Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa.

Honje berwarna kemerahan seperti jenis tanaman hias pisang-pisangan atau mirip sekali dengan tanaman lengkuas / laos. Jika batang sudah tua, bentuk tanamannya mirip jahe, dengan tinggi mencapai 5 m.

Bunganya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, kecombrang yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga kecombrang yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap. Di Tanah Karo, buah honje muda disebut asam cekala. Kuncup bunga serta ‘polongnya’ menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan.  Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan asam cekala ini sebagai bumbu yang sangat penting.

Manfaat kecombrang selain yang sudah di sebutkan di atas juga bermanfaat juga untuk kesehatan. Sebab, tanaman bunga ini memiliki kandungan nutrisi yang kompleks. Seberapakah besar dan banyak manfaat dari tanaman ini, mari simak penjelasannya di bawah ini, mengenai manfaat kecombrang utuk tubuh kita :

  1. Meningkatkan energi

Tubuh anda tidak bersemangat dan lelah? Cobalah makan sayur kecombrang setiap pagi. Sayur ini dapat memberikan energi bagi tubuh anda.

  1. Mengobati penyakit campak

Salah satu cara mengobati campak secara tradisional adalah menggunakan bunga kecombrang atau honje.

  1. Menghilangkan bau badan

Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan adanya minyak atsiri di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami.

  1. Mengobati anemia

Penyakit kurang darah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga ini dengan teratur. Hal ini disebabkan zat besi yang berlimpah dalam tanaman ini.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Nutrisi dalam daunnya ternyata sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

  1. Menguatkan tulang

Sayur kecomrang baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan, karena kalsium dan mineral lain di dalam daunnya dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan makan sayur ini secara rutin, dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis)

  1. Mengatasi luka baru

Batang tanaman kecombrang memiliki sifat antimikroba, yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit.

  1. Menguatkan memori

Dengan sering menambahkan daun kecombrang ke dalam masakan anda, berguna untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat.

  1. Menguatkan gigi

Kalsium dalam kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

  1. Mencegah dehidrasi

Kekurang cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayur honje. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya.

Demikian 10 khasiat kecombrang bagi kesehatan tubuh yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini. Mungkin banyak yang tidak menduga sebelumnya kalau ternyata kecombrang memiliki manfaat yang luar biasa. Kalau memang bisa bermanfaat ada baiknya manfaatkanlah dengan baik kecombrang yang tergolong mudah juga di dapatkan. Semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan baru mengenai manfaat kecombrang dan semoga bermanfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-