Ikan Mujair ( Oreochromis mossambicus ) adalah salah satu ikan tawar konsumsi, ikan ini berasal dari Afrika dan menyebar pertama kalinya di Indonesia yang di temukan oleh Pak Mujair tahun 1939 di Jawa Timur. Ikan ini masih berfamily dengan ikan nila dan bentuknya pun hampir menyerupai ikan nila. Ikan mujair ini dapat di budidaya dengan mudah, budidaya ikan mujair ini tidaklah lama karena pertumbuhan ikan mujair ini sangat cepat dan mudah beradaptasi. Namun, untuk klasifikasi dan morfologi ikan mujair ini antara lainnya.

Klasifikasi Ikan Mujair:

Kingdom : Animalia

Filum      : Chordata

Kelas       : Actinopterygii

Ordo       : Perciformes

Famili     : Cichlidae

Genus    : Oreochromis

Ikan muajair selain mempunyai rasa yang enak dan lezat juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap dan banyak. Ikan ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam lauk yang tentu digeamri keluarga. Tidak hanya menjadi lauk yang lezat, ikan mujair ini juga sangat bermanfaat sekali untuk ibu hamil. Kandungan gizinya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Ikan mujair ini hampir sama dengan ikan nila. Tidak hanya bentuk fisiknya, tapi manfaat ikan mujair ini juga tidak kalah dari ikan nila. Ikan mujair ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah sekali beradaptasi. Selain mudah beradaptasi, perkembangbiakan ikan mujair ini sagat pesat sekali. Karena hal ini, banyak sekali petani yang menganggap ikan mujair sebagai salah satu jenis ikan yang sangat mengganggu dan sering dianggap sebagi hama.

Sebenarnya ikan mujair sangat bermanfaat untuk mengurangi sisa sia racun ataupun polusi di air. Karena ikan mujair ini membersihkan zat zat racun didalam air. Hal ini juga membuat kita harus berhati hati saat hendak mengkonsumsi ikan mujair.

Zat zat racun yang deserap oleh ikan mujair tentu sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan jika sampai kita konsumsi. Oleh sebab itu, jika ingin mengkonsumsi ikan mujair, alangka baiknya kita mengenali jenis perairan tempat budidaya ikan mujair.

Kandungan gizi yang menonjol dari ikan mujair adalah fosfornya, dalam 100 gram terdapat 200 mg fosfor.  Tentu ini sangat baik guna menunjang kesehatan tulang. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan data tentang manfaat ikan Mujair:

  1. Membantu Perkembangan Sel Otak

Semua ikan mengandung asam amino essensial yang sangat bagus untuk otak. Meskipun sudah dimasak di suhu tinggi, asam amino essensial ini tidak rusak. Fungsi asam amino essensial adalah mempercepat pertumbuhan sel dalam tubuh, terutama sel-sel otak. Seperti Ikan Mujair juga ternyata bisa membantu perkembangan sel otak.

  1. Cemilan Sehat Rendah Kalori Untuk Diet Ketat

Banyak orang yang mencari menu makanan rendah kalori karena mereka takut menjadi gemuk. Rata-rata ikan memiliki kalori yang besar di atas 200 kalori. Tapi ternyata ikan Mujair hanya mengandung 90 kalori dalam tiap 100 gram dagingnya. Ini menjadikan Mujair sebagai cemilan yang sehat untuk diet ketat.

  1. Mengandung Vitamin B-Kompleks

Vitamin B-Kompleks dianggap sebagai raja multivitamin karena efeknya sangat dasyat bagi tubuh. Vitamin B-Kompleks adalah julukan untuk kombinasi beberapa vitamin, yaitu: B1, B2, B6, dan B12. Ikan Mujair ternyata mengandung semuanya dalam kadar yang cukup untuk tubuh.

  1. Membuat Bola Mata Jadi Jernih

Kata siapa vitamin A cuma ada di dalam wortel dan tomat? Ternyata Vitamin A juga ditemukan di ikan Mujair ini. Cukup besar, yaitu: 20 UI untuk 1 ons-nya. Kalau anda banyak makan vitamin A, niscaya bola mata jadi jernih berbinar.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner bisa menyerang segala usia dari anak-anak hingga dewasa karena penyakit ini memang berhubungan dengan sirkulasi darah yang buruk. Darah yang mengandung terlalu banyak lemak jenuh (LDL) akan meninggalkan plak di sepanjang pembuluh darah, terutama pembuluh jantung. Akhirnya kinerja jantung menyempit dan merosot. Ikan Mujair bisa mencegah Jantung Koroner karena kandungan lemaknya hanya 10 gr/kg.

  1. Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tulang dan Gigi akan tumbuh maksimal bila makan banyak makanan yang mengandung kalsium dan fosfor yang cukup. Ikan Mujair kaya akan fosfor, sehingga cocok dikonsumsi oleh anda yang ingin pertumbuhan tulang dan giginya maksimal.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida dalam Darah

Trigliserida adalah zat yang mengalir dalam darah sebagaimana lemak baik HDL dan lemak jahat LDL. Zat ini baik bagi tubuh karena menjadi salah satu sumber energi. Tapi kalau kelebihan Trigliserida bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit Angina Pectoris, semacam penyakit angin duduk yang membuat dada nyeri.

  1. Mencegah Kanker

Kanker terjadi karena mutasi atau pembelahan sel yang gagal sehingga sel justru tumbuh melebihi batas normalnya. Ketika kanker menyerang sel sum-sum pembuluh darah tulang belakang, maka menyebabkan penyakit leukimia. Ketika kanker menyerang sel limfa, maka akan menyebabkan gangguan liver dan limfoma. Kanker bisa dicegah dengan menghindari paparan radiasi dan makanan penyebab kanker. Ikan Mujair cocok untuk mencegah kanker karena bisa memperbaiki fungsi sel agar tumbuh secara wajar.

  1. Memperbaiki Fungsi Tiroid

Tiroid berfungsi sebagai organ yang menunjang daya tahan tubuh dan pertumbuhan tubuh. Ketika tubuh anda memiliki kelenjar dan sel tiroid yang bagus, maka anda akan memiliki daya tahan tubuh dan pertumbuhan yang baik. Konon orang yang susah gemuk terjadi karena ia mengalami gangguan tiroid. Gangguan ini bisa dicegah dengan banyak makan Ikan Mujair.

  1. Menunjang Program Sanitasi Air

Ikan Mujair memang biasanya memilih habitat yang jernih. Namun bila Mujair tinggal di habitat kotor, dia akan mampu membersihkan kotoran-kotoran dengan tubuhnya. Biasanya dengan cara memakannya/menyerap dengan kulitnya. Maka dari itu, ikan ini cocok dijadikan agen sanitasi air, yaitu: membersihkan kotoran atau limbah dalam air. Namun bila sudah jadi agen sanitasi, sebaiknya jangan dikonsumsi karena efek toksiknya yang buruk bagi kesehatan.

Demikian beberapa manfaat yang terkandung dalam ikan mujair yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga dari apa yang kita bagi pada kesempatan kali ini bisa memberi tambahan pengetahuan baru dan bisa bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita