Sudah tak heran lagi mengenai ramainya para pemakai behel gigi di negeri ini. Baik kecil, muda sampai tua sekarang sudah menjadi hal wajar untuk memakai behel gigi. Bahkan behel gigi sekarang sudah menjadi tren dan fashion di kalangan anak muda. Behel sendiri adalah perawatan ortodontis untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak harmonis, untuk mendapatkan hubungan gigi yang baik sehingga memperbaiki fungsi pengunyahan dan mencipta keserasian estetika wajah. behel gigi terbuat dari kawat atau kabel. Satu perangkat behel gigi terdiri dari band, bracket, bracket hook, dan archwire.

Namun Secara umum, di pandang dari segi medis, behel gigi berfungsi memperbaiki: jarak antar gigi yang terlalu renggang, masalah rahang lain yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, serta gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar (lebih ke depan atau ke belakang) dibandingkan gigi depan rahang bawah. Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat Anda bicara lebih jelas dan bisa mengunyah atau menggigit makanan lebih baik. Untuk mencapai hasil maksimal, setiap orang membutuhkan jenis behel gigi berbeda sesuai kebutuhannya.

Langkah Pemasangan behel gigi

Konsultasi dengan ortodontis merupakan langkah pertama Anda untuk menentukan apakah pemasangan behel gigi memang diperlukan. Pada anak, pemasangan behel gigi biasanya dilakukan saat gigi permanen telah muncul karena pada saat inilah kelainan susunan gigi mulai terlihat. Hal tersebut biasa terjadi saat anak berusia sekitar 6 – 12 tahun.

Setelah diputuskan bahwa behel gigi memang diperlukan, sebaiknya pemasangan behel gigi segera dilakukan sesegera mungkin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Namun, bukan berarti pemasangan behel gigi tidak bisa dilakukan pada orang dewasa karena meskipun terdapat beberapa perbedaan prosedur pemasangan behel gigi pada orang dewasa dan anak-anak, perawatan ini dapat dilakukan pada semua umur. Setelah mendapat kepastian, Anda akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan tahapan umum sebagai berikut:

– Ortodontis akan mengajukan pertanyaan seputar kesehatan Anda.

– Anda akan menjalani pemeriksaan gigi, rahang, dan mulut.

– Pemeriksaan dengan X-ray untuk menentukan posisi gigi-gigi pada rahang atas dan bawah. Pemeriksaan kepala dengan X-ray juga diperlukan untuk melihat posisi rahang dan gigi.

– Ortodontis akan meminta Anda untuk menggigit sebuah bahan yang kemudian menjadi bahan pembuatan model plester. Ini adalah cetakan bentuk rahang dan posisi gigi Anda untuk menentukan perawatan apa yang dianjurkan untuk diberikan.

– Pada kasus tertentu, pencabutan gigi mungkin diperlukan sebagai bagian dari rangkaian perawatan. Proses ini diperlukan untuk mengoreksi posisi gigi dan membuat ruang agar gigi-gigi di sekitarnya dapat tumbuh dengan baik.

– Setelah kawat terpasang, Anda  perlu memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya sebulan sekali untuk memastikan kawat terpasang dengan baik.  Di samping itu Anda juga perlu segera memeriksakan diri jika merasakan rasa sakit atau kondisi yang sangat mengganggu akibat pemakaian behel gigi. Dalam tiap pemeriksaan selanjutnya, ortodontis akan mengencangkan kawat untuk menambah tekanan pada gigi agar berubah ke posisi baru.

Waktu yang diperlukan untuk menggunakan behel gigi berbeda-beda pada setiap orang berdasarkan tingkat keparahan, kondisi gigi, dan kepatuhan pasien. Rata-rata behel gigi akan digunakan selama 1-3 tahun dan kemudian dilanjutkan dengan pemakaian retainer setiap hari selama 6 bulan. Jika setelah itu masalah gigi sudah tertangani, Anda akan disarankan untuk tetap menggunakan retainer hanya saat tidur.

Kurang lebih seperti itulah langkah pemasangan behel gigi, sementara untuk pemasangan behel gigi sendiri “Klinikita Kertajaya Surabaya” sedang memberikan promo bagi semu pasien. “Promo Layanan Gigi” telah hadir di kota Surabaya, ini merupakan promo yang di khususkan bagi Anda yang bermasalah dengan gigi. “Promo Layanan Gigi” ini meliputi beberapa jenis layanan, diantaranya :

  1. Pasang Behel ( Rahang Atas – Rahang Bawah )      mulai   Rp. 4.500.000
  2. Scalling Gigi ( Rahang Atas – Rahang Bawah ) mulai  Rp. 150.000
  3. Bleaching Gigi ( Pemutihan Gigi Rahang Atas & Bawah ) mulai Rp. 2.500.000
  4. Lepas Behel Gigi     mulai Rp. 350.000
  5. Tambal Gigi        mulai Rp. 150.000

Klinikita Kertajaya Surabaya

Jl. Kertajaya No. 160, Surabaya. Telp. (031) 9944 5290

Whatsapp 08112726487 / 082245519596

WhatsApp Klinikita