Buah manggis atau nama ilmiahnya Garcinia Mangostana merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Philipina dan Vietnam, terdiri dari kulit halus tebal berwarna ungu gelap yang di kenal dengan sebutan “ Queen of Fruits” atau si Ratu Buah , sebutan ini tidak lepas dari kulit, daging, dan juga biji buah iu sendiri.

Buah Manggis tumbuh liar di hutan dan pegunungan, namun pada era sekarang sudah banyak juga yang menanam pohon ini di kebun dekat rumah. Umur pohon manggis bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Indonesia sebagai Negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah adalah salah sentra penghasil manggis yang di ekspor ke berbagai belahan seperti Amerika dan Eropa.

Kandungan buah manggis di antaranya:

1. Besi

2. Serat

3. Kalsium

4. Vitamin C

5. Kalium

6. Vitamin B2

7. Protein

8. Catechins

9. Polisacchaoides dan Quinones

10. Stibenes

Manfaat buah manggis:

  1. Manggis untuk kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas

Pada buah manggis terkandungan Catechins, kandungan ini dapat mengalahkan vitamin C dan vitamin E yang ada pada tubuh manusia. Padahal dengan vitamin C dan E dapat menangkal radikal bebas pada tubuh manusia. Jadi jika anda mengkonsumsi buah manggis secara teratur, maka Anda akan terhindar dari radikal bebas sehingga anda juga dapat cadangan antioksidan yang alami dan melimpah dari buah manggis ini.

  1. Buah manggis untuk mencegah penyakit kanker

Dalam buah manggis mengandung senyawa xamtone atau senyawa anti kanker. Senyawa ini bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi pada usus besar dan usus hati. Senyawa ini juga dapat memperlambat pertumbuhan yang dapat menyebabkan penyakit leukemia.

  1. Jus buah manggis untuk menangkal rasa sakit

Bagi Anda yang mengalami sakit nyeri, anda perlu mengkonsumsi jus buah manggis. Jika Anda mengkonsumsi jus buah manggis dengan rutin, maka akan membantu mengurangi rasa nyeri. Teori tersebut sudah banyak sekali dibuktikan oleh para ahli dengan banyak responden.

  1. Buah manggis untuk mencegah penyakit batu ginjal

Anda sering buang air jika mengkonsumsi buah manggis? Ternyata sering buang air justru baik untuk kesehatan. Jadi dengan hal inilah yang dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal. Untuk dapat merasakan manfaat buah manggis ini, konsumsilah secara rutin minimal 3 ons setiap harinya.

  1. Buah manggis untuk mencegah timbulnya jamur

Mengkonsumsi buah manggis secara teratur dapat membantu terhindar dari jamur.

  1. Buah manggis untuk menurunkan berat badan

Ternyata buah manggis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan xanthone yang selain dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, senyawa ini juga bermanfaat  untuk melunakkan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras yang bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

Demikianlah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi buah secara rutin apalagi buah yang sangat bermanfaat seperti buah manggis akan memperbaiki sel-sel imun pada tubuh sehingga tubuh Anda bisa  terhindar dari penyakit. Demikian juga yang dapat kami bagi untuk kesempatan kali ini, kami selalu berupaya untuk selalu berbagi informasi kepada semua, terimakasih, semoga bermanfaat.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita