Pisang adalah tanaman yang memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga anggrek. Pisang dapat di golongkan sebagai buah yang relatif murah dan lezat serta kaya akan berbagai nutrisi. Sementara buah pisang ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Selain itu buah pisang juga memiliki kandungan seperti BanLec, kalium, vitamin A, vitamin C, laktosa, potasium, energi, dan enzim sukrosa, biotin, magnesium, vitamin B6, mangan, riboflavin, fruktosa dan frukosa, gula alami seperti glukosa, dan mineral.

Mengkonsumsi buah pisang dalam menu keseharian merupakan hal yang sangat di anjurkan. Buah pisang amat kaya manfaat yang sangat diperlukan bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah pisang untuk tubuh :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Nyatanya buah pisang tak kalah dengan manfaat wortel yang baik untuk kesehatan mata. Manfaat pisang ternyata mampu untuk membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Bagi penderita yang bermasalah dengan tidak lancrnya peredaran darah, mungkin pisang bisa di jdikan sebagi alternatifnya. Kandungan potasium yang dimiliki oleh pisang ternyata baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

  1. Membantu Pencernaan Pada Usus

Kandungan serat pada pisang tergolong cukup banyak. Serat tersebut sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Jadi bagi yang sering sembelit tidak perlu lagi menggunakan obat pencahar, karena cukup mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat mengurangi resiko sembelit. Sementara mencampur pisang dengan segelas susu juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar.

  1. Menormalkan Fungsi Jantung

Fungsi jantung pada tubuh akan semakin baik jika mengkonsumsi pisang waktu sarapan setiap harinya, karena dengan mengkonsumsi pisang secara teratur dapat menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Tahapan proses ini terus berjalan di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak.

  1. Menyehatkan Otak

Mengkonsumsi pisang sebagai menu sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Mencampurkan potongan pisang misal pada sereal / bubur dan menu lainnya, faktanya memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Kandungan kalium yang ada pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pisang juga baik untuk bayi yang baru memulai memakan makanan padat, karena pisang bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

  1. Sumber Energi

Sumber energi pada tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi pisang, hal ini terjadi karena pisang mengandungan karbohidrat yang menjadikan sumber energi. Dengan mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari pisang selain hal-hal di atas salahsatunya adalah untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan berat badan, ada baiknya rutin mengkonsumsi pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan kalori pada pisang tergolong relatif kecil, dan hal inilah yang dirasa mampu menurunkan berat badan.

  1. Mengobati Jerawat

Mungkin cara ini belum terlalu di ketahui oleh banyak orang, nyatanya pisang dapat mengobati jerawat. Cara memanfaatkan pisang untuk mengobati jerawat yaitu dengan menghancurkan daging pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini secara teratur selama beberapa hari sampai jerawat hilang, selain itu juga mampu sedikit membuat kulit menjadi bersih.

Buah yang sering kita jumpai dan harga yang tak terlalu mahal nyatanya mampu memberi manfaat yang begitu baik untuk tubuh. Seperti yang telah kita ketahui di atas, pisang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Selalu pastikan pisang sebagai salah satu buah yang selalu tersaji di meja makan & konsumsilah secara teratur, mengingat banyaknya manfaat yang bisa di dapat setelah mengkonsumsi pisang. Demikianlah yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga semua hal di atas dapat bermanfat. Terimakasih.

 

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-