Bila Anda berusia di atas 35 tahun dan akan membeli asuransi yang bernilai pertanggungan besar, Anda mungkin disyaratkan untuk melakukan medical check up. Bila Anda bekerja di perusahaan, Anda juga mungkin mendapatkan fasilitas dari kantor untuk melakukan medical check up. Banyak perusahaan besar yang bahkan mewajibkan para eksekutifnya untuk melakukan medical check up setiap tahun. Namun, siapa pun Anda, bila Anda sudah berusia di atas 35 atau bahkan 40 tahun, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan medical check up secara rutin.

Salah satu yang di rasa penting salah satunya adalah untuk pemeriksaan cek kolesterol. Kolestrol sendiri adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, kolestrol diketahui bisa mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung, hingga stroke. Sebenarnya kolestrol merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit.

Jika Anda memiliki gangguan metabolisme kolestrol di dalam tubuh, maka Anda perlu diet, berolah raga, dan tambahan obat-obatan. Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Dokter yang baik akan memberikan obat berdasarkan faktor keamanan. Bukti klinis suatu obat juga harus menjadi bahan pertimbangan jika obat tersebut akan dikonsumsi untuk jangka panjang. Hal lain yang perlu di perhatikan oleh orang pada umumnya adalah dengan menjaganya / mengontrol, tentu saja lebih baik mengontrol dan mengendalikan kadarnya agar tetap normal. Nah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Mengetahui Kadar Kolestrol

Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolestrol total Anda di bawah 200 mg/dl, dengan kadar LDL (kolestrol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolestrol baik) berada di atas angka 40.

  1. Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Penelitian juga menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.

Meskipun Anda hanya mengkonsumsi sedikit lemak, dalam hal ini Anda perlu mengurangi sekitar 2.5 – 4.5 kilogram berat badan agar bisa memperbaiki kadar kolestrol.

  1. Aktifitas Fisik Rutin

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolah raga secara rutin. Pastikan bahwa Anda berolah raga selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu.

  1. Berkenalan Dengan Lemak Baik

Bagi penderita kolesterol tinggi pasti di sarankan untuk menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya Anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, avokad, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan.

  1. Mengonsumsi Multivitamin

Sebaiknya Anda memilih vitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Alasannya, ketiganya bermanfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Pola Makan Yang Benar

Pola makan yang sehat dan benar ternyata dapat menurunkan tingkat koleterol. Kurangilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh adalah salah satunya.

Bagi Anda yang belum tahu kadar kolesterol, ada baiknya untuk segera cek kolesterol, jadi Anda sendiri bisa tau tentang kondisi kolesterol yang ada pada tubuh Anda, jadi dengan mengetahuinya bisa menentukan pola hidup seperti apa yang harus anda jalankan, karena semua itu harus dijaga demi keberlangsungan kesehatan. Kini ada cara cek kolesterol yang hemat, Klinikita memberikan promo Paket Combo Medhical Check Up untuk Pemeriksaan Cek Kolesterol. Promo ini berlaku untuk dua orang sekaligus, jadi bagi anda yang berniat untuk cek kolesterol datanglah bersama (2 orang) untuk cek kolesterol. Untuk dua orang sekaligus hanya dikenakan biaya Rp. 35.000 untuk pemeriksaan kolesterol. Hemat bukan? Jangan ragu untuk segera datang dan melakukan cek kolesterol Anda, karena lebih cepat anda mengetahuinya akan lebih baik bagi Anda. Jangan abaikan kesehatan kita ya, selalu jaga kesehatan dan selalu pantau kesehatan kita, kalau bukan kita sendiri yang peduli siapa lagi. Kesehatan kita adalah kebahagiaan kita dan semau keluarga Anda.

-Klinikita Berbagi Senang Dan Sehat Di Tahun 2017-