Siapa yang tak kenal sotong, sotong sendiri adalah hewan laut dari ordo Sepiida. Mereka termasuk kelas Cephalopoda, yang juga di dalamnya termasuk cumi-cumi, octopodes, dan nautiluses. Sotong memiliki cangkang internal yang unik, atau cuttlebone, dan oleh karena itu sotong juga sering disebut sebagai cuttlefish. Tetapi, walaupun namanya ikan, sotong bukanlah ikan melainkan moluska. Sotong memiliki delapan lengan, dan dua tentakel yang dilengkapi dengan pengisap untuk menangkap mangsanya. Mereka umumnya mempunyai ukuran antara 15-25 cm, dengan spesies terbesar, Apama Sepia, yang mencapai 50 cm dengan berat lebih dari 10,5 kg.

Sotong adalah predator bagi moluska-moluska kecil, kepiting, udang, ikan, octopodes, worm, dan cumi-cumi lainnya. Dan yang termasuk predator mereka, adalah lumba-lumba, hiu, ikan, anjing laut, burung laut, dan cumi-cumi lainnya. Daya hidup rata-rata cumi-cumi adalah sekitar satu sampai dua tahun. Menurut studi terbaru menunjukkan, bahwa cumi-cumi adalah salah satu invertebrata paling cerdas. Sotong juga salah satu hewan laut, yang memiliki  otak terbesar dengan rasio ukuran semua invertebrata. Sotong, seperti halnya cephalopoda yang  lainnya, memiliki mata yang juga canggih. The organogenesis dan struktur akhir dari mata cephalopoda pada dasarnya berbeda dari vertebrata seperti manusia.  kesamaan superfisial antara cephalopoda dan mata vertebrata dianggap contoh evolusi konvergen.

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari sotong :

Kerajaan          : Animalia

Filum               : Mollusca

Kelas               : Cephalopoda

Upakelas         : Coleoidea

Superordo       : Decapodiformes

Ordo                : Sepiida

Gambaran umum sotong:

  • Tubuhnya memanjang & agak pipih.
  • Memiliki 8 lengan & 2 tentakel panjang.
  • Memiliki sepasang sirip dari bagian leher hingga ujung ekornya.
  • Bergerak dengan cara berenang.
  • Makan dengan cara mencabik & menelan potongan daging mangsanya.
  • Bisa mengubah warna & tekstur kulitnya.
  • Memiliki cangkang dalam berbentuk pipih seperti perisai.

Sama sepertu cumi – cumi, sotong juga merupakan jenis hewan yang mengeluarkan cairan berupa tinta yang berwarna pekat untuk melindungi dirinya. Tinta akan keluar dari tubuhnya, ketika sotong merasa terancam, dan akan melindungi dirinya. Ternyata, selain dimanfaatkan untuk melindungi diri sotong dari ancaman predator dan juga musuhnya, tinta sotong sendiri memiliki banyak manfaaf lainnya bagi manusia. Apa saja manfaat dari tinta sotong ini? Berikut penjelasannya yang dikutip dari manfaat.co.id, beberapa manfaat dari tinta sotong diantaranya :

  1. Untuk melawan tumor ganas

Manfaat pertama dari tinta sotong adalah dapat membantu melawan pertumbuhan tumor ganas, hingga kanker. Percobaan ini sudah pernah dilakukan di daerah Jepang, yang diujicobakan pada tikus yang mengalami tumor ganas. Penyuntikan tinta sotong pada tikus dapat membantu tikus menjadi selamat dan bisa bertahan hidup dari gangguan tumir ganas yang menjangkitinya. Hal ini juga berlaku pada penyakit kanker, dimana tinta sotong dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh pasiennya, sehingga dapat mencegah munculnya efek buruk dari penyakit kanker.

  1. Sebagai pewarna hitam alami pada makanan

Manfaat lainnya dari tinta sotong adalah sebagai salah satu bahan pewarna hitam alami pada makanan. Saat ini, penggunaan bahan pewarna kimia yang cenderung berbahaya bagi kesehatan tubuh marak sekali digunakan. Bahan pewarna kimia yang biasa digunakan tersebut biasanya akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, dan dapat menyebabkan makanan yang dimakan menjadi tidak sehat.

Karena itu, kita seharusnya bisa memanfaatkan bahan makanan yang dapat menjadi pewarna alami. Salah satunya adalah tinta sotong ini. tinta sotong dapat memberikan warna hitam tanpa menggunakan campuran bahan kimia, sehingga warna hitam yang dihasilkan oleh tinta sotong sangat aman untuk dikonsumsi, apalagi dikonsumsi setiap hari.

  1. Sebagai tambahan bumbu pada masakan

Anda ingin memasak suatu makanan, namun ingin menambahkan citarasa seafood? Tidak perlu repot – repot mencai bumbu penyedapt rasa atau msg yang banyak beredar di pasaran. Anda cukup mencoba menambahkan tinta sotong pada masakan anda. penambahan tinta sotong akan membuat masakan yang anda masak memiliki cita rasa seafood yang nikmat dan juga lezat, tanpa haus menambahkan berbagai macam bumbu lainnya yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Untuk penambah cita rasa pada olahan sotong

Ketika anda ingin mengolah sotong, dan jug masakakan seafood lainnya, mungkin anda sering merasakan bahwa rasa gurih dan juga nikmat dari seafood tersebut kurang mantap dan tidak terlalu terasa. Karena itu, cobalah untuk mencampurkan tinta sotong pada masakan seafood anda. dengan mencampurkan tambahan tinta sotong, maka masakan seafood anda akan terasa lebih gurih dan juga nikmat, sehingga tidak akan terasa hambar.

  1. Sebagai pengawet makanan

Beberapa penelitian saat ini juga sudah mulai menghasilkan suatu kesimpulan, bahwa jenis tinta dari sotong dan juga tinta dari cumi – cumi memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengawetkan makanan secara alami. Jadi, bagi anda yang anti menggunakan pengawet makanan yang mungkin berbahaya dan juga dapat mengancam kesehatan anda, cobalah untuk menggunakan tinta sotong sebagai pengawet alami pada bahan makanan anda semua.

  1. Anti bakteri

Ternyata, tinta sotong juga memiliki khasiat dan juga manfaat penting lainnya bagi tubuh. ya, tinta sotong mampu menjadi salah satu anti bakteri di dalam tubuh. dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinta sotong, maka tinta sotong akan membantu menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita, karena dapat mencegah kit amengalmai berbagai macam gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh bakteri, seperti penyakit batuk, influenza, serta penyakit lainnya, seperti infeksi dan lain – lain.

  1. Meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh

Dengan fungsinya sebagai anti bakteri, maka tinta sotong jga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Ya, dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinta sotong, maka daya tahan tubuh alias imunitas tubuh kita akan meningkat. Dengan imunitas dan juga daya tahan tubu yang meningkat, maka sudah pasti kita akan menjadi lebih sehat dan juga dapat terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Perlu diketahui, untuk mengolah sotong atau cumi – cumi yang benar, maka disarankan untuk tidak membuang bagian tintanya. Jadi masaklah sotong bersama dengan tintanya, karena tinta dari sotong akan membantu meningkatkan cita rasa, dan juga dapat memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda semua. Itulah beberapa manfaat tinta sotong yang dapat di bagi pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan yang baru tentang tinta sotong. Terima kasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-