Buah apel sudah di kenal sejak ribuan tahun yang lalu. Apel sendiri adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Orang mulai pertama kali menanam buah apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan). Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel, slain itu juga bermanfaat untuk kecantikan terutama wajah. Caranya adalah dengan membuat masker buah apel. Buah apel yang kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C serta antioksidan. Zat antioksidan dalam buah apel ini bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak. Masker buah apel ini mengandung glycolic acid, yang mampu membantu proses regenerasi kulit serta membersihkan pori-pori. Kulit buah apel juga dapat menjaga kadar ph kulit tetap seimbang. Berikut ini merupakan beberapa manfaat masker buah apel untuk merawat kecantikan wajah.

  1. Menghilangkan jerawat

Mungkin jerawat adalah musuh utama bagi hampir sebagian perempuan. Untuk mengatasinya, Anda perlu air sari apel sebagai toner wajah. Diamkan beberapa menit dan langsung bilas dengan air bersih.

  1. Menghilangkan kerutan di wajah

Kulit yang sudah mulai menua biasanya ditandai dengan adanya kerutan di wajah. Sebagian perempuan biasanya terlalu khawatir akan hal ini, namun tenang saja, resep masker apel berikut ini akan membantu anda menghilangkan kerutan. Caranya, haluskan buah apel dengan cara diblender lalu campurkan dengan putih telur hingga keduanya menyatu. Oleskan adonan tersebut ke wajah secara merata sebagai masker. Biarkan selama 30 menit hingga mengering dengan sendirinya, lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

  1. Menghilangkan noda hitam

Adanya  noda hitam di wajah seringkali menjadi masalah yang sering melanda Anda. Sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, disinilah manfaat masker buah apel yang bisa membantu anda menghilangkannya. Caranya, hancurkan buah apel bersama dengan kulitnya lalu diaplikasikan ke seluruh wajah. Lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

  1. Mencerahkan kulit

Selain dapat menghilangkan kerutan, masker buah apel juga dapat mengatasi kulit kusam sehingga menjadi cerah kembali. Cukup campurkan serutan apel dengan air jeruk nipis. ambil menggunakan kapas kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Membersihkan pori-pori kulit

Pori-pori kulit yang tersumbat dan bercampur dengan minyak serta bakteri dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Membersihkan pori-pori sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Langkahnya, haluskan apel dengan cara dijus atau diblender, lalu tambahkan 1 sendok makan gula ke dalamnya, lalu aduk rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijat secara lembut.

  1. Menghilangkan mata panda

Mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata adalah efek dari kurang tidur. Hal tersebut menjadi sinyal adanya metabolisme tubuh yang terganggu. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengompres mata dengan potongan buah apel. Cara ini dapat membantu menghilangkan area yang menghitam.

  1. Melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari

Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menjadikan kulit wajah kering, kusam, bahkan sampai mengalami pengelupasan akibat terbakar sinar UV. Untuk menghindari masalah ini, lakukanlah perawatan kulit wajah saat pagi hari dengan rutin dan teratur mengunakan masker buah apel agar kulit tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya.

  1. Melembabkan kulit wajah

Agar terhindar dari kulit kering dan menjadikan kulit lebih kenyal dan lembab alami, cobalah untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan rutin dengan memanfaatkan buah apel sebagai masker wajah yang di kombinasikan dengan madu.

Demikianlah yang dapat kita bagi pada kesempatan kali ini. Nyatanya buah apel tidak hanya dikonsumsi langsung untuk dimakan, karena buah apel juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit Anda. Selamat mencoba sendiri di rumah dan lihat hasilnya.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-