Ikan keting adalah sejenis ikan catfish yang biasanya hidup di sungai, muara dan pinggiran laut. Ikan ini memiliki ciri-ciri berupa 3 buah patil (sengat), memiliki kumis, berkulit halus tanpa sisik dan licin. Ikan ini mirip seperti ikan sembilang tapi biasanya ikan keting ukurannya lebih kecil dibanding ikan sembilang. Ikan keting juga mempunyai ekor yang bercabang dua.

Ikan keting biasanya sangat dibenci oleh para mancing mania terutama yang sedang berburu ikan kakap putih/barramundi. Ikan keting selalu memakan umpan yang sebenarnya dikhususkan untuk berburu kakap putih. Namun ada juga para mancing mania yang sengaja berburu ikan keting karena ikan ini sensasi strike cukup lumayan walaupun sangat jauh dibanding dengan sensasi strike ikan yang lain. Rata-rata mancing mania yang berburu ikan keting hanya mengejar omset saja daripada tidak dapat ikan sama sekali. Cukup hanya menggunakan alat pancing yang sederhana saja ikan keting sangat mudah dipancing.

Beberapa Manfaat Ikan Keting

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Limbik

Sistem limbik merupakan bagian otak yang berhubungan dengan alam sadar manusia. Pusat emosi, pusatnya data, haus, lapar, dorongan seks, dan masih banyak lagi. Supaya terjaga kesehatannya anda perlu mengonsumsi ikan keting.

  1. Mencegah Presbiopi

Mengonsumsi ikan keting secara rutin dapat mencegah presbiopi, yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dekat ataupun benda jauh. Pada umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut.

  1. Mengobati Belekan

Belekan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan mata mengeluarkan kotoran yang cukup banyak dan sulit berhenti. Selain itu, bulu mata akan menempel dan sulit untuk di buka karena adanya tahi mata yang terlalu banyak.Mengonsumsi ikan keting dapat bermanfaat membantu mengobati belekan.

  1. Manfaat Ikan Keting dapat Mencegah Maag

Penyebab seseorang terkena maag itu diakibatkan sering mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan sawi. Dan juga bisa disebabkan banyak minum kopi, alkohol, dan soda. Selain itu juga dapat karena faktor stres, merokok, dan konsumsi obat-obat penghilang rasa sakit termasuk obat rematik. Untuk mencegahnya cobalah khasiat ikan keting ini.

  1. Mencegah Batu Empedu

Salah satu manfaat ikan keting yaitu dapat mencegah batu empedu, yang biasanya disebabkan oleh makanan berlemak atau terlalu tinggi. Sehingga endapan kolesterol, bilirubin, atau garam kalsium lainnya yang terbentuk di kantung empedu atau di dekat saluran empedu. Penderita penyakit tersebut biasanya merasakan nyeri ulu hati yang hilang timbul.

  1. Membantu Penyembuhan Demam Viral

Khasiat dari ikan keting dapat membantu penyembuhan demam viral, yang muncul akibat dari infeksi virus. Pada umumnya terjadi dalam waktu 9 hari, selain itu biasanya disertai dengan infeksi yang terjadi pada tenggorokan.

  1. Mengurangi Gejala Typus

Ikan keting bisa mengurangi gejala typus, yang biasanya mengalami demam yang diakibatkan oleh adanya infeksi yang terjadi didalam perut, bisa membuat seseorang terkena demam yang tinggi, selain itu ditambah dengan munculnya sakit kepala dan diare yang cukup parah.

  1. Mengobati Meningitis

Penyakit meningitis merupakan radang pada bagian otak yang bisa berpengaruh pada jaringan yang ada pada sistem otak dan juga sistem saraf. Selain itu juga bisa menyebabkan demam, mengalami sakit kepala dan juga kejang. Namun jangan khawatir ikan keting dapat digunakan sebagai solusinya.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan keting. Seseorang yang menderita penyakit ini akan merasakan demam namun tidak tinggi, dan dibarengi dengan rasa nyeri pada bagian perut bawah seperti terbakar ketika anda buang air kecil

  1. Mengandung Vitamin E

Vitamin E atau nama lainya biasa disebut dengan tecopherols merupakan vitamin yang memiliki manfaat menjaga kesehatan kulit dan mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh. Apabila kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kemandulan. Jadi, konsumsilah makanan berbahan dasar ikan keting agar tubuh anda tetap subur dan terhindar dari kemandulan.

10 Manfaat Ikan Keting yang Lainnya:

  1. Mengandung Omega 3
  2. Mengandung Zat Besi
  3. Membantu Meregenerasi Sel
  4. Mencegah Stroke
  5. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  6. Membangun Otot
  7. Menambah Energi
  8. Mengandung Vitamin A
  9. Mengandung Vitamin D
  10. Mengandung Kalsium

Banyak sekali bukan manfaat dari ikan keting? Siapa sangka ikan keting nyatanya sangat baik bagi kita. Ada baiknya sesekali kita juga untuk mengkonsumsi ikan keting yang kaya manfaat tersebut. Demikianlah beberapa ulasan mengenai ikan keting, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasaih.

-Klinikita Berbagi Senang dan Sehat di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita