Tanaman serai sudah tidak asing lagi di telinga kita, tanaman ini merupakan primadona dapur bagi ibu – ibu rumah tangga. Serai atau biasa disebut juga dengan Sereh sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting yang dipergunakan dalam masak – memasak didapur.  Serai ini biasanya digunakan  untuk memberi aroma pada makanan sehingga bisa menambah cita rasa dari aromanya. Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, pedas dan menyengat, serai  memiliki sifat khas yang  menghangatkan. Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama sereh ini banyak digunakan dalam masakan Indonesia , Melayu dan Thailand. Selain daunnya, sereh juga dapat diambil minyaknya yang dapat digunakan sebagai pewangi sabun mandi atau parfum. Namun ternyata di balik itu, serai juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah serai bisa dijadikan sebagai obat herbal. Jika dicampur dengan bahan-bahan lain seperti minyak kelapa dan minyak tanah, minyak sereh dapat dijadikan obat gosok untuk melawan nyamuk atau gigitan lintah. Selain itu serai juga dapat berguna sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit seperti batuk, sakit kepala, diare, nyeri lambung, nyeri, ngilu, pegal-pegal, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan usus dan kanker.

Klasifikasi ilmiah dari serai :

Kerajaan               : Plantae

Ordo                     : Poales

Famili                   : Poaceae

Genus                   : Cymbopogon

Spesies                 : C. citratus

Nama binomial     : Cymbopogon citratus

Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat aneka manfaat dan khasiat batang Serai untuk kesehatan. Beberapa manfaat dan khasiat batang serai yang mungkin belum Anda ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

  1. Mengatasi Diabetes

Meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh dari batang ini dapat menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengobati Anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin.

Batang serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang ini secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

  1. Mengatasi Bakteri dan Jamur

Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri. Hampir semua jeis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

  1. Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung

Teh yang terbuat dari campuran batang sereh dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, meminum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya. Selain batangnya dapat diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri  yang juga dapat menghangatkan tubuh.

  1. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Batang tanaman ini juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan membantu organ hati dan ginjal kembali bersih. Efek yang ditimbulkan jika Anda menggunakan batang tanaman ini sebagai media detoksifikasi adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan batang serai bersifat diuritik. Adapun air seni yang keluar merupakan air seni yang bercampur luruhan racun dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Batang serai dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman serai akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga. sifat anti-aterosklerosis  pada batang tanaman serai juga kan menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir.

  1. Menguatkan Sistem Saraf

Batang serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh akan lebih mudah melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta mengolah informasi.

  1. Mengobati Penyakit Kulit

Sifat anti jamur dan antiseptik pada batang serai mampu mengobati penyakit kulit secara tuntas. Caranya, ambil batang serai lalu gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi jamur. Mungkin akan sedikit terasa perih, namun cara ini akan membersihkan penyakit kulit secara total tanpa meninggalkan noda.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Saat diolah menjadi teh, batang serai akan menghasilkan potasium dalam jumlah besar. Potasium ini nantinya akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, yaitu proses penurunan tekanan darah dengan cara mengeluarkan natrium melalui urine.

Sudah terlalu banyak alam memberi kemudahan bagi kita, sudah sepantasnya kita sadar untuk menjaga selalau alam kita. Demikian manfaat dari serai yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberikan pengetahuan baru dan dapat bermanfaat tentunya, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita