Tanaman kapulaga diyakini berasal dari India dan diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. Beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga melakukan budidaya kapulaga.

Sedangkan kapulaga (Elettaria cardamomum) sendiri merupakan rempah yang berasal dari India dan biasa digunakan dalam masakan-masakan India. Di berbagai belahan dunia pun, kapulaga telah cukup dikenal sebagai bumbu masakan. Yang tampaknya belum banyak dikenal ialah khasiat kapulaga bagi kesehatan tubuh. Biji kapulaga sering digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan.

Kapulaga telah digunakan untuk mengatasi heartburn, sakit maag, sindrom iritasi usus, gas berlebih, sembelit, masalah liver dan kantong empedu, juga untuk menambah nafsu makan. Rempah ini juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan flu biasa, batuk, bronkitis, serta radang tenggorokan. Beberapa orang menggunakan kapulaga sebagai obat pelancar pembuangan urin.

Bagi kebanyakan wanita, kulit putih adalah sebuah definisi lain dari kecantikan. Hal itu juga yang membuat tidak sedikit wanita yang rela menghabiskan uang demi sebuah perawatan wajah dan membeli produk kecantikan demi  memutihkan kulit wajah  mereka. Untuk dapat mencerahkan kulit wajah sendiri, banyak metode perawatan kulit wajah yang dapat dipilih, namun memanfaatkan bahan alami masih dianggap sebagai salah satu rekomendasi  terbaik dikarenakan relatif lebih aman dan efektif dibandingkan dengan menggunakan produk kecantikan yang menggunakan bahan kimia sebagai komposisinya. Salah satu bahan alami yang memiliki khasiat dimanfaatkan untuk membantu memutihkan kulit wajah anda adalah kapulaga.

Pastinya nama bahan alami yang satu ini”kapulaga” masih sangat belum familiar di telinga anda. Dalam sistem klasifikasi ilmiah, buah ini memiliki nama ilmiah Amomum compactum dan juga masih masuk ke dalam kingdom plantae. Buah yang di thailand lebih dikenal dengan nama krava ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat dikatakan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah yang satu ini yakni i vitamin A, vitamin B dan vitamin C, kalsium, kalium, magnesium dan beberapa kandungan lainnya.

Menurut salah satu halaman situs kecantikan, diketahui bahwa essensi minyak buah kapulaga ini dapat membantu mencerahkan  atau memutihkan kulit wajah secara alami. Selain itu, minyak essensi kapulaga juga memiliki khasiat lain untuk kecantikan kulit wajah anda  yaitu menghilangkan noda/ bintik hitam pada kulit wajah. Anda dapat menggunakan minyak essensi kapulaga ini sebagai pelembab wajah alami anda. Dengan menggunakannya sebagai teratur, maka bukan hanya kelembaban kulit wajah yang akan terjadi, namun  kulit wajah pun akan menjadi lebih cerah.

Selain manfaat kecantikan yang berhubungan dengan mencerahkan / memutihkan kulit wajah, buah kapulaga juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Beberikut ini adalah beberapa manfaat lain dari yang dimiliki oleh buah kapulaga ini:

  1. Merupakan makanan yang sangat baik untuk program diet, dimana mengonsumsi buah ini dapat membantu melunturkan lemak di daerah perut.
  2. Menggunakan minyak essensi kapulaga dapat mencegah salah satu tanda penuaan dini, yakni keriput ataupun garis halus di wajah.
  3. Minyak essensi kapulaga juga dapat menjaga elastisitas atau kekencangan kulit.
  4. Minyak kapulaga juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah kerontokan rambut dan juga munculnya ketombe.

Manfaat lain kapulaga untuk kesehatan :

  1. Kesehatan Pencernaan Dan Perut

Kapulaga kaya akan kandungan serat yang mampu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah gas di perut.

  1. Sirkulasi Darah

Serat dan kalium yang terkandung dalam kapulaga hampir seimbang. Ada sekitar 28.0g serat atau 112% DV kalsium dan 383mg atau 38% DV, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Disamping itu, serat dan potasium juga bekerja untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.

  1. Membantu Mengobati Gastritis

Penyakit maag atau gastritis adalah kelainan fungsional dalam perut ditandai dengan berbagai gejala, seperti mulas atau kram di perut. Gastritis dapat disebabkan oleh faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Kapulaga mampu memberikan efek dingin pada perut yang bermanfaat untuk meredakan gastritis.

  1. Mencegah Osteoporosis

Adanya kandungan kalsium, vitamin D, vitamin C dan mangan pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.

  1. Meredakan Sakit Otot

Kapulaga merupakan analgesik yang dapat meredakan nyeri otot dan kejang. Nyeri otot biasanya terjadi karena terlalu banyak melakukan kegiatan, cedera ketika olahraga atau terlalu banyak bekerja. Nyeri otot dapat dirasakan di bagian manapun karena hampir semua bagian dari tubuh memiliki jaringan otot.

  1. Kesehatan Ginjal

Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan khasiat kapulaga sebagai diuretik yang dapat membantu melindungi ginjal dari berbagai penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga berguna untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran kemih.

  1. Mencegah Kanker

Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua phytochemical dapat membantu mencegah kanker yang berhubungan dengan respon hormon seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang memberikan perlindungan dari efek radikal bebas yang bisa memicu kanker.

  1. Mengobati Flu Dan Batuk

Kapulaga juga dapat membantu mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma dengan memberikan efek menenangkan dan hangat serta membantu mengencerkan lendir sehingga dapat mengurangi penyumbatan di hidung dan tenggorokan.

Demikian kilasan singkat mengenai merawat dan memutihkan kulit wajah dengan memanfaatkan bahan alami kapulaga, dan juga manfaat lain untuk kesehatan barangkali Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai salah satu treatment/ perawatan wajah Anda, meskipun buah yang satu ini terbilang sulit ditemukan dibeberapa tempat. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita