Mentimun, timun, atau ketimun dan dalam bahasa ilimiahnya disebut Cucumis sativus L. termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya dapat dimakan dan sering dijadikan sebagai pendamping makanan atau lalapan sebagai sayuran penyegar. Buahnya memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit atau bunga banci. Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Tumbuhan ini dapat menghasilkan 20 buah dalam satu pohon, namun petani biasa membatasi jumlah buahnya agar menghasilkan ukuran buah yang lebih baik.

Warna dari buah mentimun berwarna hijau, ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Klasifikasi ilmiah mentimun:

Kerajaan          : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Cucurbitales

Famili              : Cucurbitaceae

Genus              : Cucumis

Spesies            : C. sativus

Salah satu manfaat mentimun adalah sebagai makanan untuk melepas dahaga, yaitu nikmat dimakan saat cuaca dalam keadaan terik. Mentimun yang renyah ini mengandung banyak air dan elektrolit, baik untuk mengganti cairan tubuh akibat dehidrasi. Selain itu masih banyak manfaat lain dari mentimun, diantaranya :

  1. Mengontrol tekanan darah tinggi

Bagi Sobat yang mengalami tekanan darah tinggi dapat mencoba mengkonsumsi jus mentimun atau mengkonsumsi mentimun langsung. Kandungan kalium, magnesium dan serat alami yang terdapat pada mentimun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada mentimun terbukti dapat memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas atau konstipasi (kondisi susah buang air besar).

  1. Kesehatan ginjal

Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi Sobat yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi mentimun. Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh & mencegah dehidrasi

Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit baik karena perubahan cuaca atau lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Mencegah kanker

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya? Simak Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan mata

Mungkin Sobat hanya mengetahui kalau wortel lah makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ternyata mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Pengaplikasian masker mentimun pada kulit wajah sudah dipercaya sejak lama memberikan efek baik pada kulit. Bukan hanya dagingnya, bahkan biji mentimun mengandung vitamin E dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, diantaranya:

  • Revitalisasi kulit. Menggunakan masker mentimun secara rutin dapat membuat kulit wajah lebih kencang.
  • Mengurangi bintik hitam atau noda pada wajah.
  • Mengurangi garis halus dan keriput pada wajah.

Demikianlah manfaat mentimun yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini.  Konsumsilah secara teratur mentimun yang nyatanya sangat banyak khasiatnya. Semoga artikel ini dapat memberi tambahan pengetahuan dan manfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-