Kencur adalah salah satu jenis dari tanaman obat tradisional yang ditanam dan berada di daerah dataran rendah. Kencur adalah salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bahan makanan dan obat tradisional yang sudah dikenal hingga zaman dahulu. Umumnya, manfaat kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Akan tetapi, selain bisa berkhasiat untuk sakit tenggorokan, kencur berfungsi sebagai obat sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan, disentri, infeksi bakteri, sakit perut, ekspektoran, dll. Selain diatas, masih banyak lagi manfaat dari tanaman kencur ini.

Kandungan Nutrisi Tanaman Kencur

Kencur adalah tanaman yang daging buahnya lunak, tidak berserat, memiliki kulit coklat dan dalamnya putih, serta rimpangnya mempunyai aroma khas yang ditanam di kebun atau pot yang cukup akan mendapat matahari. Kencur juga merupakan tanaman jenis obat-obatan, karena tanaman ini masuk dalam kategori temu-temuan atau zingiberaceae. Nah, sebelum mengetahui akan manfaat kencur untuk kesehatan, berikut akan diberikan kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman kencur. Kandungan nutrisinya yaitu:

  1. Mengandung zat besi
  2. Mengandung mineral
  3. Asam metal kanil
  4. Kamphane
  5. Borneol
  6. Ethyl aster
  7. Asam cinnamic
  8. Alkolid
  9. Paraeumarin
  10. Gom dan sebagainya

Selain kandungan di atas, masih banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada kencur yaitu asam anisat, pentadekaan, sineol, minyak atsiri dan alkaloid yang memiliki manfaat sebagai stimulan. Kencur mengandung minyak karena tanaman ini masuk dalam rimpang (rhizome) yang memiliki khasiat untuk radang lambung, obat batuk, influenza pada bayi, radang telinga anak, sakit kepala, masuk angin, diare, darah kotor, mata pegal, haid, keseleo, dan juga bermanfaat sebagai alat KB yang tradisional. Agar lebih jelasnya, inilah manfaat kencur yang bagus untuk kesehatan anda.

  1. Mengobati Maag

Khasiat kencur yang pertama untuk mengobati maag. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Maag bisa menyerang dengan sangat cepat dan tidak mengenal waktu. Pastinya untuk mengonsumsi obat dengan bahan kimia di dalamnya yang dikonsumsi terus menerus memang tidak baik. Dengan pengolahan dan pemilihan bahan yang tepat, Anda dapat memiliki kondisi lambung yang sehat dan terhindar dari maag.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Fit

Di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin berat, Anda harus memiliki kondisi tubuh yang fit dan sehat. Mengonsumsi kencur bisa dijadikan alternative alami untuk meningkatkan stamina tubuh. Minum secara teratur sebelum tidur agar setelah bangun Anda mendapatkan tubuh yang bugar dari sebelumnya.

  1. Mengobati Diare

Diare memang sangat mengganggu karena akan membuat kita bolak balik ke kamar kecil. Apalagi jika Anda seseorang yang sibuk pasti akan sangat menyiksa dan merepotkan. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan ramuan atau jamu dari kencur.

  1. Melegakan Tenggorokan

Biasanya aktfitas yang sangat padat bisa mengakibatkan radang tenggorokan dan menimbulkan rasa sakit. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan dari kencur.

  1. Mengobati Nyeri

Minyak atsiri yang terkandung di dalam kencur bisa Anda gunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri. Selain itu pegal pegal yang dirasakan juga akan berkurang jika Anda mengonsumsinnya secara teratur.

  1. Meredakan Masuk Angin

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat Anda mudah terserang berbagai penyakit. Apalagi jika cuaca dingin yang bisa membuat Anda masuk angin. Dengan mengonsumsi kencur bisa mengurangi rasa masuk angina yang Anda alami.

  1. Mengurangi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa diatasi dengan mengonsumsi kencur secara teratur. Karena kandungan yang ada didalamnya akan menghilangkan rasa nyeri di kepala.

  1. Sebagai Bumbu Masakan

Kencur selain digunakan sebagai obat juga bisa di manfaatkan untuk menambah rasa pada masakan. Selain dibuat jamu, Anda bisa mencampurkan dalam bumbu masakan untuk memperoleh khasiat dari tanaman ini.

  1. Menjadi Sumber Serat

Serat yang terkandung di dalam kencur sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Konsumsi tanaman umbi ini agar pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit dan penyakit ambeien.

  1. Sebagai Antioksidan

Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. karena jika dibiarkan, radikal bebas bisa menyebabkan munculnya kanker dan tumor serta berbagai penyakit berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan pada kencur bisa membantu meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

Melihat banyaknya manfaat yang terkandung dalam kencur, ada baiknya kita tidak memandang sebelah mata akan khasiat tanaman obat atau bahkan rempah dapur. Selain mudah didapatkan, pengobatan menggunakan cara herbal ini dipercaya lebih ekonomis dan lebih aman. Untuk itu, mari kita manfaatkan ladang kosong di sekitar kita untuk membudidayakan tanaman sejenis kencur. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang dan Sehat di Tahun 2017-