Nama latin ikan mujair ialah Oreochromis mossambicus. Ikan mujair adalah ikan air tawar yang berasal dari Afrika Selatan dan pertama kali ditemukan di Indonesia oleh Pak Mujair. Ikan mujair berkerabat dekat dengan saudara mereka yang lebih populer, ikan nila. Bersama ikan manfish/angelfish, ikan discus, ikan lohan dan ikan oscar, ikan mujair dan ikan nila tergabung dalam keluarga Cichlid.

Ikan mujair hidup secara berkelompok. Tempat hidup ideal untuk ikan mujair adalah di perairan tenang seperti bendungan, sungai dan danau air tawar. Meskipun ikan mujair dapat dipelihara di dalam akuarium, mereka tidak akan tumbuh secepat ikan mujair yang dibesarkan di kolam atau alam terbuka. Di beberapa daerah, bibit ikan mujair ditebarkan di sawah pada musim tanam. Bibit ikan mujair akan tumbuh hingga ukuran konsumsi (12-15 cm) bersamaan saat padi siap panen.

Ikan mujair adalah spesies yang bandel (dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak ideal). Ikan mujair memiliki toleransi tinggi terhadap kadar garam dalam air (salinitas), sehingga masih dapat bertahan hidup di air payau. Mereka juga dapat hidup di air dengan kandungan amonia di atas rata-rata ataupun dengan kandungan oksigen terbatas.

Meski memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, namun banyak kontroversi mengenai pemanfaatan ikan mujair ini. Bahwa ikan mujair di habitat aslinya merupakan ikan pembersih bahan berbahaya detritus dan berbahaya bagi lingkungan. Kemampuan ikan mujair dipercaya dapat memurnikan air dari pencemaran lingkungan yang mengandung racun. Maka dari itu hendaknya memilih konsumsi ikan mujair dari tambak ikan, daripada dari sungai yang mungkin saja tercemar limbah berbahaya.

Sebenarnya ikan mujair ataupun ikan nila sangat bermanfaat untuk mengurangi sisa sia racun ataupun polusi diair. Karena ikan mujair ini membersihkan zat zat racun didalam air. Hal ini juga membuat kita harus berhati hati saat hendak mengkonsumsi ikan mujair.

Zat zat racun yang deserap oleh ikan mujair tentu sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan jika sampai kita konsumsi. Oleh sebab itu, jika ingin mengkonsumsi ikan mujair, alangka baiknya kita mengenali jenis perairan tempat budidaya ikan mujair.

Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mianeral uyang paling banyak ditemukan didalam ikan mujair adalah kandungan fosfornya. Fosfor ini merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Fosfor ini sangat efektif sekali untuk mencegah osteoporosis pada tulang karena mencegah penurunan kepadatan tulang. Selain menjaga kesehatan tulang, mineral ini menjaga agar kuku dan gigi teap sehat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sama seperti ikan nila, ikan mujair juga mengandung omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 3 ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem peredaran darah kita.

Omega 3 ini juga membantu mencegah terjadinya ateroskerosis, serangan jantung dan juga stroke. Kalium yang juga ditemukan dalam ikan mujair ini juga bermanfaat sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah dan juga bermanfaat sekali dalam menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah penuaan dini

Ikan mujair mengandung selenium yang mana berfungsi untuk meremajakan vitamin A dan C. Yang mana kedua vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan dan keremajaaan kulit.

  1. Mencegah kanker prostat

Seperti yang sudah diketahui, ikan mujair ini mengandung selenium yang berfungsi sebagai antioksidan alami tubuh. Selenium ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat menghambat proses regenerasi sel sel yag tidak normal.

  1. Menjaga kesehatan otak

Ikan mujair ini juga mengandung omega 3 dan kalium. Yang mana omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. kalium berfungsi meningkatkan oksigenasi ke otak dan juga menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid

manfaat ikan mujair4537Keuntungan lain dari kandungan selenium yang dimiliki ikan mujair adalah melindungi tubuh dari racun dan benda asing lain yang merusak kesehatan.Selenium ini juga bermanfaat mengontrol sel sel darah putih yang mana sel darah putih ini merupakan salah satu jenis imunitas kita.

Sel darah putih bermanfaat untuk melawan kuman. Selenium ini juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam regulasi kelenjar tiroid.

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Manfaat ikan muajir berikutnya adalah untuk membangun tubuh. Ikan mujair juga mengandung protein, yang mana protein ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan membantu pertumbuhan otot.

  1. Membantu progam diet

Ikan mujair ini kaya akan manfaat protein, tapi disamping itu ikan mujair termasuk salah satu jenis ikan yang rendah kalori. Karena kandungan kalorinya yang rendah ini, ikan mujair sangat cocok untuk menu buat sobat yang sedang melakukan progam diet

  1. Sebagai lahan bisnis

Seperti yang sudah kita singgung diatas, ikan mujair merupaka salah satu jenis ikan yang dapat hidup dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Oleh sebab itu, ikan mujair ini sangat berpotensi sekali untuk dikembangbiakan.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan air

Ikan mujair seperti yang sudah kita ketahui, mereka membersihkan racun racun yang ada pada ekosistemnya. Hal ini tentu sangat baik sekali untuk kebersihan dan kesehatan ekosistem tersebut.

Demikian manfaat ikan mujair yang dapat kita bagi pada kesempatan kali ini. Manfaatkan dan konsumsi ikan khususnya ikan mujair yang telah jelas kita ketahui manfaatnya seperti di atas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-