Jintan hitam atau sering kita kenal sebagai habbatussauda merupakan rempah dengan banyak manfaat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jintan hitam ini biasa diperjualbelikan dengan nama habbatussauda, dimana berbentuk kapsul dan juga minyak. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam. Sampai-sampai jintan hitam atau habbatussauda ini masuk dalam hadist riwayat muslim dan dikenal sebagai obat dari segala jenis penyakit. Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut” . Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119);Muslim(7:25);Ibnu Majah (2:342);Tirmidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241) meneruskan riwayat Sufyan bin ‘Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah. Beberapa buku menyebutkan bahwa jintan hitam ini termasuk kedalam salah satu jenis obat yang disebutkan dalam Al-Quran selain madu dan air zam-zam.

Melihat banyak sumber mengatakan tentang kehebatan dan khasiat dalam jintan hitam ini, membuat kita bertanya-tanya, apasajakah manfaat dari jintan hitam ini? Berikut beberapa manfaat jintan hitam bagi kesehatan bila dikutip dari berbagai sumber :

  1. Mengobati Asma

Para peneliti dari Universitas King Saud, Riyadh, telah melakukan penelitian tentang pengaruh thymoquinone (yang merupakan zat aktif utama pada minyak habbatus sauda’) terhadap trachea guinea pig (babi hutan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thymoquinone berkhasit melonggarkan otot trachea, artinya ia melonggarkan trachea dan bronkus. Ini akan membantu pengobatan asma bronkial.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahun 1993 Nirmal Chakravaty MD, dalam penelitiannya membuktikan kristal nigellone memberikan efek supressive, kristal inilah yang menghambat sebuah zat yang memmicu pelepasan histamin. Histamin ini yang dilepaskan tubuh yang berakibat pada reaksi alergi, contohnya asma. Senyawa minyak pada jintan vitam bersifat volatil (mudah menguap). Pemberian minyak ini sangat baik untuk penderita asma.

  1. Anti Bakteri pada Sistem Pencernaan

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Menghambat Perkembangan Jamur, dalam penelitian yang dipublikasikan majalah Phytother bulan Pebruari 2003, peneliti dari Universitas Aga Khan Pakistan sengaja menjangkiti tikus-tikus percobaan dengan jamur candida albicans dan kemudian diobati dengan ekstrak habbatus sauda’. Para peneliti menemukan bahwa perkembangan jamur tersebut sangat terhambat.

Jinten hitam memiliki sifat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit, dan perut kembung bisa diatasi dengan jinten hitam. Selain itu, jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus. Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Para peneliti mendapati bahwa pemberian minyak habbatus sauda’ pada tikus-tikus yang terkena diabetes menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah tikus-tikus tersebut, serta peningkatan kadar insulin dalam darah. Selain itu, juga menyebabkan pertambahan dan peningkatan aktivitas sel-sel beta pada pankreas yang bertanggungjawab mensekresikan insulin. Satu hal yang mengindikasikan bahwa habbatus sauda’ bisa membantu mengobati penyakit diabetes.

Dua gram jintan hitam sehari dapat mengurangi glukosa yang dihasilkan tubuh, penurunan resistensi insulin, peningkatan fungsi sel-beta, dan mengurangi hemoglobin glikosilasi (HbA1c) pada subyek manusia.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

penelitian tentang pengaruh ekstrak habbatus sauda’ (0,6 ml/kg sehari) dalam meluruhkan pembuangan urin dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah turun 22% pada tikus-tikus yang diobati dengan ekstrak habbatus sauda’, sedangkan tikus-tikus yang diobati dengan adalat (obat penurun tekanan darah yang populer) mengakami penurunan hanya 18%. Pembuangan urin pada tikus-tikus yang diobati habbatus sauda’ juga meningkat. Konsumsi 100-200 mg ekstrak biji jintan hitam selama dua kali sehari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada pasien yang mengidap hipertensi ringan.

  1. Melawan Kanker

Riset telah menemukan bahwa ekstrak jintan hitam jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi chemoagent 5-fluoruracil dalam menekan pertumbuhan kanker usus. Riset dengan subjek hewan, telah menemukan bahwa minyak jintan hitam memiliki efek penghambatan yang sangat signifikan untuk menghambat kanker usus besar. Riset lanjutan telah dilakukan bahwa minyak ini dapat melawan kanker usus besar subjek tikus, tanpa efek samping. Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .

  1. Obat Herbal untuk Penyakit Epilepsi

Biji jintan hitam secara tradisional dikenal memiliki sifat anticonvulsive. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 dengan subjek anak-anak yang mengalami epilepsi, yang kondisinya refrakter terhadap terapi obat konvensional, menghasilkan penemuan yang sangat mengejutkan yakni ekstrak air jintan hitam ternyata dapat mengurangi aktivitas kejang.

  1. Sebagai Sumber Nutrisi

Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar. Asam amino yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Jintan hitam yang mengandung 9 jenis asam amino essensial, tentunya sangat baik untuk dijadikan suplemen.

  1. Menyembuhkan Penyakit Sendi atau Reumatik

Satu hal yang sudah lumrah diketahui oleh para dokter adalah ada zat yang dihasilkan oleh sel-sel makrofag, yang disebut nitric oxide. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak habbatus sauda’ menekan produksi nitric oxide, dimana hal itu bisa menafsirkan pengaruh habbatus sauda’ dalam meringankan infeksi sendi.

Dari Universitas Faishol Damam, Dr.Ghamidi mengemukan kajian yang dipublikasikan di jurnal J.Ethno Pharmacol, 2001, bahwa habbatus sauda’ berkhasiat sebagai obat analgesik dan anti-artritis.

  1. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur dan Stres

Kandungan saponin yang ada di dalam habbatussauda ini mempunyai kegunaan misalnya itu seperti kandungan kortikosterid yang bisa mempengaruhi kadar metabolisme  karbohidrat, lemak dan protein yang bisa mempengaruhi kadar fungsi pada jantung, otot tubuh,  ginjal dan juga saraf. Kandugan saponin ini memiliki manfaat untuk bisa mempertahankan diri untuk perubahan lingkungan, menghilangkan stres dan mengatasi gangguan tidur. Dan masih banyak lagi manfaat dari jintan hitam lainnya bagi kesehatan.

Mengenai statement bahwa jintan hitam atau habbatussauda merupakan obat dari segala jenis penyakit juga masih menimbulkan banyak pro dan kontra. Untuk itu kita sebagai orang yang bijak harus lebih pandai menyikapinya. Lebih baik jika ingin mengkonsumsi habbatussauda dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait keluhan yang dirasakan dan diperbolehkan atau tidak untuk  mengkonsumsi habbatussauda. Mengingat ekstrak jintan hitam ini banyak sekali dijual bebas di pasaran. Jangan sampai kita salah dalam mengambil keputusan dan menimbulkan penyesalan pada akhirnya. Sekali lagi, jadilah konsumen yang bijak, tidak mudah percaya hanya dari membaca artikel di internet saja. Semoga artikel tentang sejuta khasiat jintan hitam ini dapat memberikan manfaat dan menjawab beberapa pertanyaan yang selama ini muncul terkait penggunaan jintan hitam.

-Klinikita Berbagi Senang dan Sehat Di Tahun 2017-