Leci merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah kiwi. Buah ini memiliki 2 varian, yaitu merah dan hijau. Buah leci berbentuk seperti jantung, bentuknya bulat atau oval, dan memiliki kulit yang berwarna merah kasar. Ukuran buahnya pun mulai dari kecil ke besar sehingga hampir tidak ada daging dalam buah tersebut, faktor hidupnya buah leci ini sangat ditentukan oleh iklim. Ketika Anda mengupas kulit, daging berwarna putih atau warna merah muda, serta terasa lembab seperti bagian dalam buah anggur. Leci memiliki rasa yang agak aneh, tetapi di saat dikonsumsi akan terasa manis dan segar dan agak terasa sedikit asam.

Buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan ini mengandung nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh. Nutrisi yang mendominasi dalam 100 gram buah leci antara lain, yaitu: Potasium, Karbohidrat, & Vitamin C. Ada banyak manfaat buah leci yang bisa Anda dapatkan, jika Anda rutin mengonsumsi buah leci dengan porsi secukupnya. Manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi buah leci antara lain sebagai berikut.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Mencerahkan Kulit

Anda bermsalah dengan kulit yang kurang cerah?, inilah salah satu manfaat dari buah leci yang mampu membantu mencerahkan kulit, selain itu juga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit nampak lebih muda.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah leci yang begitu baik adalah dapat mencegah kanker. Kandungan flavanoid pada leci sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu dalam mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Leci juga sangat menyehatkan untuk jantung kita, hal ini dikarenakan bau ini kaya dengan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Memperbaiki Pencernaan

Buah leci juga dapat menyehatkan sistem pencernaan kita. Leci memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pencernaan Anda dari racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Memberikan Nutrisi Kulit

Buah ini menjadi salah satu sumber nutrisi untuk kulit kita, sebagaimana kita ketahui, kulit juga membutuhkan nutrisi untuk melakukan metabolisme, memperbaiki jaringan yang rusak, menangkal radikal bebas dan lain sebagainya. Kandungan thiamin, niacin, dan tembaga sangat bermanfaat untuk kulit. Thiamin membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin meningkatkan hidrasi pada kulit sementara tembaga, dalam jumlah kecil, membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan magnesium yang tinggi pada leci dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu kanudngan mineral seperti tembaga dan mangan bermanfaat untuk memperkuat tulang rapuh. Mineral seng, tembaga akan meningkatkan efektivitas vitamin D dan mempengaruhi asimilasi kalsium yang memelihara kesehatan tulang.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imun)

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, buah leci mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, Dengan rutin mengkonsumsi buah leci maka tubuh kita memiliki kemampuan untuk melawan atau resistensi terhadap agen infeksi dan mengurangi inflamasi radikal bebas yang berbahaya. Hal yang menguntungkan bagi yang menderita demam dan sakit tenggorokan. Leci membantu juga masalah pencernaan untuk mendapatkan nutrisi maksimal bagi tubuh. Vitamin C yang baik untuk kulit kita, tulang dan jaringan dan karena itu adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Menangkal Radikal Bebas

Leci juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol pada buah ini, oligonol mengandung antioksidan yang juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan dan melindungi kulit dari sinar UVA yang berbahaya. Oligonol menurunkan lemak dan meningkatkan sirkulasi darah sampingan, menurun pasca latihan kelelahan, meningkatkan stamina serta mengurangi garis-garis wajah dan bintik-bintik coklat.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B komplek pada buah leci sangat bermanfat untuk tubuh kita, salah satunya adalah membatu metabolisme tubuh. Vitamin B komplek berupa thiamin, riboflavin, niasin, dan folat akan membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Tinggi Beta karoten yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi hati dan organ lainnya.

  1. Manfaat Buah Leci untuk Mencegah Penuaan Dini

Kabar gembira untuk anda, buah ini ternyata juga dapat mencegah penuaan dini, seperti keriput, garis hitam atau flek pada wajah dan bagian kulit lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, leci merupakan sumber yang kaya vitamin C dan merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas. Hal ini juga berisi oligonol yang berjuang penuaan dan mengurangi bintik-bintik darks. Dengan demikian, konsumsi leci atau menggunakannya dalam kemasan wajah efektif dalam menghilang tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan bintik-bintik gelap.

11.Manfaat Buah Leci untuk Memelihara Rambut Sehat

Nah ini dia manfaat leci untuk kecantikan yang terakhir, yaitu untuk memelihara kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang berperan aktif dalam menjaga integritas mikro sirkulasi, sehingga menjamin pasokan darah yang memadai untuk folikel rambut.

Manfaat buah leci telah kita ketahui bersama-sama, ternyata dengan mengkonsumsi buah leci banyak manfaat yang di dapatkan terutama untuk tubuh. Demikian yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga setiap informasi yang kami bagi dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita