Semangka (Citrullus lanatus ) merupakan buah-buahan asal Afrika yang mudah dibudidayakan dan dijumpai di Indonesia. Buah ini masih satu kerabat dengan melon, mentimun, dan labu-labuan. Sama seperti kerabatnya, semangka kaya akan kandungan air sehingga cocok dikonsumsi di daerah tropis yang suhu udaranya cenderung panas.

Buah Semangka dapat langsung dimakan segar atau dibuat jus. Selain itu bijinya dapat dijadikan kuaci yang dikeringkan dan disangrai dan dimakan isinya (kotiledon). Kulitnya pun sebenarnya dapat dikonsumsi menjadi acar maupun kripik. Tak hanya menjanjikan kesegaran dan rasa yang nikmat, semangka juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah tinggi dibandingkan buah lain. Tak heran, semangka termasuk salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter. Bentuk daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka merupakan tumbuhan andromonoeciousmonoklin, yaitu tumbuhan yang memiliki dua jenis bunga :

  1. Bunga Jantan

Hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).

  1. Bunga Banci

Dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya,daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Plantae

Divisi       : Magnoliophyta

Kelas       : Magnoliopsida

Ordo       : Cucurbitales

Famili    : Cucurbitaceae

Genus    : Citrullus

Spesies  : C. lanatus

Manfaat buah semangka sangat baik bagi tubuh yang berperan untuk membantu kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh. Buah semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain enak dinikmati, semangka menyimpan kandungan yang memiliki manfaat beragam, diantaranya :

  1. Semangka anti penuaan dini

Nutrisi pada semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, menagkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. Konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indah anda.

  1. Menjaga kelembapan kulit

Jika jenis kulit anda kulit kering, semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi semangka juga menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan seperti ini banyak pada tanaman yang mengandung banyak air seperti manfaat ketimun.

  1. Mengurangi sebum(minyak) pada wajah

Pori-pori kulit yang besar dapat memicu kelenjar minyak bersekresi berlebih. Buah semangka dengan kandungan Vitamin A nya, dapa meminimalkan permasalahan minyak di wajah.

  1. Meremajakan kulit

Masker semangka dapat meremajakan kulit yang kusam. Sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati. Bagi kesehatan, mengkonsumsi buah semangka juga memberikan kontribusi bagi pemeliharaan kesehatan.

  1. Memelihara kesehatan ginjal

Kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka ini, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

  1. Pencegahan sariawan

Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji.

  1. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan daran darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

  1. Anti inflamasi dan Antioksidan

Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid  dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Triterpenoid juga hadir dalam semangka, yang memberikan dukungan anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi. Pastikan untuk memilih semangka matang, karena mengandung jumlah senyawa fenolik yang lebih tinggi.

  1. Otot nyeri

Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin lakukan untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

  1. Obat kuat yang alami

Konsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Penelitian ini dituturkan oleh  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Tentu saja semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat  kuat.

Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga artikel mengenai manfaat buah semangka ini dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru untuk Anda, harapan kami konsumsilah selalu buah baik itu semangka ataupun buah lain yang baik bagi kesehatan, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita