Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa itu Ranti. Ranti disebut juga leunca merupakan tumbuhan anggota suku terung-terungan. Ternyata buah dari tanaman ini bermanfaat sebagai sayuran dan juga pengobatan. Tanaman dengan buah berwarna ungu ini dalam bahasa inggris disebut sebagai black nightshade. Kandungan dalam buah ranti snagat besar, antara lain : kalsium, Vitamin A, Vitamin C, zat besi, fosfor, glikoalkaloid solanin, solasodin, solasonin, solamargin, solanidin, atropin, saponin, diosgenin, tigogenin, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat daun ranti

Daun ranti bisa dimanfaatkan sebagai sayuran dan pengobatan. Daun ranti memiliki efek menenangkan, diuretic (pelancar air seni), dan ekspektoran (pengencer dahak).

Buah ranti matang memiliki rasa manis, dan khasiatnya bagi kesehatan sangatlah besar, yakni : bersifat tonic, diuretic, anti bakteri, anti kanker, analgesic, dan antiradang.

Kandungan tersebut membuat ranti banyak dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit, antara lain : mengatasi bengkak, kanker payudara, lambung, leher rahim,melancarkan darah, pereda batuk, peluruh demam,  dan gangguan saluran pernapasan.

Nama buah ranti juga dikenal dengan buah leunca. Buah ini lebih banyak digunakan sebagai olahan dalam pembuatan sayuran. Itulah kenapa mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengenal jenis buah yang satu ini. Pohon ranti banyak tumbuh di kawasan Asia, terutama Asia Barat. Saat ini, pohon buahnya sudah bisa Anda temukan di banyak daerah karena kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai daerah dengan iklim atau cuaca apapun.

Buah ranti bentuknya bulat dengan warna hitam yang pekat. Sekilas buah ini tampa terlihat seperti buah manggis. Jumlah biji di dalam buahnya cukup banyak dengan rasa yang tidak terlalu manis dan cenderung asam. Buah ranti memiliki banyak kandungan gizi, yaitu vitamin C, vitamin A, besi, fosfor, kalsium, lemak, saponin, dna juga atropine. Semua kandungan tersebut bisa Anda jadikan buah yang bergizi dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda dari penyakit.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat buah ranti, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya:

  1. Mencegah kanker

Khasiat ranti yang pertama yaitu mencegah penyakit kanker. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mencegah timbulnya sel kanker di dalam sel-sel tubuh Anda.

  1. Pereda rasa sakit

Khasiat ranti juga baik untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Buah ini mengandung banyak senyawa yang berkhasiat dalan mengatasi rasa sakit akibat radang atau pembengkakan. Ranti juga bisa disebut dengan buah anti inflamasi.

  1. Mencegah peradangan

Khasiat ranti yang berikutnya yaitu mencegah peradangan. Buah unik ini akan meredakan beberapa jenis peradangan di tubuh Anda, seperto radang tenggorokan dan radang mulut. Ada baiknya Anda mengonsumsi buah ini sampai radang Anda reda.

  1. Anti bakteri

Khasiat ranti juga bagus sebagai obat yang ampuh untuk mencegah berbagai jenis bakteri penyebab penyakit. Buah yang satu ini bisa melindungi tubuh Anda dari kuman serta bakteri berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

  1. Obat bisul

Khasiat ranti untuk obat oles pada kulit adalah mengobati bisul. Anda bisa menggunakan buah ini beserta daunnya untuk dijadikan obat herbal pada kulit yang terkena bisul. Sebisa mungkin gunakan manfaat buah ini sampai bisul Anda sembuh.

  1. Mengatasi penyakit herpes

Penyakit yang bisa diatasi dengan buah ranti adalah herpes. Kandungan senyawa di dalam buah unik ini ampuh untuk mencegah timbulnya gejala penyakit herpes. Tubuh Anda pun akan semakin kuat dalam melawan tanda-tanda herpes.

  1. Mencegah sariawan

Vitamin C dalam buah ranti adalah vitamin yang dibutuhkan oleh mulut Anda untuk mencegah sariawan. Buah yang satu ini akan menjadi buah bernutrisi yang baik dalam mengatasi berbagai masalah infeksi mulut.

  1. Anti oksidan

Manfaat buah ranti yang tak kalah pentingnya yaitu sebagia buah yang menjadi anti oksidan alami. Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan khasiat jangka panjangnya dalam melawan radikal bebas.

  1. Menyehatkan mata

Buah ranti mengandung sejumlah vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A berfungsi sebagai vitamin yang menyehatkan mata, maka tak salah lagi jika buah yang satu ini disebut sebagai buah yang baik untuk mata Anda.

  1. Menjaga daya tahan imun tubuh

Buah ranti ampuh unyuk menjaga daya tahan imun tubuh Anda. Anda akan memiliki tubuh yang lebih kuat dan juga terjaga dari serangan penyakit. Anda juga tidak perlu mengonsumsi banyak multivitamin, cukup dengan buah ini saja.

Demikianlah yang dapat kita bagi pada kesempatan kali ini. Nyatanya buah ranti tidak hanya enak untuk di konsumsi, namun di balik itu ternyata manfaat buah ranti sangatlah banyak untuk tubuh kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita