Siapa yang tidak kenal Ikan Tongkol, ikan dengan nama latin Euthynnus Affinis ini sedang ngehits di sosial media indonesia akhir-akhir ini, bermula saat munculnya video anak SD bersama Presiden Jokowi yang sedang membahas jenis-jenis ikan, nah dari pembahasan itu tersentil percakapan mengelitik tenteng ikan tongkol, dan setelah video itu ramai di bicarakan nama ikan tongkol pun mulai eksis di dunia maya. Karena sedang eksis-eksisnya mari kita dalami lagi, apasi ikan tongkol dan manfaatnya, mari simak bersama.

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang termasuk kedalam ikan tuna kecil, yang memiliki badan memanjang, tidak memiliki sisik dan juga mempunyai sirip punggung yang sangat keras. Ikan tongkol ini termasuk kedalam famili scombridae dengan genus euthynnus yang memiliki ukuran yang lumayan besar, dengan panjang sekitar 50-60 cm dan juga berwarna abu-abu serta memiliki daging debal berwarna merah tua.

Ikan tongkol termasuk kelompok “scromboid fish” dengan klasifikasi sebagai berikut : (Saanin, 1984).

  1. Phylum Chordata,
  2. Sub phylum Vertebrata,
  3. Kelas Pisces, Sub kelas Teleostoi,
  4. Ordo Percomorphi,
  5. Sub Ordo Scombroidea,
  6. Famili Scombroidea,
  7. Genus Euthynnus affinis

Menurut Murniyati (2004), ikan tongkol merupakan jenis ikan tuna paling kecil dengan panjang rata-rata sekitar 50-50 cm atau 200-500 gram/ekor. Bentuk badan seperti cerutu atau torpedo dengan kulit licin, tidak bersisik kecuali pada corselet dan garis rusuk. Pada belakang sirip punggung dan sirip dubur terdapat sirip tambahan kecil-kecil. Warna tubuh bagian atas biru kehitaman dan bagian bawah putih keperakan.

Di Indonesia ikan tongkol merupakan salaah satu jenis ikan yang bisa di bilang mudah di cari, hampir semua orang di indonesia pernah mencicipi daging ikan laut ini, selain harganya yang tak terlalu mahal, ikan ini pun banyak dijumpai di pasar-pasar. Meskipun harga ikan tongkol tak begitu mahal, namun jangan anggap remeh jenis ikan yang satu ini, karena banyak manfaat dari ikan tongkol ini, beberapa di antaranya adalah:

  1. Menjaga kesehatan mata : Banyak yang mengungkapakan bahwa kandugan omega 3 pada ikan tongkol ini mampu mengurangi resiko penyakit AMD ( Age Macular Disease) yang merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.
  2. Mengandung protein yang tinggi : Kandungan protein pada ikan tongkol sangat bermanfaat untuk proses pertumbuhan dan perkembangan masa dan kekuatan otot.
  3. Menyembuhkan penyakit rematik : Mungkin masih banyak yang belum tahu, ternyata mengkonsumsi ikan tongkol dapat membantu menyembuhkan penyakit rematik.
  4. Mencegah anemia : kenapa ikan tongkol dapat mencegah penyakit anemia? Jawabnaya karena ikan tongkol memiliki kandungan zat besi alami.
  5. Mencegah ejakulasi dini : Kali ini bagian yang di manfaatkan adalah bagian siripnya, berikut cara mengolahnya. Pertama rebus insang dari ikan tongkol segar dengan menggunakan 3-4 lembar daun jeruk purut. Tambahkan garam, masak hingga mendidih. Minum airnya kira-kira 1 sampai 2 jam sebelum melakukan hubungan.
  6. Menjaga kesehatan jantung : Kandungan omega 3 pada ikan tongkol apat menjaga detak jantung sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.
  7. Mencegah obesitas : Dalam ikan tongkol terdapat kandungan EPA. Yang mana kandungan ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin. Hormon leptin ini membantu menghindari keinginan untuk makan, sehingga dengan mengurangi makan berlebih akan membantu menjaga berat badan.
  8. Menjaga kesehatan pada saluran pencernaan :Pada proses ini kembali yang berguna adalah omega 3 pada ikan tongkol, karena kandungan omega 3 dapat mengurangi resiko pada organ disaluran pencernaan . Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, ikan tongkol juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker pada ovarium.

Demikian beberapa manfaat ikan tongkol yang dapat sedikit membantu kesehatan tubuh, sama halnya dengan klinikita yang selalu senantiasa mengajak semua untuk selalu sehat.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita