Buah Duku atau dalam bahasa latinnya Lansium Domesticum merupakan jenis buah yang masih satu keluarga Dengan suku Meliaceae ini memiliki ciri yang khas yaitu bentuknya yang kecil dan bulat. Buah Duku juga masih diklasifikasikan Dalam beberapa jenis. Mungkin bagi sebagaian orang masih belum mengetahui variasi-variasi dari buah duku. Pernah dengan Buah Langsat ? Ya buah ini sekilas mirip duku dan memang merupakan varietas lain dari duku. Hanya saja buah Langsat identik dengan rasanya yang mas tak seperti buah duku umumnya yang manis.

Buah ini memang memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi kita. Hanya saja, masih belum banyak orang yang mengetahui memanfaatkan buah duku. Diperkirakan setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7 kkal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Sementara untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Usut punya usut, duku juga mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan. Berkat adanya kandungan lanzones pada duku, sehingga dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja. Oleh karenanya, jika anda mencari informasi seputar manfaat buah duku sebaiknya jangan ragu-ragu untuk membaca artikel singkat yang memberikan pengetahuan tentang manfaat dari buah duku. UDuku merupakan buah asli Indonesia yag sudah terkenal di mancanegara. Selain rasanya yang manis, kandungan nutrisinya juga banyak. Tak heran dukuh dipercaya sebagai buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat duku bagi kesehatan.

  1. Kaya Vitamin A

Duku meruakan buah yang kaya akan vitamin A. Fungsi vitamin ini sudah jelas sebagai penjaga kesehatan mata, agar panca indera yang satu itu dapat berfungsi dengan baik. Vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak, meliputi retinol dan karotenoid. Karoten dalam buah duku merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

  1. Kaya Vitamin B

Selain vitamin A, buah duku juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin B. Antara lain vitamin B1 (Thiamin) dan vitamin B2 (Riboflavin). Fungsi Thiamin dalam tubuh adalah membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah. Sedangkan fungsi Riboflavin lebih kepada membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

  1. Kaya Serat

Serat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh karena fungsinya yang sangat baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram buah duku terkandung kurang lebih 2 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan harian tubuh wanita dewasa akan serat sebanyak 8-11 persen. Sedangkan untuk kategori pria dewasa, kebutuhan serat yang terpenuhi adalah 6-8 persen. Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga tubuh dari serangan jantung dan juga mengatasi sembelit.

  1. Sumber Antioksidan

Buah duku merupakan sumber antioksidan alami, sejenis polifenol yang bermanfaat bagi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Food Chemistry pada tahun 2006 menunjukkan bahwa antioksidan buah duku sama dengan yang terdapat pada buah tropis lainnya yang lebih terkenal, seperti pepaya dan pisang.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti yang sudah diejlaskan sebelumnya bahwa buah duku ini memiliki kandungan serat cukup tinggi, yaitu 2 gram per 100 gram buah. Karena kandungan seratnya tersebut, sangat layak jika buah manis ini dijadikan obat untuk melancarkan pencernaan.

  1. Mengendalikan kolesterol

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa seperti jantung koroner dan stroke. Terlebih lagi jika kolesterol sudah menyumbat pembuluh darah. Bahkan kolesterol mempunyai korelasi dengan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah langsat ini dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu.

  1. Membantu program diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi duku bisa jadi sangat membantu. Manfaat buah duku untuk diet ini didapat karena kemampuannya dalam mengarahkan Carnitine sebagai pembakar lemak.

  1. Menjaga kesehatan gusi

Kekurangan vitamin C dapat menjadi penyebab gingivitis alias gsi bengkak dan berdarah. Karena itu hendaklah kita mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Dalam buah duku, kandungan vitamin C-nya cukup banyak. Namun, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian harus ditunjang dengan maknan lain seperti sayuran dan buah-buahan lain yang kaya kandungan vitamin C.

  1. Mempercepat pemulihan

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan termasuk Duku, ternyata mampu mempercepat proses pemulihan bagi yang sedang sakit. Ini dikarenakan vitamin C merupakan antioksidan aktif yang dapat memulihkan kembali fungsi tubuh. Namun, duku bukanlah buah terbaik untuk masalah ini. Jika memang dalam proses pemulihan, saya sarankan unuk mengkonsumsi jeruk, pepaya, apel atau pisang.

  1. Menjaga kekuatan gigi

Gigi yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah makanan ternyata juga perlu makan. Makanan terbaik untuk gigi adalah kalsium dan fosfor. Nah, buah pisitan, kokosan dan langsat ini memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi sehingga mampu melindungi gigi dan memperkuatnya.

Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, ada baiaknya konsumsilah buah – buahan yang bisa bermanfaat bagi tubuh kita. Semoga artikel mengenai manfaat buah duku diatas ini dapat menambah tambahan informasi bagi Anda dan bisa bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita