Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat sendiri memiliki siklus hidup yang singkat dan memiliki tinggi antara 1 hingga 3 meter. Tomat sendiri memiliki khasiat antara lain mencegah kanker, karena tomat pada warna merahnya banyak mengandung Lycopene..

Namun di Indonesia sendiri produksinya dari segi kualitas maupun kuantitasnya sendiri masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh keadaan tanah pada lahan yang ditanami, sistem pemupukan yang tidak seimbang, gangguan hama dan patogen, teknis budidaya oleh petani, serta pengaruh iklim dan cuaca pada tanaman tomat. Salah satu syarat ideal dari tumbuh kembang tomat yakni curah hujan 750-1250 mm/tahun dan kelembaban relatifnya  +/- 25 %.

Tomat yang berukuran besar, berdaging tebal, berbiji sedikit, dan berwarna merah disebut tomat buah. Tomat yang berukuran kecil dikenal sebagai tomat sayur dan yang lebih kecil lagi sebesar kelereng disebut tomat chery dan digunakan untuk campuran membuat sambal atau hidangan selada. Jika orang menyebut tomat, asumsinya adalah buah untuk sayuran. Padahal sudah lama tomat menjadi buah tangan yang siap dimakan atau dibuatjus yang segar sebagai minuman. Sehingga tomat bukan lagi sebagai buah sayuran, tetapi lebih dari itu, yaitu dimakan mentah.

Klasifikasi Tanaman Tomat

Kingdom                    : Plantae

Subkingdom               : Tracheobionta

Super Divisi                : Spermatophyta

Divisi                          : Magnoliophyta

Kelas                          : Magnoliopsida

Sub Kelas                   : Asteridae

Ordo                           : Solanales

Famili                         : Solanaceae

Genus                         : Solanum

Spesies                        : Solanum lycopersicum L

Tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah meriah dalam hal harganya dipasaran. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada di dapur ataupun kulkas anda. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Berdasarkan faktanya, buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Berdasarkan berbagai kandungan nutrisinya, tips kesehatan akan mengupas berbagai manfaat tomat bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan.

Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut.

  1. Melindungi Kulit Wajah dan Kulit Tubuh.

Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.

  1. Memperkuat Tulang Pada Tubuh.

Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis.

  1. Pencegah Kanker Yang Lebih Efektif.

Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.Karena kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker tersebut.

  1. Pencegah Diabetes Secara Alami.

Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda.

  1. Menajamkan Penglihatan Anda.

Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya.

  1. Memperkuat dan Memperindah Mahkota Kepala Anda.

Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Tomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet, yang dibuat dengan rencana olahraga yang juga harus dilakukan. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).

Begitu banyak manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi buah tomat, ada baiknya  konsumsi secara teratur karena mengingat banyaknya manfaat dari buah tomat. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini mengenai manfaat buah tomat. Semoga artikel ini dapat memberi tambahan pengetahuan & memberi manfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita