Temu kunci merupakan salah satu tumbuhan yang masuk dalam kategori rempah-rempah. Tumbuhan yang masih kerabat dengan temu pada umumnya ini juga memiliki khasiat yang tak kalah ampuh dari temu yang lain. Tanaman ini lebih lazim dikenal oleh para ibu rumah tangga saat memasak di dapur. Temu kunci memang banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Temu kunci yang banyak tumbuh liar di hutan jati ini pada dasarnya bisa tumbuh di sembarang tempat asal tidak tergenang air dan terkena panas langsung. Perbanyakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan penanaman rimpang yang sudah tua dan memiliki anak tunas. Selain itu dapat juga dilakukan dengan memisahkan anakan dari tumbuhan dewasa.

Temu kunci merupakan jenis tanaman herbal, ini tentunya karena khasiat dan kandungan kimia yang terdapat didalam tanaman tersebut diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita, dalam ilmu kimia temu kunci terdapat kandungan minyak asiri seperti sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin dan pati.

Ciri-ciri dari temu kunci sebenarnya sangat sederhana saja, Yaitu bentuk rimpang yang sangat berbeda dengan jenis atau keluarganya yang lain. Kalau pohonnya memang sama yaitu berbentuk terna, namun pada rimpang atau akar, perbedaan yang terlihat sangat jelas, Yaitu rimpangnya berbentuk akar tunggang namun bercabang pada bagian samping dengan pertumbuhan akar yang menjulur kebawah. Daging dari temu kunci berwarna kuning dan agak sedikit keras.

Manfaat dari tumbuhan herbal yang satu ini tidak bisa diragukan lagi. Jika Anda memiliki masalah kesehatan ataupun ingin memaksimalkan kecantikan kulit atau wajah, Anda bisa juga memanfaatkan temu kunci ini, karena rimpang yang sangat mudah untuk ditemui ini memiliki segudang kandungan yang di yakini bisa bermanfaat baik buat kesehatan, sekaligus kecantikan.

Penasaran bukan, berkenaan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas seputar manfaat temu kunci yang lebih spesifik, buat kesehatan serta untuk kecantikan kulit dan wajah. Berikut manfaat temu kunci untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

  1. Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat temu kunci untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut:

  1. Temu kunci membantu membunuh sel-sel kanker dengan bantuan zat pinostrobin yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang terkandung dalam temu kunci
  2. Temu kunci membantu mengatasi sariawan
  3. Temu kunci membantu menyembuhkan panas dalam juga
  4. Bagi yang memiliki masalah dengan pencernaan, temu kunci juga bisa membantu mengatasi sembelit juga
  5. Bagi ibu yang baru melahirkan, temu kunci juga bagus untuk mengembalikan kesehatannya
  6. Temu kunci juga bisa membantu melancarkan buang kecil
  7. Temu kunci membantu mengatasi iritasi pada kulit
  8. Temu kunci membantu mengatasi perut kembung serta masuk angin
  9. Bagi wanita, temu kunci juga bisa membantu mengatasi keputihan
  10. Bagi ibu menyusui, temu kunci juga bisa dimanfaatkan untuk merangsang ASI
  11. Bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol, temu kunci juga bisa mengurangi kadar kolesterol di dalam darah
  12. Temu kunci juga bisa membantu menyembuhkan batuk
  13. Temu kunci juga bisa membantu merangsang nafsu makan

Nah, temu kunci memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas karena didukung oleh banyaknya kandungan yang ada di dalamnya, antara lain damar, flavonoid, pati, pinostrolerin, saponin, alpinitein serta minyak atsiri yang meliputi kamfer, metil sinamat, sineol, dan hidromirsen.

  1. Manfaat Temu Kunci untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Setelah berbicara mengenai manfaat temu kunci dalam hal kesehatan, sekarang beralih ke manfaat temu kunci untuk kecantikan kulit dan wajah, yakni sebagai berikut:

  1. Jika temu kunci dicampur dengan daun sirih, menjadi ramuan yang ampuh untuk mengurangi berat badan yang kerap kali mengurangi rasa percaya diri
  2. Temu kunci bisa membantu mengencangkan kulit
  3. Temu kunci juga bisa membantu menghaluskan kulit
  4. Temu kunci bisa juga dimanfaatkan untuk menunda penuaan dini
  5. Temu kunci juga membantu untuk melangsingkan tubuh
  6. Temu kunci bisa membuat wajah tampak lebih segar karena memiliki kemampuan menambah darah

Berbagai manfaat temu kunci untuk kecantikan kulit dan wajah ini tidak terlepas dari kandungan temu kunci itu sendiri yang meliputi vitamin B12, vitamin B6, senyawa bioaktif seperti minyak esensial, candamonin, pinostrobin, 5.7-dimethoxyflavone, boesenbergin, panduratin A, 1.8-cineole dan juga antioksidan.

Begitulah berbagai manfaat temu kunci dalam hal kesehatan serta kecantikan kulit dan wajah. Anda bisa mengkonsumsi temu kunci ini sehari-hari, tetapi perlu diingat, jangan sampai melebihi 30 gram dalam 1 hari. Demikian berbagi untuk hari ini, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita