putih, rebus 250 ml air hinga mendidih, masukan bawang putih yang sudah dipotong, rebus selama 30-35 menit. Dinginkan dan lembutkan hinga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada wajah, biarkan selama 5-10 menit, bilas dengan air dingin.
  1. Mengatasi Komedo

Komedo merupakan masalah kulit yang umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Berikut ini cara mengatasi komedo dengan bawang putih.

Lembutkan 2-3 siung bawang putih campur dengan 1 sdm oatmeal, 1-2 tetes minyak pohon teh, 1/2 sdt air lemon dan 1 sdm madu. Aduk hinga berbentuk pasta. Bersihkan wajah Anda, oleskan pasta ini dan biarkan selama 2-5 menit, bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini 3x seminggu.

  1. Mengatasi Kerutan dan Keriput

Antioksidan dalam bawang puith dapat membantu melawan radikal bebas sehingga menjadikan kulit tetap sehat dan awt muda. Sementara sulfur dalam bawang putih membantu meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk mengurangi keriput.

  • Dengan bertambahnya usia, salah satu masalah kulit wajah yang Anda hadapi adalah kerutan. Anda dapat mengurangi ini dengan membuat pasta dari 3 sampai 4 siung bawang putih dan 1/2 tomat. Terapkan ini pada wajah dan cuci dengan air hangat setelah 20 menit. Kemudian percikan air dingin pada wajah Anda.
  • Anda dapat melindungi kulit Anda dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polusi lingkungan dan oksidasi dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari.
  1. Mengilangkan Stretch Mark

Bawang putih merupakan salah satu obat alami yang sangat bagus untuk menghilangkan stretch mark. Yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan beberapa tetes air bawang putih dengan minyak hangat. Oleskan minyak ini pada daerah stretch mark. Dalam beberapa minggu, stretch mark akan mulai menghilang.

Selain pemakain topikal, memasukan bawang putih dalam diet harian Anda dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah stretch mark.

  1. Menjadikan Kulit Berseri

Bila dikonsumsi secara teratur, bawang putih dapat membantu menjadikan kulit sehat, berseri dan terlihat indah. Selain itu juga membantu membersihkan kulit dari bakteri.

  1. Melembutkan Kulit

Kandungan allicin dalam bawang putih dapat membantu melembutkan kulit Anda, sementara sulfur pada bawang putih membantu menghaluskan kulit dan menjadikan kulti terlihat indah.

Itulah beberapa manfaat kecantikan yang menakjubkan dari bawang putih yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan kulit Anda jadi tambah halus dan cantik setelah membaca artikel ini. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-