Ikan tenggiri adalah jenis ikan yang memiliki tubuh yang panjang, warna dari badannya adalah abu-abu mengkilat, tidak memiliki sisik, dan bertubuh besar. Biasanya ikan tenggiri memiliki panjang hingga 220 cm. Ikan tenggiri ini memiliki moncong yang runcing, mulut lebar serta gigi-gigi yang tajam. Ikan tenggiri memiliki tekstur daging yang banyak seratnya sehingga sering kali orang mengolahnya dengan cara membuat fillet. Duri dari ikan tenggiri tergolong mudah dilepaskan namun harus hati-hati karena durinya berukuran besar sehingga bisa melukai tangan Anda jika tidak berhati-hati. Ikan tenggiri merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan khas Palembang yaitu, pempek. Daging ikan tenggiri yang digunakan adalah daging yang sudah bersih dan terlepas dari durinya sehingga mudah untuk menguleninya dengan tepung sagu.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Tenggiri :

Kerajaan          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Actinopterygii

Ordo                : Perciformes

Famili              : Scombridae

Genus              : Acanthocybium

Spesies            : A. solandri

Kandungan Gizi Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri baik untuk dikonsumsi karena dipercaya mampu mengobati penyakit – penyakit ringan dan mencegah penyakit berat datang jika dikonsumsi secara teratur. Ini karena ikan tenggiri memiliki kandungan berupa :

  • Energi didalam ikan tenggiri memiliki jumlah 109 kalori. Energi berguna untuk menambah stamina dalam melakukan kegiatan sehari – hari.
  • Protein berfungsi untuk pembentukkan masa otot tubuh. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Lemak dengan jumlah 2,6 gram. (Baca juga : Manfaat lemak )
  • Kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. ( Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh disegala usia)
  • Zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah yang berguna untuk mengikat oksigen didalam sel darah merah. ( Baca juga : Manfaat zat besi )
  • Vitamin A, vitamin C dan vitamin B1.

Dari kandungan nutrisi tersebut, terdapat manfaat yang besar bagi tubuh. Penasaran dengan manfaat dari ikan tenggiri, berikut diantaranya :

  1. Menurunkan resiko kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ikan tenggiri memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan menyehatkan jantung. Oleh sebab itu, bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi sangat cocok mengkonsumsi ikan tenggiri.

  1. Mencegah anemia

Siapa yang tidak kenal dengan anemia? Anemia merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah pada tubuh seseorang berkurang dalam jumlah tertentu. Masalah anemia dapat disebabkan karena kurang mengkonsusmi makanan bergizi. Salah satu mineral yang membentuk sel darah merah adalah zat besi. Kandungan zat besi yang terdapat pada ikan tenggiri ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati anemia.

  1. Menurunkan depersi

Manfaat yang ketiga dari ikan tenggiri ini adalah untuk menurunkan depresi. Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan stres yang cukup parah. Nah, pada ikan tenggiri terdapat kandungan nutrisi yang dapat menurunkan seseorang dari depresi. Jadi tunggu apa lagi, segera konsumsi berbagai macam masakan yang berbahan daging ikan tenggiri.

  1. Menutrisikan otak

Ikan tenggiri juga dipercaya dapat menutrisikan otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan tersebut. Mengkonsumsi ikan tenggiri sangat dianjurkan pada usia anak-anak. Dikarenakan pada masa pertumbuhan anak-anak lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi. Sehingga dengan asupan omega 3 ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel syaraf otak. Selain itu, orang dewasa yang mengkonsumsi setidaknya 2 ekor ikan tenggiri setiap minggunya dapat menurunkan resiko kepikunan.

  1. Menutrisikan janin

Pada ikan tenggiri juga terdapat kandungan AA dan DHA yang sangat baik bagi perkembangan janin. Kandungan tersebut dapat memperkuat organ tubuh maupun otak janin didalam kandungan. Dengan asupan AA dan DHA yang tepat, maka dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat.

  1. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat berikutnya dari ikan tenggiri adalah untuk menyembuhkan penyakit kulit. Yang bermanfaat yaitu siripnya. Sirip ikan ini dapat mengatasi penyakit kulit seperti eksim, kudis, panu, luka bernanah dan sebagainya. Caranya cukup mudah. Rebus sirip ikan tersebut dalam 2 gelas. Setelah matang, minumlah dalam keadaan hangat.

  1. Meredakan gangguan saluran urine

Untuk mempertahankan kandungan gizi ikan tetap terjaga usahakan mengkonsumsi ikan dalam kondisi masih segar. Selain harus dalam keadaan segar, jeroan juga wajib dalam keadaan utuh. Hati ikan tengiri diyakini berkhasiat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita usia 20-45 tahun. Untuk manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan mentah-mentah.

Demikian kandungan gizi dan manfaat ikan tenggiri yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan bagi Anda. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita