Rempah yang juga dikenal dengan nama kayu manis atau Cinnamomum burnamannii merupakan salah satu bumbu rempah yang populer digunakan dalam memasak sejak ribuan tahun yang lalu. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis. Biasanya, kayu manis digunakan untuk membuat makanan yang manis. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata juga mengandung berbagai senyawa kimia seperti minyak atsiri eugenol, safrole, juga kandungan sinamaldehyde, dan tannin. Dengan adanya kandungan senyawa-senyawa yang terkandung dalam kayu manis, hal ini membuat kayu manis memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan:

  1. Obat Serbaguna

Kayu manis dapat dijadikan sebagai obat serbaguna, diantaranya adalah untuk pengawet makanan yang alami, kayu manis juga mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kayu manis sngat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

  1. Mengontrol Gula Darah

Tingkat gula darah dapat di kontrol dengan bantuan kayu manis, karena kayu manis mengandung antioksidan di dalamnya. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

  1. Anti Infeksi

Komponen anti infeksi natural terdapat dalam kayu manis. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Sudah tidak di ragukan lagi kalau bau kayu manis sangatlah khas. Namun perlu diketahui ternyata dengan mencium bau kayu manis ternyata bermanfaat. Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

  1. Penyembuhan Luka

Kayu manis dengan kandungan Cinnamaldehid dengan peran yang sangat penting dalam mengobati berbagai macam luka-luka dengan cara mencegah pembekuan trombosit sebagai penyebab terhentinya aliran darah.

  1. Menghangatkan

Seperti di ketahui bersama bahwa kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis dapat menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

  1. Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat kayu manis terkhusus bagi wanita dan sebagian pria tentu menjadi hal yang menarik, karena ternyata kayu manis berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat kayu manis untuk kulit dapat terjadi karena kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki kerusakan organ dan menjaga kulit.

  1. Meringankan sakit pada penderita rematik

Ternyata kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kayu manis yang mampu meningkatkan sirkulasi darah tentulah dapat mencegah penuaan dini sehingga wajah atau bentuk tubuh atau kulit terasa kencang dan lebih muda, hal ini karena senyawa caumarin yang memiliki sifat pengencer darah.

Beberapa manfaat dari kayu manis telah di ketahui bersama, banyak manfaat yang didapat dari konsumsi kayu manis, namun perlu di ketahui bahwa dalam pemanfaatannya, kayu manis dapat mengiritasi mulut, bibir dan menyebabkan luka. Maka dalam harus sesuai aturan yang benar dan tidak sembarangan dalam mengkonsumsi/ pemanfaatannya. Demikian lah yang dapat kami bagi untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

 

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-